Beranda Pendidikan Mengenal Cara Persalinan Hypnobirthing

Mengenal Cara Persalinan Hypnobirthing

223
0
BERBAGI
Ibu yang harus rileks dalam menghadapi persalinan
Ibu yang sedang tenang menunggu persalinan

Anda tahu Hypnobirthing? Selama ini melahirkan merupakan proses kehidupan yang luar biasa menyakitkan. Setidaknya di dalam benak semua orang hanya ada dua opsi proses melahirkan yaitu normal dan melalui operasi caesar. Semua proses sejatinya adalah sama, perjuangan untuk melahirkan insan yang baru ke dunia. Namun, tahukah Anda, bahwa saat ini ada treatment yang sangat didukung oleh dunia kedokteran.

Ya, Hypnobirthing. Sesuai namanya, hypnobirthing memiliki cara kerja yang menggunakan metode hipnotis. Tapi jangan takut dulu ya, hipnotis yang dimaksudkan disini adalah kata-kata motivasi atau terapi yang bertujuan agar sang Ibu relaks. Jika tubuh Ibu relaks, maka si anak pun juga relaks.

Menghadapi Persalinan

Sebenarnya rasa sakit yang selama ini dirasakan oleh Ibu berasal dari sistem kekebalan tubuh kita yang menurun. Sebabnya adalah ketika menghadapi hari persalinan, kebanyakan Ibu sering mengalami ketakutan yang berlebih. Akibatnya sangatlah kompleks, yang pertama otot-otot tubuh akan menjadi lebih tegang. Sistem tubuh kita memiliki zat yang dinamakan adrenalin, nah sobat Abisnis  jika merasa ketakutan atau khawatir yang berlebihan maka zat tersebut akan memenuhi tubuh kita. Bagi proses persalinan, adrenalin tersebut akan menghambat dan mengurangi aliran darah ke rahim dan sistem pencernaan. Karena adrenalin berhubungan erat dengan kinerja otot, maka otomatis aliran darah lebih dominan menuju otot-otot besar dalam tubuh.

Selanjutnya, aliran darah yang menuju ke rahim berkurang dan secara otomatis pula mengurangi performa rahim. Hal ini juga berakibat fatal karena membuat proses melahirkan semakin sulit dan oksigen untuk bayi di dalam rahim juga dapat berkurang. Itu sebabnya kita sering melihat Ibu melahirkan mengalami sakit yang luar biasa.

Mengapa harus hypnobirthing?

Namun sekarang sudah ada alternatif lain loh untuk Anda. Hypnobirthing dapat menjadi pilihan yang cerdas untuk persalinan masa kini. Cara kerjanya memiliki satu kunci yaitu “relaks”. Proses ini mementingkan kondisi rileks dan tenang dari sang Ibu. Tenang saja sobat Abisnis, metode ini sudah lazim dan didukung oleh ilmu kedokteran. Programnya pun sudah dapat dipersiapkan oleh bidan atau rumah sakit. Biasanya, bagi Ibu yang sudah merencanakan program Hypnobrithing ini akan melaksanakan latihan seminimalnya dalam usia kandungan 32 minggu. Latihan tersebut guna mempersiapkan mental Ibu saat persalinan nantinya.

Ibu yang menggunakan metode hypnobrithing dapat melakukan relaksasi sendiri ataupun dibantu oleh bidan yang kompeten atau bisa juga dibantu dengan suara alunan alam, musik klasik, atau video alam seperti tumbuh kembangnya sebuah bunga, dan lain-lain. Namun, cara yang paling efektif adalah sistem mindset Ibu yang memicu relaksasinya sendiri dengan cara mengingat kata-kata atau penyataan motivasi seperti “Jika saya rileks, bayi saya pun rileks” atau “bayi saya akan lahir dengan normal”, bisa juga dengan “bayi saya lahir tanpa paksaan”, dan kata-kata lainnya.

Metode ini diklaim sebagai metode yang aman dan minim resiko. Hal itu dikarenakan rileks yang dirasakan oleh Ibu juga akan dirasakan oleh sang anak di dalam rahim. Aliran darah pun akan lancar menuju rahim dan lebih menptimalkan otot-otot sekitar rahim. Kelahiran pun akan berjalan lancar dan lebih sedikit rasa sakit yang dirasakan Ibu meskipun membutuhkan waktu yang agak lama.

 

Nah, sobat Abisnis sangat bisa merekomendasikan metode ini kepada istri, anak, atau sanak saudara lainnya yang sudah menikah. Yang perlu diingat, metode apapun yang akan dilakukan sebaiknya konsultasi dahulu dengan dokter yang sesuai bidangnya ya.

 

Semoga bermanfaat.

Komentar dengan facebook