Beranda Gaya Hidup Pentingnya Kelompok dan Kerja Sama Bagi Semuanya

Pentingnya Kelompok dan Kerja Sama Bagi Semuanya

111
0
BERBAGI

Pentingnya Kelompok – Selamat datang di artikel Kinay semuanya. Selamat datang juga buat kalian yang memenggam erat janji meski tahu ia pasti mengingkarinya. Oke, di artikel sebelumnya Kinay pernah membahas tentang perilaku organisasi serta jenis teman-teman yang pasti kalian temui saat tugas kelompok. Nah, untuk kali ini Kinay akan membahas tentang kelanjutan gabungan 2 topik tadi. Yaps, Kinay akan lebih fokus lagi dalam memaknai apa itu “kelompok” begitu juga dengan manfaatnya serta lainnya.

Pentingnya Kelompok – KATA SIAPA BERKELOMPOK ITU MENGGANGGU???

Terkadang seseorang merasa risih atau terganggu jika melakukan kegiatan secara kelompok, dengan alasan membuang-buang waktu. Seseorang seperti ini merasa lebih efektif dan efisien jika melakukannya sendiri, misalkan tugas atau pekerjaan ringan lainnya. Tentunya seseorang yang memiliki pemikiran seperti ini akan sulit membaur dan melakukan kerja sama dalam sebuah tim. Oleh sebab itu, pemikiran seperti itu harus diubah sejak dini karena ketika memasuki dunia kerja pastinya kalian dituntut bekerja secara kelompok/tim.

Pentingnya Kelompok – Pengertian Kelompok

Sesuai dengan kata “kelompok” pastinya terdiri lebih dari satu orang. Yaps kelompok sendiri memiliki pengertian  yaitu dua orang atau lebih yang saling berinteraksi satu sama lain dan saling menjalin kerja sama demi mencapai tujuan-tujuan tertentu. Dari pengertian tadi ada 3 hal penting dari kelompok yaitu, dua orang atau lebih, saling bekerja sama, dan mencapai tujuan yang sama.

Pentingnya Kelompok – Alasan Mereka Berkolompok

Tentunya segala yang muncul atau terjadi pasti ada penyebab atau alasannya, yaps seperti kenapa si doi lebih memilih dia daripada kalian, wkwk. Ada 6 alasan kenapa seseorang ingin bergabung ke kelompok tersebut dan menjalin kerja sama, di antaranya:

Pentingnya Kelompok – Memberikan Rasa Aman

Bergabungnya seseorang ke dalam sebuah kelompok, pastinya akan mengharapkan sebuah rasa aman yang akan diperolehnya. Secara berkelompok dia memiliki rekan atau tidak sendirian dalam mencapai sebuah tujuan. Dengan meningkatnya rasa aman akan dirinya, seseorang tersebut akan cenderung lebih aktif, kreatif, dan kerja keras dalam mencapai tujuan kelompok dan tujuan prbadinya.

Pentingnya Kelompok – Meningkatkan Status dan Harga Diri

Bergabungnya seseorang ke dalam sebuah kelompok, tidak menutup kemungkinan akan meningkatkan status dan harga diri seseorang. Misalkan dia berkumpul dengan kelompokkelompok motor gede atau motor sport pastinya orang tersebut akan merasa status dan harga dirinya meningkat. Contoh lain misalkan dia masuk ke dalam kelompok orang-orang yang bergelimang harta bak Hotman Paris, tentunya dia akan merasa status serta harga dirinya itu meningkat daripada sebelum bergabung.

Pentingnya Kelompok – Sosialisasi dan Afiliasi

Bergabungnya seseorang ke dalam sebuah kelompok, akan memberikan kepada dia sebuah kesempatan untuk bersosialisasi dan berafiliasi dengan yang lainnya. Sosialisasi merupakan kebutuhan mendasar bagi manusia, secara manusia adalah makhluk sosial. Mereka membutuhkan orang lain untuk berbicara, berdiskusi serta bekerja sama dalam menjalani hidup. Jadi, alasan utama mereka masuk ke dalam kelompok adalah untuk bersosialisasi dan membangun afiliasi dengan orang lain.

Pentingnya Kelompok – Memberikan Kekuatan

Bergabungnya seseorang ke dalam sebuah kelompok, akan memberikan kepada dirinya sebuah kekuatan. Dapat memberikan kekuatan? Bukan berarti kekuatan untuk berubah menjadi power ranger atau manusia super loh ya, wkwk. Maksudnya, seseorang akan merasa memiliki kekuatan bahwa dia pasti bisa meraih impiannya dan tujuannya. Dikarenakan dalam kelompok dia tidak sendirian, dia bisa meminta nasihat, saran, serta pertolongan ketika ia lagi kesusahan.

Pentingnya Kelompok – Tujuan Mudah Dicapai

Bergabungnya seseorang ke dalam sebuah kelompok, akan meningkatkan tercapainya sebuah tujuan. Pastinya karena di dalam kelompok,dia tidak sendiria, dia bersama orang lain dan bekerja sama dalam mencapai tujuan tersebut. Bekerja sama berarti dua orang atau lebih tersebut saling menguatkan, saling melengkapai, saling mendukung untuk mencapai tujuan yang ada. Oleh karena itu hal ini lebih tinggi presentase-nya dalam tercapainya tujuan dibandingkan sendirian.

