Beranda Gaya Hidup Tips Ampuh untuk Lolos Management Trainee Part 2

Tips Ampuh untuk Lolos Management Trainee Part 2

100
0
BERBAGI

Baca artikel sebelumnya: Tips Ampuh Untuk Lolos Management Trainee

Management trainee
tips lolos management trainee

Kali ini kita masih membahas tentang management trainee. Buat kamu yang belum tahu MT itu apa, saya akan membahas kembali gambaran tentang MT dan tips ampuh untuk lolos management trainee #part2, buat kalian yang belum baca tips ampuh lolos MT part1, silahkan baca disini ya: Tips Ampuh untuk Lolos Management Trainee. Karena artikel yang akan dibahas kali ini merupakan sambungan dari artikel sebelumnya.

Seperti yang kita tahu, management trainee adalah suatu program khusus untuk dapat mencapai posisi ‘strategis’ pada suatu perusahaan yang biasanya diperuntukkan oleh fresh graduate. Rata-rata perusahaan yang berkembang akan membuka lowongan pekerjaan ini. Mahasiswa yang baru lulus pun berlomba-lomba untuk mendapatkan pekerjaan dengan posisi tersebut.

Alasan perusahaan membuka MT ini adalah tentu saja mereka sedang mencari kandidat terbaik untuk menduduki posisi strategis di perusahaan. Selain itu juga perusahaan dapat membentuk karakter SDM yang fresh graduate lebih mudah sesuai dengan budaya kerja perusahaan.

Adapun alasan mengapa management trainee menjadi primadona bagi kalangan fresh graduate adalah menjadi management trainee berarti kamu memiliki jalur karir yang lebih pasti. Tentunya karena kamu dirancang untuk menjadi seorang pemimpin di perusahaan tersebut. Kedua, kamu belajar sambil digaji dan kamu belajar yang sesuai dengan minta dan bakat masing-masing. Selain itu, kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan pelatihan pengembangan skill leadership dan juga team work.

Apakah diantara kalian sedang ada yang mencoba melamar pekerjaan posisi MTKalau iya, pelajari tips ampuh untuk lolos MT dari sudut pandang persiapan interview ini agar kamu dapat mempersiapkan dirimu.

1. Mengetahui Diri Kamu Sendiri Seutuhnya

Terlihat sedikit drama ya hehe, tapi memang benar kalau kamu harus mengetahui diri kamu. Pertanyaan yang general biasanya ditanyakan oleh interviewer adalah ceritakan tentang dirimu, kelebihan dan kekurangan dirimu, dan bagaimana mengatasi kekurangan diri kamu.

Selain itu, pertanyaan yang tidak kalah penting juga adalah pencapaian terbesar di dalam hidup kamu. Kamu dapat menceritakannya dari segi apapun, baik itu pengalaman kerja, pengalaman pertukaran pelajar, atau juga pengalaman organisasi kamu. Alangkah baiknya kamu mempersiapkan jawabannya tersebut agar kamu tidak perlu 2 menit untuk berfikir saat interview. Apabila kamu tidak mengenali dirimu dan tidak mempersiapkan jawabannya, pertanyaan yang kelihatannya mudah dapat menjebak kamu bukan?

2. Pada saat Interview, Kamu Harus Mengetahui Perusahaan Secara General dan Mendalam

Tahap pertama yang harus dilakukan apabila kamu sudah lolos ke tahap interview adalah mengenali perusahaan secara general dan mendetail. Tidak sedikit dari pelamar pekerjaan ini kurang mempersiapkan diri terhadap informasi mengenai perusahaan. Terlebih karena kamu melamar menjadi MT, maka kamu setidaknya harus 2 kali lebih paham dari calon kandidat staf biasa.

