Menanam Selada dengan Teknik Hidroponik, Begini Kiatnya!

Menanam Selada dengan Teknik Hidroponik, Begini Kiatnya!

332
0
BERBAGI
Selada yang sudah siap dipetik

Sobat Abisnis.com pernah memakan tanaman selada? Bagaimana sih tips menanam selada itu? Dewasa ini, tanaman selada dibudidayakan dengan menggunakan teknik Hidroponik. Apabila ada yang belum tahu, Hidroponik merupakan teknik menanam di lahan sempit dengan hasil yang terukur dan maksimal serta menggunakan perawatan yang lumayan mudah.

Teknik atau konsep menanam buah atau tanaman tanpa tanah sejujurnya telah muncul sejak lama bahkan ribuan tahun lalu. Hal ini dibuktikan dengan adanya sebuah Taman Gantung di Babilonia dan Taman Terapung di China. Konsep Hidroponik mulai dikembangkan lagi pada tahun 1950. Hidroponik bahkan telah diaplikasikan oleh negara-negara besar dan maju, seperti, Jerman, Belanda, dan Australia yang memiliki tujuan untuk produksi tanaman pangan dan herbal.

Perlu Anda ketahui bahwa konsep hidroponik seyogyanya memiliki banyak kelebihan dibanding berkebun dengan tanah. Salah satunya adalah tanaman hidroponik dapat tumbuh 30-50 persen lebih cepat dari pada tanaman yang mengandalkan tanah sebagai media tanamnya. Hal ini tidak lain karena kandungan oksigen ekstra di media pertumbuhan pada hidroponik yang sangat membantu rangsangan sehingga bertumbuhnya akar lebih cepat. Dengan proses itu pulalah konsep hidroponik mampu membantu tanaman menyerap nutrisi dengan cepat. Selanjutnya, produk nutrisi yang diserap mudah tadi, dikirim langsung ke sistem akar sehingga energi untuk menemukan dan memecah makanan dapat fokus digunakan untuk tumbuh lebih cepat. Akhirnya mampu menghasilkan buah lebih banyak juga.

Selada merupakan tanaman yang bisa diterapkan dalam konsep hidroponik. Khasiat selada juga lumayan banyak. Dengan kandungan vitamin A, C, K, dan beragam mineral, mampu memberi manfaat pada tubuh seperti menjaga kesehatan kulit, meningkatkan sel darah merah, memelihara kesehatan mata, dan menjaga kepadatan tulang.

Berikut ini kiat-kiat yang harus diperhatikan untuk menanam selada mengunakan teknik hidroponik.

Sirkulasi udara harus diatur dengan tepat dalam menanam selada

Kebun hidroponik pada dasarnya memiliki ventilasi yang baik guna membantu tanaman Anda mendapatkan karbondioksida yang dibutuhkan dan mencegah pertumbuhan jamur atau bakteri. Jamur dan bakteri berbahaya bagi kelangsungan hidup tanaman di kebun hidroponik Anda. Oleh sebab itu, penting adanya sirkulasi udara yang diatur dengan tepat dan pas. Misalnya dengan membiarkan pintu atau jendela terbuka di dekat tanaman.

Apabila terlalu berisiko maka pertimbangkan untuk memasang ventilasi baru dengan difasilitasi kipas angin. Hal ini perlu Anda lakukan untuk menumbuhkan selada di ruang tertutup. Anda juga bisa memanfaatkan udara kipas angin di langit-langit, ataupun yang di lantai yang intinya mampu menciptakan sirkulasi udara yang baik di sekitar tanaman tersebut. Terakhir, taruh kipas angin dan tanaman di tempat yang agak rendah. Jangan terlalu tinggi.

Upayakan terhindar dari sinar matahari langsung

Kebun hidroponik di rumah juga jangan terlalu sering terpapar matahari yang menyengat. Kalau bisa hindari sinar matahari langsung. Hal ini bukan tanpa sebab, pasalnya Alga dan lumut cenderung berkembang dalam kondisi lembab dari kebun hidroponik. Kondisi yang lembab biasanya dikarenakan suhu udara di dalam rumah dan di luar berbeda secara signifikan.

Namun begitu, tanaman juga tidak akan bisa tumbuh tanpa sinar matahari langsung. Maka, Anda harus menggunakan cara berbeda yaitu dengan cara membuat selada Anda yang terkena sinar matahari langsung di siang hari, mulai ditambahkan dan dihiasi dengan ornamen yang memberi kesan warna hijau di atas tanaman untuk mematikan bibit alga. Atau bisa juga Anda buat tenda transparan khusus tanaman Anda di pekarangan.

Pastikan peralatan yang digunakan untuk menanam selada telah Steril

Ini merupakan hal yang paling penting, Yaitu jika Anda mengalami masalah dengan penyakit yang ditularkan melalui air, maka Anda harus membersihkan peralatan kebun hidroponik dengan larutan pemutih 2 persen atau pun pembersih lainnya. Hendaknya Anda membersihkannya sebersih mungkin agar kuman dan unsur penyakit yang ada akan hilang.

Selain itu, Anda juga perlu ingat untuk mensterilkan semua pot, waduk, reservoir, dan peralatan lain yang mengandung atau memasok air yang akan bersentuhan dengan tanaman. Semuanya perlu dilakukan dengan teratur dan teliti supaya hasil dari tanaman yang ditanam juga mendekati sempurna atau ideal.

 

Sobat Abisnis.com, dari beberapa banyak tanaman yang cocok dibudidayakan menggunakan metode hidroponik, memang tak bisa dipungkiri bahwa sayuran berdaun menjadi yang paling berpotensi untuk dibudidayakan. Hal tidak lain karena kebun hidroponik menghasilkan tanaman yang dapat tumbuh dengan cepat. Selain itu, kelebihannya juga tidak makan tempat dan ringan. Jadi, sayuran berdaun amat cocok untuk kondisi tersebut.

Nah, Anda yang ingin menanam selada atau lettuce ini di rumah, baik untuk dikonsumsi pribadi atau dijual sebagai campuran salad bersama dengan microleaf atau babyleaf, serta hamburger. Hendaknya memperhatikan kiat-kiat di atas. Kalian yang tertarik dengan teknik hidroponik, tidak ada salahnya mulai sekarang menanam selada lho!

Semoga bermanfaat.