Beranda Pendidikan Model United Nations (MUN) atau Simulasi Sidang PBB

Model United Nations (MUN) atau Simulasi Sidang PBB

171
0
BERBAGI

“Model United Nations”

Hallo masih bersama Mr. Hart.

Kali ini kita akan membahas mengenai Model United Nations yang kali ini sedang populer di Dunia.

Model United Nations (MUN)
Model United Nations (MUN) kegiatan paling populer di Dunia.

Pengertian

Model United Natations (MUN) adalah salah satu kegiatan bergengsi di Dunia. Didalam kegaiatan Model United Nations sendiri adalah sebuah simulasi perdidangan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Simulasi ini adalah salah satu simulasi layaknya para tokoh PBB sedang membahas dan memutuskan suatu permasalahan. Model United Natations (MUN) biasanya dilakukan oleh para tokoh-tokoh berpengalaman dunia maupun para pelajar dunia. Materi yang ada didalam MUN sendiri biasanya mendiskusikan mengenai politik, sosial, kemanusiaan, dan segala hal yang ada di Sustainable Development Goals.

Model United Natations (MUN) adalah kegiatan bergensi tingkat Internasional yang dimana kegiatan itu daapat dikategorikan menjadi 3. Kategori tersebut antara lain adalah International Model United Natations (MUN), Regional Model United Natations (MUN) dan National (lokal) Model United Natations (MUN). International MUN dilakukan secara global, Regional MUN dilakukan dalam taraf benua dan national MUN dalam taraf nasional.

Didalam melaksanakan Model United Natations (MUN) harus menggunakan bahasa Internasional yaitu bahasa Inggris dan ini wajib. Penulis memandang bahwasanya tidak pernah diketahui penggunaan bahasa selain bahasa inggris dalam melaksanakan Model United Natations (MUN). Karena mereka para delegasi dituntut untuk dapat memberikan solusi dari permasalahan Internasional. Oleh karenanya, belajar baHasa Inggris adalah sebuah keharusan untuk dapat mengikuti kegiatan ini.

Baca Juga : Minutasi Didalam Pengadilan

Minutasi Didalam Pengadilan

 

Manfaat Model United Natations (MUN)

Pada umumnya, peresmian dalam menyelengarakan Model United Natations (MUN) ini telah dinilai banyak manfaat yang didapatkan. Berikut penulis sampaikan beberapa manfaat dari simulasi sidang Model United Natations (MUN) :

(1) Solusi permasalahan global.

Sustainable Development Goals (SDGs)
Sustainable Development Goals (SDGs) adalah salah satu program PBB dalam kurun waktu sampai 2030.

Program Perserikatan Bangsa-bangsa sampai pada tahun 2030 adalah Sustainable Development Goals (SDGs). Prgoram pembangunan berkelanjutan ini telah dirilis dan ditargetkan oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) atau dapat disebut United Nations. Program SDGs ini ditargetkan sampai batas kurun waktu sampai 2030. Dalam peranan diselengarakan program simulasi persidangan PBB adalah salah satunya untuk target ini. Model United Natations (MUN) bertujuan untuk mencari solusi dari permasalahan global ini melalui diskusi simulasi persidangan PBB. Solusi tersebut nantinya akan dapat dijadikan pertimbangan oleh para dewan PBB dalam mengambil  tindakan untuk menyelesaikan target 2030 tersebut. Oleh karenanya, penulis berpendapat bahwasanya kegiatan ini adalah salah satu kegiatan terpenting berkelas internasioanl. Kegiatan ini dapat diikuti oleh para profesional dan para pelajar yang berintelektual bagus.

(2) Networking / Connections.

Connections
Koneksi adalah salah satu hal terpenting dalam kehidupan

Tidak dapat dipungkiri, dalam melakukan kegiatan berkelas Internasional maka kita akan mendapatkan koneksi global. Koneksi tersebut dapat kita gunakan dalam mengembangkan diri maupun dalam kepentingan lainnya. Dalam menjalin koneksi antar latar belakang, maka kita diharuskan dapat berkolaborasi dengan baik. Hal ini penting dalam mengembangkan dan memperkuat koneksi kita terhadap orang-orang yang berlatar belakang berbeda secara global.

(3) Mengembangkan diri.

