Beranda Pendidikan Lakukan Beberapa Cara Berikut Agar Kamu Pelajar Tidak Malas Mencatat

Lakukan Beberapa Cara Berikut Agar Kamu Pelajar Tidak Malas Mencatat

171
0
BERBAGI

Cara agar tidak malas mencatat

Dewasa kini, pelajar malas mencatat ketika guru sedang menerangkan materi biasanya hanya sekadar memerhatikan tanpa mencatat. Mencatat ialah menuliskan apa yang sudah ditulis atau diucapkan orang lain; menyalin. Bahkan, hanya sekadar di foto melalui kamera ponselnya. Menurut saya, hal tersebut tidak efektif. Karena, kebanyakan dari mereka tidak menulis ulang di buku catatannya dari apa yang telah mereka foto. Hanya membacanya dari ponsel saja. Sedangkan, membaca melalui ponsel ada banyak kemungkinan akan tidak fokus. Pasti akan tergoda untuk membuka applikasi lainnya. Menanggapi hal pelajar malas mencatat, mari kita coba untuk melakukan beberapa cara berikut agar kamu tidak malas mencatat:

Pertama, membeli buku catatan yang unik

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membeli buku catatan yang kamu sukai. Entah karena sampulnya, gambarnya, warnanya, atau hal lainnya. Pilihlah yang pertama kali kamu lihat kamu langsung tertarik untuk membelinya. Hal ini bisa mendorong kamu untuk selalu mengeluarkan buku catatan ketika gurumu sedang menerangkan di depan papan tulis.

Kedua, membeli isi buku yang lucu

Piihlah kertas untuk isi buku catatanmu yang lucu untuk dimasukkan ke dalamnya. Ketika isi buku catatanmu sudah terisi, maka mulailah menulis. Kamu pasti akan merasa berhati-hati ketika menulis karena tidak ingin membuat jelek kertasnya. Jangan lupa untuk memilih kertas yang motif atau warnanya berbeda-beda agar tidak bosan dalam mencatat.

Ketiga, membeli pembatas kertas

Untuk kamu para pelajar yang memiliki mata pelajaran banyak dan hanya mencatat dalam satu buku catatan, ada baiknya untuk membeli pembatas kertas. Belilah sesuai dengan jumlah mata pelajaranmu. Cari yang unik dan berbeda di setiap pelajaran agar kamu bisa membedakannya sendiri. Dengan begini, kamu tidak perlu repot-repot untuk membolak-balik setiap halaman. Hanya cukup dengan mengingat pembatas kertas mata pelajaranmu dan langsung terbuka sesuai keinginanmu.

Keempat, pulpen warna-warni atau stabilo

Para pelajar biasanya hanya diperbolehkan menggunakan pulpen tinta hitam. Padahal, hal tersebut membuat catatan terlihat sama semua. Maka, lebih baik kamu memiliki pulpen warna-warni atau stabilo juga tidak apa. Gunakanlah pulpen atau stabilo tersebut untuk catatan yang sangat penting. Untuk sebuah judul, sebuah rumus, dan apapun yang harus diingat dan dicari harus kamu tandai dengan barang tersebut. Kamu pun akan lebih bersemangat ketika melihat tulisanmu yang rapih dan penuh warna.

Kelima, buatlah catatanmu menjadi lebih kreatif

Setelah keempat hal yang di atas sudah terpenuhi, kini saatnya untuk membuat tulisanmu menjadi sekreatif mungkin. Kamu bisa membuat tulisanmu dengan judul yang kamu tulis seindah mungkin. Pada setiap poin diberi tanda bunga atau tanda lainnya yang kamu suka. Bisa juga memberi kotak atau bentuk lainnya pada setiap catatan yang terpenting. Lakukan yang kamu suka agar kamu tidak ada rasa malas untuk mencatat dan catatanmu selalu ingin kamu baca ulang. Dijamin cara ini membuatmy betah dalam membaca catatanmu sendiri. Bahkan ada kemungkinan teman sekelasmu akan meminjam catatanmu untuk dibacanya.

BACA JUGA: TIPS MENINGKATKAN KUALITAS INGATAN AGAR LEBIH BAIK

Itulah kelima hal yang saya rasa mampu menghilangkan rasa malas pelajar untuk mencatat. Padahal mencatat adalah bagian dari tugas para pelajar. Perlu diingat bahwa mencatat itu bukan berarti kamu menyalin semua materi dari guru. Tetapi kamu hanya perlu mencatat poin-poin terpentingnya saja atau hal yang diterangkan oleh gurumu yang tidak ada dalam buku paket. Dengan begitu, kegiatan mencatatmu tidak akan melelahkan.

Komentar dengan facebook