Beranda Bisnis Mengenal Coworking Space untuk Diskusi Lebih Dalam

Mengenal Coworking Space untuk Diskusi Lebih Dalam

267
0
BERBAGI
Coworking Space

Mengenal  coworking space lebih dalam? Kenapa tidak? Karena istilah coworking space ini lumayan menjamur di Indonesia. Sobat Abisnis yang Milenials tentunya kalian tahu istilah tersebut, saat ini coworking space memang tengah digandrungi oleh generasi muda. Ruang kerja yang nyaman dengan akses internet cepat serta flexi time yang diberikan membuat kita generasi milenial tentu merasa asik untuk mengeksplor kemampuan kita tanpa harus menghadapi tekanan dari atasan secara langsung.

Coworking space yang pertama kali berdiri bernama Schraubenfabrik di Wina, Austria pada tahun 2002. Sedangkan di Indonesia konsep coworking space yang berdiri pertama kali adalah Hackerspace. Hackerspacepertama kali diperkenalkan di kota Bandung pad tahun 2010, baru kemudian muncul di kota-kota lain seperti Surabaya, Jakarta, Yogyakarta, dan beberapa kota besar lainnya.

Apa itu Coworking Space? 

Coworking space menurut wikipedia disebut juga sebagai ruang kerja bersama. Tempat kerja bersama ini mengusung konsep open space atautransparancy. Konsep ini mampu membuat interaksi antar individu lebih aktif dalam berinteraksi karena berasal dari latarbelakang bisnis yang berbeda beda. Sebagian besar start up foundersering menyewa coworking spacesebagai tempat kerja mereka sehingga mampu bertukar pikiran satu sama lain. Selain itucoworking space ini juga dapat dimanfaatkan oleh para freelanceratau pekerja yang memang tidak diwajibkan untuk hadir di kantornya seperti para pekerja pada umumnya.

Apakah coworking space hanya tempat kerja bersama yang menyediakan jaringan internet cepat? 

Pada umumnya fasilitas itu memang ditawarkan oleh coworking space. Mengenal Coworking space lebih dalam dibutuhkan bagi kamu freelancer atau pekerja belum memiliki kantor sendiri. Coworking space ini dihadirkan dengan tujuan untuk meningkatkan kerjasama atau ajang berkolaborasi antar individu sehingga memungkinkan para penyewanya untuk berinovasi. Tata ruangan coworking spacepun dibuat berbeda dengan kantor pada umumnya. Hal ini menjadi pertimbangan bahwa ruang kerja harus mampu memacu kreativitas dan produktivitas dari pekerja di dalamnya. Sehingga pada beberapa working space yang menyediakan pantry di dalamnya, ataupun kafe sebagai ruang kerjanya.

Mengapa bekerja di coworking space? 

Coworking space dibuat agar pekerja selaku penyewa jasa, dapat bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang profesional. Hal ini tentu pula dimanfaatkan untuk saling berbagi, bekerjasama, dan menciptakan sebuah peluang.

Konsep ini tentunya mampu menghemat biaya dari pengembangan bisnis kita, karena biaya sewa tempat yang lebih murah. Coworking space biasanya juga menawarkan tempat untuk saling bertukar pendapat sehingga dapat mengakomodasi biaya yang dikeluarkan dari seminar-seminar yang perlu dihadiri. Tempat kerja ini juga ada yang menerapkan konsep kafe atau restoran sehingga mampu menekan biaya yang kita harus keluarkan untuk itu.

Apa saja coworking space yang terdapat di Indonesia?

Mengenal Coworking Space Lebih Dalam (EV Hive)

EV Hive yang saat ini mengubah namanya menjadi COCOWORKyang diambil dari kata community, collaboration, dan work telah memiliki 21 coworking space yang tersebar di Jakarta dan Medan. Tema yang diusung desain yang cenderung colorful sehingga mendukung kesan yang enerjik.

Hubud

Hubud adalah coworking spaceyang terletak di pulau dewata, Bali. Tempat kerja bersama ini mengusung tema yang lebih menyatu dengan alam. Desin ruangan yang didominasi oleh bambu dan terletak di pinggir sawah semakin menguatkan kesan tersebut. Coworking spaceini juga sudah terkenal di dunia internasional.

CO & CO

Coworking space yang terletak di kota Bandung ini memiliki lokasi yang strategis. Lokasinya yang berada di daerah Dago sehingga cukup strategis untuk berjalan kaki. Tidak hanya itu, tempat kerja bersama ini juga dikelilingi oleh banyak tempat nongkrong yang seru dan kafe yang terdapat di daerah sekitarnya.

Mengenal Coworking Space Lebih Dalam (SubCO)

SubCO terletak di Surabaya. Desain coworking space ini dirancang sekreatif mungkin supaya tercipta suasana yang nyaman bagi kita yang bekerja dibidang kreatif. SubCO juga menawarkan ruangan yang disediakan untuk kelompok ataupun sendiri.

Mengenal Coworking Space Lebih Dalam (Impala Space)

Coworking space yang terletak di Kota Lama, Semarang ini menyajikan pemandangan bangunan-bangunan tua yang terlihat begitu cantik. Tempat ini menyediakan akses WiFi berkecepatan tinggi, ruang meeting, ruang konferensi, ruang baca, ruang refreshing, mesin print, photocopy, area loker, dan pantry hingga free flow minuman.

Untuk itu, perlu sobat Abisnis sadari, bahwa adanya coworking space tentu memudahkan kita dalam melakukan pekerjaan. Hal ini dapat membantu kita untuk mencegah terlantarnya pekerjaan yang telah diamanahkan kepada kita. Dengan adanya coworking space, maka tidak menyebabkan pekerjaan kita terbengkalai, sehingga hak-hak kaum muslimin ataupun masyarakat secara umum dapat terlaksana seperti seharusnya.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Komentar dengan facebook