Pentingnya Kelompok – Kekuasaan

Bergabungnya seseorang ke dalam sebuah kelompok, akan memberikan kesempatan bagi mereka yang ingin kekuasaan yaitu dengan memengaruhi seseorang. Menurut Dr. Sopiah, (2008) Bagi orang yang memiliki kebutuhan akan kekuasaan, kelompok merupakan wadah yang pas untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Pentingnya Kelompok – Klasifikasi Kelompok

Bukan hanya masalah cinta yang ada klasifikasi-nya, tentang kelompok pun ada klasifikasi-nya loh. Kelompok sendiri diklasifikasikan ada 2 kelompok yaitu: kelompok formal dan kelompok informal. Kelompok formal dibentuk berdasarkan tuntutan formal organisasi dengan tujuan untuk mencapai sesuatu. Sedangkan kelompok informal dibentuk berdasarkan kebutuhan kontak sosial yang terjadi secara alamiah. Untuk lebih jelasnya, yuk kita bahas dua-duanya!!!.

Pentingnya Kelompok dan Kerja Sama Bagi Semuanya(1)
Pentingnya Kelompok dan Kerja Sama Bagi Semuanya(1)
1. Kelompok Formal

Kelompok formal merupakan kelompak yang memang sengaja dibentuk atas keputusan seseorang melalui struktur organisasi dengan tujuan untuk menyelesaikan tugas secara efektif dan efisien. Adapun kelompok formal sendiri dibagi menjadi dua yaitu:

  • Kelompok Komando

Merupakan kelompok yang ditentukan oleh bagan/struktur organisasi dan malaksanakan tugas-tugas rutin kelompok yang sudah disepakti di awal. Kelompok seperti ini biasanya terdiri dari anggota dan ketua/pimpinan. Dan biasanya anggota yang bertugas melaporkan dan bertanggung jawab kepada ketua/pimpinan.

  • Kelompok Tugas

Merupakan kelompok yang dibentuk untuk bekerja sama dalam menyelesaikan tugas atau proyek tertentu. Contoh, pastinya saat perkuliahan atau bahkan saat sekolah ada yang namanya tugas kelompok yang mana tugas ini harus dikerjakan bersama.

2. Kelompok Informal

Kelompok informal merupakan kelompok yang tidak terbentuk melalui struktur organisasi, melainkan terbentuk karena adanya kebutuhan kontak sosial atau bisa dibilang alamiah. Adapun  kelompok informal ini dibagi menjadi dua yaitu:

  • Kelompok Persahabatan

Pasti udah tahu banget kan, yang namanya persahabatan. Persahabatan ini terbentuk karena ada sebuah kepercayaan diantara keduanya. Adapun persahabatan ini muncul karena kesamaan suatu hal, seperti hobi, jenis kelamin, latar belakang, dan lain-lain. Contoh orang-orang secara tidak sengaja bertemu dan memiliki hobi kuliner, maka mereka akan membentuk kelompok persahabatan. Atau orang-orang yang hobi main game, pastinya akan membentuk kelompok pula.

  • Kelompok Kepentingan

Merupakan kelompok yang bekerja sama karena memiliki kepentingan yang sama atau tujuan yang sama. Misalkan ada orang-orang yang ingin berkepentingan atau tujuan untuk menjuarai suatu perlombaan, maka mereka akan membentuk kelompok. Dan ketika tujuan mereka tercapai atau juara, kemungkinan besar akan bubar.

Pentingnya Kelompok – Tahap Pembentukan Kelompok

Tak hanya dalam pendekatan dengan si doi yang memiliki tahap-tahap, pembentukan kelompok pun ada gaes. Pembentukan kelompok sendiri merupakan suata rangkaian proses yang dinamis yang terdiri dari beberapa tahap. Menurut Dr. Sopiah (2008) terdapat 5 tahap dalam pembentukan keolompok. Lalu, tahap apa saja? Yuk langsung aja kita bahas gaes!!.

  1. Tahap Pembentukan (forming)

Tahap ini meruapakan awal karena disini dihadapkan pada kondisi ketidakpastian akan tujuan, struktur, dan lainnya. Selesainya tahap ini ketika semua anggota mulai berpikir dan sadar bahwa dirinya adalah bagian dari kelompok tersebut.

  1. Tahap Merebut Hati (Storming)

Tahap ini merupakan tahap kedua dimana munculnya konflik intra-kelompok. Dimana seorang anggota menerima keberadaan kelompok tapi menolak untuk dikendalikan oleh seseorang yang kedudukannya mungkin lebih tinggi dari dirinya. Selesainya tahap ini ketika didapatkan struktur organisasi atau hierarki kepemimpinan dalam sebuah kelompok.

  1. Tahap Pengaturan Norma (Norming)

Tahap ini merupakan tahap ketiga dimana adanya perkembangan hubungan antar anggota kelompok yang artinya menunjukkan kohesi (kepaduan). Selesainya tahap ini ketika struktur kelompok semakin solid dan perumusan yang benar atas harapan dan perilaku anggota.

  1. Tahap Pelaksanaan (Perfoming)

Tahap ini merupakan tahap keempat dimana fungsi kelompok berjalan dengan baik dan diterima oleh anggota. Artinya semua anggota kelompok disini sudah saling mengenal dan mengerti.

  1. Tahap Pengakhiran (Anjourning)

Tahap ini merupakan tahap terakhir dimana hanya ada pada kelompok yang bersifat temporer. Artinya berkenaan pada rangkaian kegiatan tidak lagi pada tugas kelompok.

Oke, mungkin itu saja penjelasan dari Kinay tentang pentingnya dalam kelompok. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Sedikit kata-kata mutiara dari saya.

“Sendiri mungkin keputusan yang baik, tapi menjalani kehidupan bersamaku adalah keputusan paling terbaik yang pernah kamu ambil  – Kinay, 2019”

Komentar dengan facebook