Beranda Gaya Hidup Program Management Trainee dalam Berbagai Bidang Perusahaan

Program Management Trainee dalam Berbagai Bidang Perusahaan

100
0
BERBAGI

management trainee

Ulasan mengenai management traineePernahkah kamu mendengar kata-kata management trainee? Apa yang terbesit di pikiranmu pertama kali saat mendengan kata-kata ini? Ya, management trainee merupakan suatu program khusus dari perusahaan yang diperuntukkan bagi kandidat yang dirancang menjadi pemimpin perusahaan tersebut. Ulasan tentang management trainee akan kita bahas ya.

Umumnya, management trainee ini sangat erat kaitannya dengan fresh graduate. Namun, jangan khawatir loh management trainee ini memberikan kesempatan kaum millenial yang sudah memiliki pengalaman kerja dan biasanya batas maksimalnya adalah dua tahun. Secara general management trainee ini memperkerjakan pekerja rentang usia 21-26 tahun.

A. Ulasan Lengkap Tentang Management Trainee

Buat kalangan fresh graduate, posisi management trainee ini sangat diminati bahkan menjadi primadona. Lah kok bisa? Tak lain karena management trainee ini merupakan program khusus untuk menjadi seorang “leader” di perusahaan tersebut, maka tak heran kalau management trainee ini memiliki jalur karir yang lebih pasti. Perusahaan juga merekrut kandidat untuk menjadi management trainee yang diharapkan dapat memberikan inovasi baru yang dapat bermanfaat bagi perusahaan.

Adapun alasan mengapa management trainee menjadi favorit adalah karena management trainee memiliki jalur yang pasti, seorang management trainee akan belajar sambil di gaji. Kandidat MT akan belajar banyak hal mengenai skill tentang leadership, kerja sama tim, dan juga interpersonal skill. Selain itu, management trainee berkesempatan untuk belajar banyak di divisi atau departemen yang terdapat di perusahaan. Terlebih lagi bila kamu seorang management trainee yang sudah spesifik, kamu dapat belajar sesuai minat dan bakat.

Secara keseluruhan, MT pada perusahaan biasanya memiliki dua kegiatan, yaitu in class training dan juga on the job training. In class training yaitu para trainee akan mendapatkan pelajaran atau pelatihan. Sedangkan OJT atau on the job training adalah kegiatan trainee di masing-masing divisi atau pun cabang. Rata-rata management trainee di perusahaan memiliki ikatan dinas 2-3 tahun. Rentang waktu tersebut sudah termasuk kegiatan in class traing dan OJT. Kalau ada yang bertanya apakah ikatan dinas yang dimaksud? Ikatan dinas itu adalah perjanjian terhadap seorang management trainee dengan perusahaan. Setelah MT mendapatkan ilmu dari programnya perusahaan berekspektasi MT ini tetap ada di perusahaan tersebut dan memberikan hasil yang maksimal.

Berikut ini merupakan ulasan mengenai management trainee secara spesifik. Kali ini akan membahas tentang macam-macam management trainee yang biasa perusahaan butuhkan.

B. Ulasan Management Trainee General

Pertama adalah MT general. Setiap perusahaan memiliki sebutan yang berbeda-beda untuk nama programnya. Program dari MT general ini ialah mempelajari semua unit departemen yang ada di perusahaan tersebut. Trainee akan berkesempatan untuk belajar di divisi-divisi tersebut dan memiliki coach pada masing-masing divisi dan mendalami alur bisnis perusahaan. Selanjutnya para coach akan membimbing trainee untuk mendapatkan pelajaran sesuai dengan kurikulum program MT yang telah ditetapkan.

Selain memberikan bimbingan, coach juga akan menilai para trainee yang berhubungan minat dan bakatnya. Seperti pepatah bilah “right man in the right place”. Para trainee setelah program in class training dan ojt (on the job training) akan lulus dan ditempatkan di divisi yang sudah ditentukan berdasarkan nilai dari trainee. Dengan sistem seperti ini perusahaan mengharapkan mendapatkan best and high quality kandidat untuk menjadi pemimpin perusahaannya kelak.

C. Ulasan Management Trainee HR

Management trainee HR diperuntukkan divisi Human Resources dan People Development. Biasanya kandidat untuk MT HR ini berasal dari jurusan seperti hukum, psikologi, management SDM. Nantinya divisi hr development dan people learning ini bertugas untuk merekrut, mengembangkan, dan memonitor kinerja para SDM perusahaan.

Selain itu juga terdapat juga divisi payroll yang bertugas mengurusi untuk gaji SDM oleh perusahaan. Pernah mendengar kata-kata IR? Perusahaan juga memiliki divisi IR atau Industrial Relation. Divisi ini bertugas untuk menjalin relasi dengan eksternal dan internal perusahaan. Divisi ini pun yang menjadi jembatan antara perusahaan dengan lembaga pemerintahan terkait dengan aturan-aturan ketenagakerjaan.

D. Management Trainee Finance

MT finance diperuntukkan departemen finance di suatu perusahaan. Biasanya beberapa perusahaan membuka posisi yang spesifik ini agar perusahaan langsung mendapatkan kandidat yang sesuai jurusan dengan minta bakat. Kualifikasi dari management trainee finance ini biasanya dari jurusan ekonomi, akuntansi, atau manajemen keuangan. Divisi ini banyak sekali peminatnya khususnya bagi kalangan jurusan akuntansi.

E. Management Trainee Marketing

MT marketing diperuntukkan departemen marketing di suatu perusahaan. Biasanya perusahaan membuka untuk posisi ini untuk semua jurusan atau all major. Tugas dari marketing ini tergantung dari industri perusahaan yang kamu lamar. Oleh karena itu kamu sebaiknya sudah harus mencari informasi tentang industri yang lamar.

F. Management Trainee Operational

MT Operational diperuntukkan departemen operational di suatu perusahaan. Untuk jobdesk nya tergantung dari industri yang bergerak di perusahaan yang kamu lamar. Misalnya, kamu melamar MT Operational di perusahaan ritel, maka kemungkinan besar program tersebut diperuntukkan menjadi store manager. Itu salah satu penyebab mengapa disebut dengan management trainee operational karena sangat berhubungan dengan bidang yang bergerak perusahaan tersebut.

Kamu dapat melihat banyaknya jenis managament trainee pada perusahaan perbankan atau perusahaan korporasi. Nah, bagaimana sekarang apakah kamu sudah memiliki gambaran tentang management trainee? Jadi MT juga terbagi sesuai dengan divisi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Semoga, ulasan tentang MT kali ini dapat bermanfaat bagi kalian yang memang sedang mengincar posisi ini.

Komentar dengan facebook