Beranda Kerjasama Cara Mendapatkan dan Memanfaatkan Industri Berbahan Baku Wijen

Cara Mendapatkan dan Memanfaatkan Industri Berbahan Baku Wijen

45
0
BERBAGI

Wijen atau Sesamum indicum L. sudah dikenal sejak lama di dunia, banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamnya. Salah satu contohnya, minyak yang terbuat dari bahan baku biji wijen mengandung asam lemak tak jenuh hingga 86,5%, itu artinya apabila di konsumsi oleh kita dapat mengikat kelebihan kolesterol dalam darah.

Wijen

Kemampuan minyak dengan bahan baku wijen dalam mengikat kelebihan kolesterol dalam darah, sehingga akan sagat baik untuk tubuh dan kesehatan manusia. Selain sebagai minyak, wijen dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku industri mulai dari baha industri rumah tangga, konsumsi keluarga hingga obat-obatan.

Tak hanya minyak, hasil samping minyak yang tidak terkai berupa bungkil wijen dapat diproses menjadi produk kecap yang memiliki kandungan protei yang cukup tinggi. Banyak sekali pemanfaatkan biji wijen sebagai bahan baku pembuatan produk, namun pengembangan produk berbahai baku wijen terkadang memiliki kendala berupa peralatan yang tradisional sehingga mengakibatkan proses olahan tidak maksimal, kemasan kurang menarik, pemasaran yang sangat terbatas sehingga dapat mencakup pasar dalam lingkup kecil saja. Tak hanya kendala itu, Kualitas biji wijen biasanya menjadi masalah paling berarti bagi pelaku bisnis.

Baca Juga: Manfaat Lain Wijen, Selain untuk Penghias Makanan.

Adanya keterbatasan tersebut perlu adanya perbaikan dan pemecahan masalah atau kendala dengan memperbaiki menggunakan strategi teknologi bisnis yang sesuai dan baik. Kebutuhan pasar yang besar akan produk olahan berbahan dasar  wijen serta memiliki peluang yang cukup cerah menjadikan pengembangan ini harus segera dilakukan.

Kandunngan minyak wijen antara lain sebagai berikut:

  • Minyak Wijen Mengandung asam lemak tidak jenuh hingga 86,5%
  • Minyak Wijen mengandung asam omega 9 sebanyak 37,56%
  • Asam lemak jenuh 11,07%
  • Dan masih banyak lainnya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Biji Wijen?

Secara umum wijen adalah tanaman yang memiliki prospek yang cukup menguntungkan. Wijen menjadi kebutuhan dan banyak dicari oleh masyarakat luas. Tak hanya itu, permintaan wijen mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal ini yang menjadi alasan para petani banyak membudidayakan wijen. Nah bagi anda yang ingin mendapatkan wijen tentu harus mempelajari karakteristik dan cara membudidayakannya.

Wijen biasanya tumbuh di daerah tropis dan sub tropis dengan ketinggian 1200 mdpl. Namun, tanaman ini sangat sensitif terhadap suhu rendah, curah hujan yang tinggi. Budidaya wijen memiliki peluang usaha yang semakin cerah yang banyak dimanfaatkan di berbagai negara di Dunia.

Untuk perusahaan manufaktur atau rumah industri biasanya untuk mendapatkan bahan baku berupa wijen langsung melalui petani ataupun pengepul, namun agar mendapatkan kualitas wijen yang bagus, kamu perlu memperhatikan supplier wijen atau distributor wijen yang terpercaya. Salah satu supplier yang jual wijen yaitu PT. Karya Baru Indonesia

Komentar dengan facebook