Model United Natations (MUN) adalah kegiatan simulasi persidangan United Nations PBB. Oleh karenanya, para delegasi dalam mengikuti kegiatan tersebut haruslah mempunyai pengetahuan dan resolusi yang cukup baik. Para delegasi nantinya akan dihadapkan oleh problematika global dan juga perdebatan antar delegasi dari negara – negara yang ikut serta MUN tersebut. Karena berlatar belakang berbeda, para delegasi dapat memperhatikan tata cara orang dari negara lain daam berargumen dan mencari solusi. Penulis berpendapat disitulah letak untuk dapat mengembangkan diri. Melalui kolaborasi dalam mencari solusi dan trobosan untuk dapat membantu menyelesaikan permasalahn global.

Council dalam Model United Natations (MUN)

council mun
Council of Model United Nations (MUN)

Council dapat disebut juga sebagai dewan yang mewakili negara. Disini para delegasi nantinya akan diberikan Council (negara bagian) yang nantinya akan diwakili oleh para delegasi dalam melakukan proses persidangan. Council ini diberikan oleh panitia secara acak dalam proses pembukaan Model United Natations (MUN). Setelah mendapatkan council, para delegasi diharuskan dan diwajibkan untuk dapat mengerti problematika yang ada di Negara yang ditanganinya. Untuk itu para delegasi diharuskan mencari informasi sebanyak mungkin terhadap negara yang diwakilinya tersebut.

Setelah para delegasi menemukan problematika, selanjutnya para delegasi harus mempelajari problematika tersebut. Didalam proses simulasi persidangan di Model United Natations (MUN) nantinya problematika tersebut dipaparkan dan dicarikan solusi. Solusi tersebut nantinya dapat dilakukan negosiasi secara bersama dengan para delegasi MUN lainnya.

Macam-macam Council Model United Natations (MUN)

(1) World Health Organization (WHO).

Berperan dalam upaya – upaya untuk menjamin kesehatan global dan mencari solusi mengenai permasalahan penyakit pada masyarakat global.

(2) United Nations High Commissioner for Refugees (UNCHR).

Badan organisasi ini menangani mengenai pengungsi global terhadap penindasan yang dilakukan oleh negaranya atau karena perang.

(3) United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. (UNESCO).

Fokus badan organisasi ini adalah untuk dapat mengembangkan kualitas pendidikan, keilmuan dan kebudayaan yang ada dimasyarakat global.

(4) World Trade Organization (WTO).

Salah satu organisasi perdagangan dunia dibawah naunggan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Organisasi ini mengupayakan untuk dapat menjaga kestabilitas dalam perdagangan dunia.

(5) Internasional Organization for Migration (IOM).

Badan organisasi dunia ini sangat berperan penting dalam menjalin hubungan bilateral. Pasalnya, organisasi menaungi dan mengatur regulasi mengenai migrasi.

(6) International Monetary Fund (IMF).

Organisasi PBB ini beroprasi dan mengatur sistem keuangan global. Hal ini penting supaya tidak mengakibatkan kecurangan antar negara. Disamping itu dapat mencegah inflasi negara yang bersangkutan terhadap perkembangan ekomomi global.

(7) Internasional Labour Organization (ILO).

Organisasi ini menaungi kebijakan-kebijakan mengenai buruh kerja. Supaya nantinya dapat dijadikan sebagai pelindung terhadap diskriminisasi.

Penghargaan Model United Natations (MUN)

Dalam melaksanakan kegiatan simulasi sidang PBB melalui Model United Natations (MUN) pasti terdapat penghargaan didalamnya. Penghargaan tersebut dapat penulis paparkan sebagai berikut ;

  1. Best Position Paper.
  2. Most Outstanding Delegate.
  3. Best Delegate.
  4. Best Speaker.
  5. The Honorable Mention.
  6. Diplomatic Commendation.
  7. Best Costume.
  8. dan lain sebagainya.

Tersebut diatas adalah beberapa penelasan mengenai Model United Natations (MUN). Penulis berharap nantinya para pembaca dapat mengikuti kegiatan Model United Natations (MUN) tersebut. Lebih lanjut generasi milenial harus mempunyai resolusi dan mengubah dunia.

Terimakasih,

Best Regards.

There are endless things beyond what we can see, open your mind.


Mr. Hart


 

Komentar dengan facebook