Beranda Gaya Hidup Ini Dia Tips Untuk Memulai Menulis Bagi Penulis Pemula

Ini Dia Tips Untuk Memulai Menulis Bagi Penulis Pemula

124
0
BERBAGI

tips menulis bagi penulis pemula

tips menulis bagi penulis pemulaHallo para generasi millenials dan Z! Apakah diantara kalian ada yang suka menulis? atau ingin jadi penulis? atau ada yang diam-diam merasa punya bakat menulis tapi bingung harus memulainya dari mana? Saya yakin pasti kalian berada di salah satu posisi tersebut ya. But, jangan khawatir, kali ini artikel ripytime akan membahas tentang memulai menulis dan mulai dari mana ya seorang penulis itu.

Baca juga: Tips agar presentasi berjalan maksimal

Sejatinya, kegiatan menulis adalah menuangkan ide atau gagasan melalui kata-kata yang dirangkai sedemkian rupa sehingga maknanya dapat dimengerti oleh orang lain yang membacanya. Terdapat beberapa tujuan menulis, tergantung dari penulisnya, seperti menceritakan sesuatu, memberikan petunjuk, ingin menunjukkan hasil terhadap suatu penelitian, merangkum, meyakinkan, dan juga untuk menghibur orang lain.

Kenapa ya banyak sekali tujuan menulis itu? Jawabannya adalah karena memang penulis memiliki genre yang berbeda-beda. Mulai dari penulis buku, novel, artikel dan blog, penulis puisi dan sajak, hingga penulis cerpen dan juga penulis thesis dan skripsi (eits ini sih wajib yang buat S1 S2 hehe). Pembagian ini bisa jadi tergantung dengan minat dan bakat masing-masing penulis. Jadi, kalau kamu penulis apa nih gais?

Banyak anak muda yang beranggagap bahwa menulis itu susah, butuh inspirasi tinggi, bingung ingin menulis apa, dan masih banyak lagi. Sebenanrnya anggapan seperti ini dapat dibantahkan apabila kita sudah bisa memulainya. Mulai aja dulu! Yap kata-kata ini sangat cocok untuk bagi penulis pemula yang masih memiliki anggapan seperti diatas. Simak yuk apa saja tips writing bagi penulis pemula.

1. Tips menulis pertama untuk penulis pemula : Sering-sering untuk baca karya penulis terkenal

tips menulis bagi penulis
tips menulis bagi penulis

Tips yang paling pertama gais mulai dari sekarang kamu rajin-rajin untuk membaca karya penulis ternama. Kalau kamu sudah mengetahui minta dan bakat kamu di bidang menulis, misalnya menulis puisi atau sajak, novel, artikel, buku, sekalipun cerpen agar kamu dapat melihat contoh karya dari penulis yang ternama di masing-masing genre tersebut.

Dengan kamu melihat dan membaca secara langsung karya penulis ternama, kamu akan memiliki “sense” tersendiri untuk melihat mana karya yang bagus dalam arti digemari oleh orang yang membacanya dan yang kurang pas. Semakin banyak atau sering kamu membaca karya dari orang lain kamu akan semakin mahir untuk menilai suatu karya. Sehingga, ketika kamu memulai menulis kamu akan tahu bagaimana untuk menciptakan tulisan yang baik dan diterima oleh orang yang membacanya.

Selain itu juga dengan membaca karya penulsi ternama dapat menambah pandangan dan inspirasi kamu dalam menulis. Hitung-hitung sekalian kamu belajar untuk menambah kosa kata kamu loh gais. Kosa kata ini serius deh sangat bermanfaat ketika kamu sedang buntung mencari kata-kata. Jadi membaca karya orang lain sangat bermanfaat gais.

2. Banyak-banyak untuk berlatih. Exercise is an important thing!

berlatih menulis
berlatih menulis

Setelah kamu memiliki inspirasi atau referensi dan kamu tahu apa yang kamu mau tulis, maka teruslah berlatih. Seperti pisau yang terus diasah maka lama kelamaan akan menjadi tajam, begitu pula ketika kamu sering melatih kemampuan menulis kamu hari demi hari.