Apa saja sih yang harus dipelajari? Hal yang general seperti sejarah perusahaan, visi dan misi perusahaan, struktur organisasi, DNA atau budaya kerja pekerjaan, dan lain-lain. Selain itu seperti kegiatan perusahaan atau lini bisnis perusahaan. Hal yang mendalam seperti bagaimana perkembangan perusahaan yang kamu lamar, apa saja yang sedang menjadi fokus perusahaan untuk menjadi ‘highlight’ kamu dalam mengembangkan jawabanmu nanti pada saat interview.

Mungkin diantara kalian masih bingung mencari dimana informasi tersebut. Kamu dapat mencari informasi-informasi ini di website masing-masing perusahaan. Kamu juga dapat mencari informasi tersebut di laporan tahunan perusahaan (untuk perusahaan yang Tbk atau sudah IPO) biasanya di kolo investor. Di laporan tersebut banyak sekali informasi yang berkaitan dengan perusahaan dan kamu dapat mengembangkan jawabanmu.

Bila kamu memiliki wawasan yang baik dan cukup, perusahaan akan menilai kamu bahwa kamu sungguh-sungguh ingin bekerja di perusahaan mereka. Lalu kamu akan dinilai sebagai orang yang berkeinginan untuk mempelajari sesuatu hal baru.

3. Tips ampuh untuk lolos management trainee yang lain ialah mengetahui wawasan seputar industri perusahaan yang kamu lamar

Jika point sebelumnya berbicara tentang mengetahui perusahaan secara general dan mendalam, point ini lebih ke wawasan tentang industri perusahaan yang kamu lamar. Industri perusahaan di Indonesia ada banyak sekali bukan? Misalnya, industri ritel, riset dan pemasaran, manufaktur, legal, Food and Beverage, Customer goods, teknologi, jaringan, E-commerce, oil and gas, pertambangan, pharmasi, tekstil, dan juga agribisnis.

Kamu dapat mempelajari lebih mendalam tentang industri perusahaan kamu. Misalnya kamu mempelajari bagaimana perkembangan industri perusahaan yang kamu lamar di Indonesia dan dimana posisi perusahaan kamu berada. Lalu, bagaimana persaingan industri yang sama terhadap perusahaan yang lain (kompetitor).

Hal ini akan menjadi dasar untuk kamu menjawab pertanyaan dari interviewer tentang kasus-kasus dimana kamu akan memberikan jawaban berupa ‘problem solving’ kepada mereka. Tentunya kamu tidak akan menjawab dengan baik bukan bila kamu tidak memiliki ‘basic’ nya.

4. Pada saat Interview, kamu harus menjawab pertanyaan dengan percaya diri

Kunci berikutnya adalah pada saat proses interview, apapun pertanyaan yang akan dilontarkan kepada kamu, kamu harus menjawab dengan percaya diri. Dimulai dari kamu memasuki ruangan, berjabat tangan, memberikan senyuman, cara duduk, sampai menjawab pertanyaan kamu harus menjawabnya dengan percaya diri.

Mengapa hal ini penting? Karena dengan kamu percaya diri kamu memberikan pertanyaan dan kesan meyakinkan kepada interviewer. Sehingga, interviewer pun akhirnya dapat menerima jawaban dari kamu. Pertanyaan yang dijawab percaya diri pun harus didukung dengan jawaban yang bagus, logis, dan terstuktur.

Jika kamu sudah melakukan hal ini dengan baik, upaya yang dapat kamu lakukan adalah berdoa. Semoga memang kamu berjodoh untuk menjadi management trainee di perusahaan yang kamu impikan. Tips ini adalah sebagian kecil yang dapat membantu kamu untuk lolos menjadi management trainee. Tips selanjutnya adalah dari pengalaman kamu, semakin banyak kamu melamar kerja dengan posisi ini kamu akan menjadi semakin banyak gambaran dan akan menjadi pengalaman yang berharga.

Apabila kamu masih bingung dengan gambaran management trainee di masing-masing industri perusahaan, artikel ripytime selanjutnya akan memberikan gambaran tentang hal tersebut ya. Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat, dan jangan pernah putus asa ya 🙂

Komentar dengan facebook