Beranda Bisnis Pekerjaan Tambahan yang Dapat Kamu Lakukan Selain Menjadi Karyawan

Pekerjaan Tambahan yang Dapat Kamu Lakukan Selain Menjadi Karyawan

120
0

Pekerjaan tambahan yang Dapat Kamu Lakukan Selain Menjadi Karyawan

pekerjaan tambahan
pekerjaan tambahan

Hallo generasi millenial dan genarasi z!! kembali lagi di artikel kali ini yang akan membahas tema menarik sekali hehe. Apakah kamu seorang karyawan? atau kamu masih menjadi seorang mahasiswa? yang terpenting dari pertanyaannya adalah apakah kamu ingin mencari pekerjaan tambahan dan mendapatkan penghasilan tambahan dengan melakukan hobimu?

Rata-rata setiap orang karyawan memiliki waktu kerja 8 jam per hari. Sabtu dan minggu juga biasanya libur untuk karyawan. Masih tersisa waktu sekitar 16 jam per hari yang dapat kamu manfaatkan seselain menjadi karyawan. Pertanyaannya adalah pekerjaan apa yang kamu kerjakan pada sisa waktumu tersebut? Apakah yang bermanfaat dan dapat menghasilkan? Apakah kamu pernah memanfaatkan hobi kamu untuk menghasilkan uang sebagai pekerjaan tambahan tambahan?

Untuk kamu yang belum menjadi karyawan, dan kamu yang seorang mahasiswa, waktumu perhari lebih fleksibel karena jam mata kuliah tidak terlalu banyak dam memiliki jeda yang cukup lama. Paling tidak sehari hanya memiliki waktu sekitar 8 jam juga perhari, terkecuali jika ada praktikum ataupun jadqal rapat organisasi. Tapi kalian para mahasiswa masih memiliki waktu yang banyak juga loh perharinya, terutama pada saat sabtu dan minggu. Nah pertanyaannya adalah pada waktu tersebut apakah yang akan kamu lakukan di waktu luangmu? Pernahkah kalian memanfaatkan waktu luangmu dengan melakukan hobi dan menghasilkan uang tambahan?

Baca juga: Ini dia hal yang sebaiknya dilakukan oleh mahasiswa

Setiap pekerjaan utama baik karyawan maupun mahasiswa terkadang membuat kita jenuh. Beberapa kondisi juga mendesak kita untuk memiliki penghasilan tambahan. Apakah yang akan kamu lakukan apabila berada di posisi tersebut? Pernahkah kamu terfikir untuk mengambil pekerjaan tambahan tapi bingung harus memulai dari mana? Artikel ripytime kali ini akan membahas pekerjaan tambahan yang dapat kamu lakukan untuk menghasilkan sallary tambahan, terutama buat kamu yang memiliki hobi sama seperti ulasan di bawah ini:

pekerjaan tambahan
pekerjaan tabahan ala kamu

1. Pekerjaan tambahan pertama : Bisnis Online

online bisnis
pekerjaan alternatif

Mungkin hal ini bnyak sekali yang akan menyangga. Mulai dari pertanyaan ga punya modal, ga bakat jualan, ga pinter ngomong, dan juga ga punya banyak temen. Gais, yang ingin sekali saya share disini adalah zaman sekarang adalah era digital. Bersyukurlah karena kita hidup di era digital dengan kecanggihan di dalamnya. Apa dampaknya?

Dampak yang baiknya adalah kita tidak perlu lagi berjualan harus face to face mencari konsumen satu per satu. Kamu cukup membuka “toko” melalui instagram, facebook, youtube, maupun blog sekalipun. Selain itu, ada juga loh market place yang sekarang sedang menjadi trend di hampir seluruh belahan dunia, contohnya shopee, tokopedia, blibli, bukalapak, dan juga lazada.

Baca juga : Market place raksasa untuk seller online

Kamu juga dapat menemukan supplier dari barang yang kamu bisnis kan di sosial media atau pun marketplace. Well kalau kamu sudah dapat menemukan supplier, kamu dapat langsung mengiklankan produk di tempat-tempat tersebut. Siapa tahu rezekimu berada di bisnis online ini kamu dapat membuka bisnis offline. Dan siapa yang tahu pkerjaan ini menjadi pekerjaan utama kamu hehe.

