Beranda Bisnis Seller Online di E-commerce Dapat Menjadi Pilihan yang Tepat Untuk Memulai Bisnis...

Seller Online di E-commerce Dapat Menjadi Pilihan yang Tepat Untuk Memulai Bisnis Online

122
0
BERBAGI
Seller E-commerce
Seller online di e-commerce “raksasa”

sumber: google.com

Di era digitalisasi ini memunculkan peluang baru di dunia perdagangan. Salah satunya dengan berjualan online. Sudah tidak asing lagi bukan dengan kata e-commerce di telinga kita? E-commerce merupakan sebutan marketing online dimana seller online melakukan aktifitas jual beli nya secara online.

Dahulu, orang berlomba-lomba untuk menyewa suatu tempat untuk dijadikan lahan berjualan. Tidak heran, banyak sekali orang yang memiliki 15 toko sekaligus sebagai modal utama usaha mereka. Waktu pun berjalan semakin cepat dan canggih, begitupun juga dengan teknologi. Perkembangan teknologi ini menggiring kemajuan sistem berjualan ke arah sistem online, contohnya iklan di instagram, facebook, dan juga website tanpa modal tempat secara offline.

Salah satu perkembangan tentang dunia retail adalah e-commerce. Pada dasarnya sistem marketing nya adalah online namun, perbedaannya adalah seorang pengusaha online ini memasarkan produknya di sebuat marketplace atau e-commerce sehingga lebih dapat memastikan target pasar yang ditujukannya.  Menariknya menjadi seller online dapat dilakukan oleh siapapun (mahasiswa juga bisa loh), kapanpun, dan dimanapun. Pada kali ini ripytime akan membahas e-commerce “raksasa” apa saja yang membuka peluang untuk masyarakat menjadi seller online nya.

1. E-commerce Tokopedia dan seller online nya

Seller online tokopedia
Menjadi seller tokopedia dan keterangannya

Gambar Sumber: google.com

Tokopedia merupakan salah satu marketplace atau e-commerce “raksasa” dimana seller online tokopedia sudah kurang lebih 4 juta seller online. Banyak seller online yang tertarik untuk membuka toko di tokopedia karena calon pembeli di tokopedia diperkirakan mencakup 97% di wilayah Indonesia. Konsep yang ditawarkan dari tokopedia ini adalah “buka toko” sehingga dapat di psikologiskan oleh calon seller online seolah-olah mereka membuka toko offline.

Tidak perlu khawatir bagi anda yang tidak memiliki modal untuk membangun toko karena daftar menjadi seller online di tokopedia ini tidak dipungut biaya atau gratis. Tokopedia juga bekerjasama dengan logistik terbaik sehingga pengiriman dapat menjangkau seluruh pelosok Indonesia. Selain itu, seller online tokopedia juga tidak perlu bingung dalam membuka toko di tokopedia karena tokopedia juga menyediakan fitur tambahan yang akan menuntun seller online sukses.

2. Shopee

Seller online Shopee
Seller online shopee dan keterangannya

sumber gambar: google.com

Shopee merupakan marketplace atau e-commerce yang juga sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Identik dengan band korea karena memang shopee ini beberapa kali menjadikan band korea sebagai brand ambasador nya. Shopee juga memberi kesempatan kepada masyarakat sebagai seller online nya. Pendaftaran menjadi seller online pun gratis dan shopee juga bekerja sama dengan beberapa perusahaan logistik sehingga pengiriman barang dapat sampai ke seluruh pelosok Indonesia.

3. BukaLapak

Bukalapak ini merupakan marketplace yang juga menjadi tujuan pencarian masyarakat Indonesia. Bukalapak ini terkenal dengan e-commerce karya anak bangsa yang sangat booming. Tidak heran banyak masyarakat yang tertarik untuk menjadi seller online di Bukalapak. Seller online di Bukalapak ini sudah ada sejak tahun 2010 jadi Bukalapak ini sudah cukup senior berada di dunia e-commerce dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya. Bukalapak juga tidak memungut biaya pendaftaran kepada calon seller online nya.

Adapun cakupan pelanggan dari Bukalapak ini mencapai ratusan juga pengunjung Bukalapak yang siap menjadi pelanggan dari toko online anda.  Hasil penjualan dari toko anda otomatis akan masuk ke saldo Bukadompet anda dan mudah juga untuk dicairkan. Sama seperti e-commerce lainnya, Bukalapak juga menyediakan fitur yang dapat memudahkan anda menjadi seller online Bukalapak.

4. E-commerce Lazada dan seller online nya

Lazada
Seller online Lazada dan keterangnnya

Sumber gambar: google.com

Lazada juga merupakan marketplace “raksasa” yang ada di Indonesia. Lazada menerapkan bebas komisi dan bebas deposit (alias gratis daftar menjadi seller onlinenya). Lazada ini memiliki historikal pengunjung yang cukup fantastis dimana rata-rata pengunjungnya kurang lebih 50 juta dengan rata-rata pembeli kurang lebih 560 juta pembeli. Selain itu, sudah sekitar 104 juta pendownload aplikasi Lazada baik di Play store ataupun apple store.

Lazada ini menciptakan beberapa fitur yang dikhususkan untuk seller online untuk memudahkan seller menggunakan fitur seller lazada dan menuntut seller onlinenya sukses berjualan di Lazada.

Nah, keempat e-commerce dapat menjadi pilihan anda untuk menjadi seller online. Jangan khawatir, semua e-commerce tersebut tidak memungut biaya pendaftaran untuk dapat menjadi seller online nya. Wujudkan mimpi anda untuk memiliki toko sendiri secara nyata. Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat ya, terimakasih sudah membaca.

Komentar dengan facebook