Dengan banyaknya kamu berlatih menulis kamu akan mengetahui kesalahan-kesalahan kamu ketika menulis dan itu akan menjadi guru pembelajaran kamu kedepannya. Jangan pernah takut untuk berbuat salah karena kalau belum salah berarti kamu belum belajar dengan sungguh-sungguh. Teruslah berlatih yaa 🙂

3. Dapat Ide = Catat Selalu Idemu

ide menulis
ide menulis

Setiap kegiatan sehari-hari kamu, terkadang ada yang membuat inspirasi jadi bahan tulisan. Nah, apabila kamu nemuin kondisi semacam ini, langsung aja deh catat ide atau gagasan secara general kamu. Kamu bisa catat ide tersebut di note hape atau di buku tulis sekalipun. Kenapa hal ini dilakukan? Percaya deh, kalau misalnya kamu lupa atau males mencatatnya ide itu akan mudah terhempas dari pikiran kamu alias kamu akan lupa.

Tentunya kamu tidak ingin bukan kehilangan ide untuk menulis, sudah susah kamu mendapatkannya tetapi pas sudah mendapatkannya malah kamu lupa. Bentuk ide ini dapat berwujud apa saja yang terlintas di kepala kamu. Bisa berupa alur cerita dan karakter bila kamu seorang penulis cerpen atau novel. Bisa jadi berupa tema artikel yang dapat menjadi tema yang bagus dan hits, bila kau seorang penulis artikel.

4. Ciptakan ritual menulis ala kamu ya

ritual penulis
ritual penulis

Ketika kamu sudah memiliki ras cinta terhadap menulis, kamu akan terus ingin menulis di sepanjang waktu. Nah gais, kita juga harus menjaga mood kita terhadap menulis. Sisihkan waktumu untuk menulis. Kamu dapat melakukan menulis di pagi, siang, sore, atau tengah malam untuk menulis. Kamu juga bebas untuk menentukkan waktu menulis ala kamu, bisa setengah jam atau sampai 2 jam.

Akan tetapi saran saya, dari pengalaman saya, saya menggunakan waktu 2 jam pada waktu sehabis isya. Karena sesudah lewat 2 jam biasanya konsenterasi bisa berkurang dan itu tandanya pikiranmu butuh istirahat. Nah, kamu dapat refreshing waktu dan setelah kamu sudah siap lagi kamu dapat melanjutkan untuk menulis.

Upaya menciptakan ritual menulis ini kamu usahakan untuk melakukannya setiap hari dengan konsisten. Dengan begitu, kamu akan semakin terlatih untuk menulis dan dapat menjadi penulis yang hebat. Tetap semangat yaa!!

5. Tips menulis lainnya adalah “Sudah Tulis Saja”

sudah tulis saja
sudah tulis saja

Pernah ga ngerasain ketika kamu sudah ready ingin nulis, sudah siap di depan buku atau laptop tetapi tiba-tiba konsenterasi kamu ke distract sama sesuatu hal yang tidak penting, misalnya ngecek instagram, tiba-tiba ingin ngemil.

Sadar atau tidak hal-hal tersebut yang membuat konsentrasi kamu berkurang dan ide kamu jadi tidak muncul. Pada ujungnya kamu akan beranggapan kamu menulis itu susah. Hehe pada kalau kamu sudah di siap di depan buku atau laptop, tulis aja apa yang ada dipikiran kamu. Entah itu ide yang bagus atau kurang, tidak masalah, yang kamu harus lakukan adalah ‘sudah tulis saja dulu, mulai aja dulu’.

Biarkan nanti dengan sendirinya ide-ide lain akan bermunculan ketika kamu sudah memulai awalannya. Kamu tidak perlu takut salah karena nanti bisa kamu revisi bila alurnya kurang pas menurut kamu. Intinya adalah memulai dan tetap konsisten sama apa yang kamu mulai.

Nah gais, gimana nih sama ulasan artikel ripytime kali ini? SEmoga dapat bermanfaat ya buat kamu sang penulis hehe. Eits jangan khawatir tips menulis bagi penulis pemula akan dilanjutkan di part 2 karena masih ada lagi yang saya ingin share hehe. Jangan pernah takut untuk mencoba, dan lama-lama kamu akan belajar untuk mencintai menulis kok. Tetap semangat dan jangan pantang menyerah yaa untuk menulis,

Komentar dengan facebook