2. Freelance bisa dapat jadi alternatif loh!!

pekerjaan tambahan kedua
alternatif penghasilan buat kamu

Freelance itu ialah pekerjaan di part-part tertentu yang dapat dikerjakan oleh SDM diluar perusahaan. Freelance ada banyak sifatnya, ada freelance editor, freelance menjadi data analyst. Freelance ini biasanya memiliki rentang waktu yang sudah ditentukan oleh perusahaan dan sesuai dengan perjanjian terdahulu yang sudah disepakati.

Informasi dari freelance ini dapat kamu peroleh dari orang dalam perusahaan. So guys boleh kamu menghubungi kembali teman-teman kamu di berbagai perusahaan untuk mengetahui informasi tersebut, tapi jangan hubungi mantan ya nanti keterusan hehe *just kidding. Selain itu, kamu juga dapat memperoleh informasi tersebut di Instagram @sarjanavolunteer.

3. Fotografer Freelance

Sekarang sedang menjadi trend untuk mengabadikan moment-moment berharga dalam hidup, contohnya pra wedding photo, wedding, pengajian 4 bulanan kehamilan, abadikan moment persalinan sang buah hati, sampai dengan sesi foto bayi. Tentu saja hal ini menjadi peluang bisnis baru bagi mereka yang jeli terhadap peluang.

Apakah hobi kamu adalah seorang fotografer? Kalau tadi kita membicarakan tentang menjadi freelance kantoran, ini freelance yang berkaitan dengan hobi kamu. Buat kamu yang memiliki hobi fotografi, kamu bisa menjadi atau coba-coba fotografer panggilan loh. Bagaimana caranya? Kamu dapat menghubungi perusahaan jasa studio lokal brand yang sekarang, seperti diamotret, dierrabachir, dll.

Atau yang lebih menarik lagi, kamu dapat mengiklankan sendiri jasa usaha motretmu melalui sosial media yang kamu punya. Misalnya bagi temen kamu yang memiliki usaha online dan memerlukan foto produk, naah disini kamu dapat mengambil peluang untuk menjajaki pekerjaan tambahan. Enak bukan melakukan pekerjaan sesuatu hal yang kamu suka, bermanfaat untuk orang lain, dan dibayar? hehe.

4. Guru Les Privat = Pekerjaan yang kamu bisa belajar dan dapat uang tambahan gais

Gais, bagi kalian yang di lingkungan rumah terdapat banyak sekali anak kecil, naah ini dapat menjadi peluang tersendiri. Kamu dapat membuka jasa les privat bagi anak-anak kecil. Kamu tahu paling enak biasanya mengajari anak-anak sd, karena juga pelajarannya yang belum terlalu kompleks. Tapi gais jangan lupa memberikan dengan cara yang kreatif karena perkembangan zaman sekarang menjadikan anak-anak sekarang lebih kritis dan kreatif. Cocok juga untuk kamu para mahasiswa yang memiliki waktu lebih banyak menganggur pada sore hari, karena pada sore atau malam ini anak sd biasanya sudah memiliki waktu free.

Apalagi buat kmau yang suka dengan anak kecil, wah pekerjaan ini ga akan membuat bosan kamu selama berjam-jam di setiap harinya.

5. Barista juga oke loh gais

Kopi Kenangan, Kopi Janji Jiwa, Fore Coffee, Kopi Bawah Tangga, Kulo, dan juga Stuja yang merupakan usaha kopi yang sekarang ini mewarnai industri kopi Jakarta khususnya. Setiap coffee pastinya membutuhkan seorang barista. Seorang barista ini biasanya akan selalu di latih terlebih dahulu. Jadi jangan khawatir kalau kamu tidak dapat meracik kopi sebelumnya. Kamu selain akan mendapatkan penghasilan tambahan, kamu juga akan dapat ilmu dan keahlian baru.

 

Nah gais, gimana gais? Apakah salah satunya adalah sesuai dengan passion dan bakat kamu?? Jangan khawatir gais karena ada lagi pekerjaan tambahan yang dapat kamu kerjakan di artikel Pekerjaan Tambahan yang Dapat Kamu Lakukan Selain Menjadi Karyawan part 2. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu dan keep moving gais hehe.