Beranda Bisnis Rahasia Sukses Bisnis dengan Youth Marketing

Rahasia Sukses Bisnis dengan Youth Marketing

70
0
BERBAGI

Populasi dari kaum muda saat ini hampir mendominasi penduduk dunia saat ini. Oleh karena itu, tidak heran bila perusahaan berbondong-bondong untuk menciptakan inovasi marketing yang terupdate. Salah satunya dengan youth marketing, penasaran kan dengan youth marketing?

Youth marketing merupakan target sasaran dari perusahaan. Kaum milenial dikenal sebagai generasi perubahan yang sedang populer

Bagaimana tidak? Hampir di setiap sektor kehidupan mengalami perubahan karena “hasil perbuatan” kaum muda milenial. Mulai dari teknologi, gaya hidup, fashion, sampai dengan dunia politik, kaum milenial secara tidak langsung memberikan dampak perubahan.

Bukan hal yang asing mendengar strategi pemasaran dilakukan perusahaan dan pelaku usaha secara mati-matian melakukan pendekatan ke segmen pasarnya. Pemasaran terus mengalami perubahan dan perkembangan. Banyak perusahaan yang mencari strategi pemasaran yang lebih efektif untukĀ  menyampaikan pesannya di segmen pasar. Berkaitan dengan strategi pemasaran, artikel ripytime by inggilpratiwi kali ini akan membahas tentang

Rahasia sukses bisnis dengan youth marketing.

youth marketing

Sumber: Google.com

Soekarno berkata bahwa “beri aku 1.000 orang tua niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia. Pada dasarnya youth marketing adalah segala strategi dan aspek pemasaran yang diupayakan ke kaum muda. Baca: penjelasan youth marketing lebih rinci. Teknik pemasarannya pun tidak terbatas hanya sekedar iklan di tv, radio, atau media cetak. Akan tetapi, seiring dengan berkembangnya teknologi dapat disisipkan iklan di media sosial, gaya hidup, maupun internet untuk lebih menarik perhatian kaum muda milenial.

Indonesia memiliki penduduk yang 44% terdiri dari generasi muda. Hal ini dapat menjadi landasan betapa pentingnya teknik youth marketing untuk menggaet anak muda dalam segmentasi khusus bagi setiap perusahaan. Hal ini ditunjukkan kepada setiap perusahaan, terutama perusahaan consumer product, automotive, clothing, dan lain sebagainya. Beberapa perusahaan atau pelaku pasar masih mempertimbangkan untuk membidik kaum muda sebagai target pasarnya. Mengapa? karena menggagap bahwa anak muda tidak memiliki uang, anak muda masih berperilaku labil, dan juga anak muda tidak terlalu loyal terhadap brand.

Akan tetapi tahukah anda nilai pasar anak muda ini sangatlah penting dan ini alasannya dan refensi untuk rahasia sukses bisnis dengan youth marketing:
  • Internal buyer. Kaum muda di Indonesia, terutama perempuan, merupakan internal buyer di keluarga mereka. Mungkin bisa saja kondisi keuangan mereka belum mapan akan tetapi, mereka memiliki sumber pendanaan dari orang tua mereka. Dimulai dari kebutuhan pribadi, seperti pendidikan, gadget, kendaraan pribadi (automotive), sampai pendukung alat elektronik (laptop, radio, tv, AC, dll). Selain itu, anak muda di dalam kelurga juga memiliki pengaruh yang besar terhadap kebutuhan keluarga, seperti Wifi, TV kabel, kendaraan keluarga, elektronik, dll. Terlebih lagi anak perempuan di Indonesia cenderung lebih lama tinggal bersama orang tua mereka. Sehingga, mereka dapat memiliki dua sumber pendanaan, yaitu dengan penghasilannya sendiri dan juga dari orang tua.
  • New Media. Anak muda sebagai generasi milenial cenderung lebih aktif menggunakan sosial media. Mereka lebih peduli dengan apa yang dikatakan temannya dibandingkan dengan melihat iklan di televisi atau dapat disebut dengan pemasaran mulut ke mulut. Perkembangan media sosial yang kini menjadi suatu mediator komunkasi bagi kaum muda dapat anda jadikan target dalam teknik pemasaran produk anda.
  • Inovasi yang Relevan. Beberapa tahun lalu, SMS merupakan cara yang dinilai eksis untuk berkomunikasi via handphone. Namun, tidak lama kemudian munculĀ  Blackberry ,yang sebelumnya hanya digunakan sebagai kepentingan bisnis, mem-booming setelah kaum muda menggunakannya untuk komunikasi, berjualan, sampai menjadi gaya hidup. Lagi-lagi kita melihat fenomena kaum muda lah yang menjadikan sesuatu menjadi viral karena produk atau jasa tersebut memiliki nilai inovasi yang relevan.

Beberapa ahli mengatakan bahwa tidak lama lagi youth marketing ini akan menjadi standar marketing di perusahaan sektor apapun dengan segmen pasar manapun karena mengingat pentingnya memberikan ruang kepada kaum ini untuk dijadikan target pasar. Jadi apakah anda memiliki bisnis? dan apakah anda sudah menerapkan youth marketing? Kalau belum semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi kepada anda dan juga apabila anda sudah menerapkan teknik ini dapat dijadikan acuan untuk lebih mantap dalam “mengambil hati” kaum muda.

Sumber: Kunto, Ghani. 2014. Youth Marketing. Jakarta: Transmedia.

Komentar dengan facebook