Beranda Gaya Hidup Tips Ampuh Untuk Lolos Management Trainee

Tips Ampuh Untuk Lolos Management Trainee

61
0
BERBAGI

Tips Ampuh Untuk Lolos Management Trainee

management trainee
tips lolos management trainee

Siapa diantara kamu seorang fresh graduate yang sedang melamar kerja posisi management trainee? Saya kira pasti tidak sedikit karena memang management trainee ini menjadi favorit tepatnya di kalangan fresh graduate.

Managemet trainee adalah sebuah program dari perusahaan yang dikhususkan untuk SDM terpilih dirancang untuk menjadi pemimpin di perusahaan tersebut di masa yang akan mendatang. Management trainee ini biasanya diperuntukkan oleh fresh graduate. Sampai dengan sekarang pun posisi management trainee masih menjadi favorit bagi mahasiswa baru lulus atau fresh graduate. Menurut mereka, ada rasa kebanggan tersendiri bila lolos kerja dengan posisi management trainee.

Adapun alasan mengapa perusahaan membuka posisi management trainee yang favorit ini adalah perusahaan sedang mencari kandidat terbaik yang dipilihnya untuk menjadi pemimpin perusahaan tersebut kelak. Selain itu, perusahaan juga berekspektasi kepada kandidat management trainee ini untuk memberikan perbaikan dan inovasi terhadap tiap departemen atau bisnis proses perusahaan tersebut yang ia dapatkan (On the job trainee).

Sedangkan adapun alasan management trainee menjadi posisi favorit di kalangan fresh graduate adalah karena seorang trainee akan belajar sambil digaji, memiliki jalur karir yang lebih pasti, mendapatkan pengalaman belajar hampir di semua lini departemen, dan memiliki pengalaman pengembangan skill leadership dan team work.

Nah untuk kamu yang sedang atau akan berusaha melamar posisi management trainee di suatu perusahaan, berikut ini adalah tips ampuh untuk lolos di posisi management trainee, semoga tips ini dapat membantu yaa

1. Tips untuk Lolos Management Trainee Memiliki kualifikasi yang memenuhi syarat

Tips ampuh untuk lolos management trainee yang pertama adalah dari sudut kualifikasi yang biasanya dibutuhkan oleh perusahaan. Secara general perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan dengan posisi management trainee memiliki syarat kualifikasi yang sama. Pastikan kamu memiliki hal-hal berikut ini yaaa.

a. Pastikan kamu freshgraduate atau maksimal memiliki pengalaman kerja selama 2 tahun. Untuk kamu yang bukan fresh graduate, jangan khawatir karena management trainee tidak selalu diperuntukkan untuk fresh graduate. Batas maksimalnya adalah ketika kamu sudah berpengalaman kerja 2 tahun. Terlebih bila pengalaman kerja kamu sangat relevan dengan industri perusahaan yang kamu lamar sekarang.

b. Berusia 20-25 tahun dengan batas usia biasanya maksimal 25-26 tahun

c. Tips ampuh untuk lolos management trainee lainnya adalah lulusan dari universitas terkemuka dengan IPK minimal 3.00. (biasanya perusahaan menulis seperti ini ya tapi jangan berkecil hati terus berusaha ya)

d. Berasal dari program studi mana saja dengan catatan kalau loker perusahaan tersebut adalah management trainee general. Sedangkan untuk menagement trainee spesifik departemen akan disesuaikan dengan departemen, misalnya MT HR berasal dai program studi hukum dan psikologi atau dari program studi yang masih relevan dengan departemen tersebut.

e. Memiliki skill bahasa inggris yang baik secara verbal dan tulisan

f. Memiliki pengalaman berorganisasi atau kepanitiaan

g. Dapat berkerja dibawah tekanan, dapat bekerja sama dengan tim, dan memiliki skill leadership yang kuat. Hal ini menjadi kualifikasi karena nantinya seorang MT akan dihadapkan oleh case-case yang harus dilakukan problem solving yang cepat dan tepat.

h. Tips ampuh untuk lolos management trainee lainnya adalah memiliki motivasi yang tinggi, kemauan belajar yang tinggi, dan memiliki skill interpersonal dan komunikasi yang baik. Hal ini dilakukan oleh perusahaan karena nantinya seorang MT akan belajar secara lebih mendalam di tiap departemen yang kemungkinan besar dapat berbeda dengan background jurusan trainee tersebut. Selain itu seorang MT juga akan memimpin tim nantinya sehingga dibutuhkan juga skill interpersonal yang dapat menunjang hal tersebut.

2. Memiliki Pengalaman Berorganisasi atau Kepanitiaan

Sebenarnya pengalaman berorganisasi dapat menjadi point plus ketika melamar pekerjaan di posisi apapun. Saya akan membahas lebih lanjut mengapa hal ini sangat penting pada saat melamar posisi management trainee. Pengalaman organisasi yang dimaksud lebih kepada semasa kuliah (lebih disukai lagi kamu sudah berorganisasi di masa SMP dan SMA).

Mengapa pengalaman organisasi ini penting? Pertama dengan berorganisasi, perusahaan menjadi memiliki gambaran tentang diri kamu. Dimulai dari cara kamu berinteraksi dengan orang lain, bekerja sama dalam tim, dan juga cara kamu menyelesaikan masalah. Selain itu, perusahaan juga akan menanyakan apakah kamu pernah dalam memimpin suatu organisasi atau divisi yang berada di organisasi tersebut.

Terlebih karena kamu hendak menjadi management trainee, kamu di latih untuk menjadi seorang pemimpin di suatu perusahaan tersebut. Tida heran perusahaan akan memilih kandidat yang memang sudah memiliki basic atau bakat leadership, interpersonal, kerja sama tim, dan memiliki motivasi yang tinggi. Nah salah satunya dengan melihat pengalaman organisasi kamu.

Selain pengalaman organisasi, pengalaman kepanitian juga tidak kalah penting. Kamu juga dapat menambahkan pengalaman kepanitian kamu di riwayat organisasi. Kepanitian ini juga dapat menggambarkan bagaimana cara kamu menyelesaikan masalah dengan cepat (karena biasanya kepanitian memiliki rentang waktu yang lebih singkat dari organisasi) dan tepat. Apapun riwayat organisasi kamu, kamu dapat menuliskannya di riwayat organisasi, sekalipun kamu memiliki pengalaman organisasi di kegiatan sosial.

 

Nah bagaimana ulasan ripytime kali ini? Pada dasarnya hal ini hanya gambaran berdasarkan pengalaman penulis sewaktu melamar pekerjaan di posisi management trainee. Seberapa kali pun kamu mencoba tapi tetap gagal, teruslah mencoba karena kamu tidak akan pernah tahu langkah yang tepat untuk diterima nya kalau kamu belum melalui test yang gagal.

Selanjutnya ini baru part 1 tips ampuh untuk lolos management trainee dari sudut kualifikasi syarat. Nanti penulis akan membahas tips ampuh untuk lolos management trainee part 2 dari sudut yang lain. Semoga artikel ripytime kali ini dapat bermanfaat, daan selamat berjuang 🙂

 

Komentar dengan facebook