Wanita Inspiratif Ini Figur Nyata Kartini Indonesia

Wanita Inspiratif Ini Figur Nyata Kartini Indonesia

236
0
BERBAGI

Sobat Abisnis.com, menjadi wanita itu anugerah dan menjadi wanita inspiratif itu luar biasa . Di abad 21 sekarang, dunia sudah tidak terbatas untuk siapapun termasuk wanita. Sejatinya, tiap manusia baik laki-laki maupun perempuan diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa untuk saling mengisi dan melengkapi satu sama lain. Budaya Indonesia pun sejak dulu mengarahkan untuk wanita memperhatikan tiga urusan wajib yaitu, sumur, dapur, kasur. Bukan tanpa alasan, hal tersebut ditujukan agar perempuan daat bertanggung jawab sebagai bentuk bakti kepada keluarga.

Namun sebaik-baiknya manusia adalah yang dapat bermanfaat bagi orang banyak. Begitu pula wanita-wanita inspiratif berikut, bukan hanya urusan domestik tapi juga membantu hajat hidup orang banyak.

Sri Mulyani Indrawati sosok wanita isnpiratif

Sri Mulyani- Menteri Keuangan
Sri Mulyani- Menteri Keuangan

Pada tahun 1962, tepatnya tanggal 26 Agustus di Bandar Lampung lahirlah seorang perempuan yang kelak memengaruhi kehidupan rakyat Indonesia. Beliau adalah Sri Mulyani Indrawati. Sebagai seorang wanita, karirnya dalam bidang pemerintahan sudah tak terbantahkan lagi. Diamanahkan menjadi perempuan pertama dan orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia pada 1 Juni 2010 rela Ia lepas demi mengabdi pada negara.

Wanita cerdas yang kerap disapa Sri Mulyani ini menjabat kembali sebagai Menteri Keuanganmenggantikan Bambang Brojonegoro sejak 27 Juli 2016 setelah sebelumnya menjadi nahkoda keuangan negara pada periode pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono pada Kabinet Indonesia Bersatu. Sebelum itu pula, Ia sempat diemban tugas sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas.

Pada tahun 2006 mendapatkan penghargaan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia di sela Sidang Tahunan Bank Dunia dan IMF di Singapura. Majalah Forbes juga memilihnya menjadi wanita ke-23 berpengaruh di dunia pada tahun 2008 dan menjadi wanita ke-2 yang berpengaruh versi majalah Globe Asia pada Oktober 2007.

Anne Avantie: Pendesain pakaian wanita inspiratif

Anne Aviantie -Pendesain Pakaian

Siapa yang tak mengenal wanita ayu nan lembut ini? Sering disapa Mbak Anne, karyanya sudah malang melintang di Indonesia maupun dunia. Pengalamannya dalam bidang fashion telah berhasil mengharumkan nama bangsa dengan selalu menyertakan identitas budaya dalam setiap karyanya. Wanita kelahiran 1954 ini sangat terkenal dengan rancangan kebayanya yang bernuansa modern namun tetap etnik.

Selain cerdas dan berbakat dalam bidang busana, Anne juga tak meninggalkan kehidupan pribadinya sebagai seorang perempuan. Bukan hanya mengejar karir, Anne juga mendirikan rumah singgah bernama Wisma Kasih Bunda pada tahun 2002. Seiring berjalannya waktu, karyanya membuat Ia terbang lebih tinggi, Anne dianugrahi sebagai Wanita Indonesia Bisa oleh Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan Republik Indonesia pada 2008 yaitu Meutia Hatta.

Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti -Menteri Kelautan dan Perikanan

Terkenal dengan jargon “Tenggelamkan!”. Ketegasan dan kegigihan Susi Pudjiastuti layak diacungi seribu jempol. Berasal dari latar belakang pendidikan yang minim, keluarga yang sederhana, dan kehidupan percintaan yang tidak terlalu mujur tak membuat Susi patah arang. Lahir di Pangandaran, 15 Januari 1965 sangat akrab dengan laut. Beliau diangkat menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan pada pemerintahan Joko Widodo.

Kebijakannya yang sangat kontroversial dan sangat berani salah satunya adalah penenggelaman kapal asing yang masuk wilayah kelautan Indonesia tanpa izin. Jauh sebelum itu, wanita bertato dan kerap tampil nyentrik apa adanya ini sudah sukes dibidang aviasi dengan mendirikan penerbangan Susi Air sekaligus pengusaha PT. ASI Pudjiastuti Marine Product sebagai Presiden Direktur. Tanpa diduga, segala kebijakan kontroversi yang dikeluarkannya diterbitkan dalam jurnal Nature, bahwa menekan sekitar 25% upaya penangkapan ikan ilegal, meningkatkan jumlah tangkapan sebesar 14% dengan keuntungan yang bertambah sekitar 12%. Sungguh angka yang mencengangkan, mengingat luasnya perairan Indonesia.

Najwa Shihab 

Najwa Shihab

Perempuan yang merintis karir dibidang jurnalistik ini awalnya dipandang sebelah mata, disangka hanya berada dibayang-bayang nama besar sang ayah. Namun, waktu telah menjawab bahwa Nana, sebutan akrabnya, memang cerdas sejak dalam pikiran. Menjadi seorang jurnalis yang netral dan tajam bukanlah hal yang mudah.

Sudah banyak tokoh besar baik yang memiliki berita pro maupun kontra sudah ia wawancarai. Pertanyaan tajam dan berbobot adalah makanan sehari-harinya. Lahir di Makassar, 16 September 1977, Najwa Shibab sukses menarik perhatian masyarakat ketika pertama kali terjun langsung ke lokasi bencana Aceh.

Pembawaan Nana yang sangat emosional telah merebut hati rakyat. Karirnya melejit dan membawanya menjadi Most Progressive Figure oleh majalah Forbes pada 2015. Sebelumnya pada tahun 2011 juga mendapatkan penghargaan dari The World Economic Forum sebagai Young Global Leader, dan masih banyak lagi prestasi dan penghargaannya di bidang jurnalistik.

Butet Manurung juga sosok wanita inspiratif

Butet Manurung -Pegiat Budaya

Selanjutnya adalah sosok wanita yang lahir di Jakarta, 21 Februari 1972. Jika mendengar nama Saur Marlina Manurung atau Butet Manurug mungkin masih agak awam di telinga. Namun jika mendengar kata Sokola Rimba, pasti yang terkenang adalah aksi sosial luar biasa untuk masyarakat Orang Rimba atau Suku Kubu di Jambi, tepatnya di Taman Nasional Bukit Dua Belas.

Sistem yang diciptakan Butet Manurung dapat dikatakan berhasil karena menggunakan pendekatan yang sangat halus. Bersifat setengah antropologis, Sokola Rimba dilakukan sambil tinggal bersama masyarakat selama berbulan-bulan. Sistem ini juga diterapkan di daerah terpencil Indonesia yaitu Halmahera dan Flores.

 

Itulah wanita-wanita cerminan Kartini Indonesia. Tidak perlu iri, namun harus terinspirasi. Wanita haruslah cerdas, karena wanita yang cerdas akan melahirkan generasi yang cerdas pula. Kartini diciptakan untuk Indonesia dan karenanya setiap wanita adalah Kartini. Dan ingatlah, tiap dari kita akan menjadi Kartini selanjutnya..

Semoga artikel ini bermanfaat.