Beranda Tidak Ada Ketegori Manfaat Lain Wijen, Selain untuk Penghias Makanan.

Manfaat Lain Wijen, Selain untuk Penghias Makanan.

45
0
BERBAGI

Wijen adalah biji-bijian rempah-rempah yang dihasilkan oleh alam. Tanaman yang berasal dari Afrika pada tahuan 1600 an SM dan terkenal sebagai perhasil minyak nabati yaitu minyak wijen. Biji wijen biasanya terkenal sebagai perhias makanan seperti onde-onde, toping pada sushi, toping pada roti dan masih banyak lagi. Wijen memiliki dua jenis yaitu wijen putih dan wijen hitam.

distributor wijen

Wijen Putih

Wijen putih memilik kandungan lemak nabati yang tinggi sehingga wijen jenis ini lebih banyak digunakan untuk bumbu tambahan masakan seperti kue tradisional dan berbagai hidangan oriental yang membutuhkan wijen sebagai bahan tambahan.

Wijen Hitam

Wijen hitam memiliki kandungan zink yang tinggi sehingga wijen jenis ini lebih banyak digunakan untuk minyak wijen dan bahan tambahan kecantikan. Menurut penelitian wijen hitam dapat digunakan untuk menutrisi rambut supaya rambut lebih hitam dan kuat. Selain itu dapat digunakan untuk perawatan wajah seperti masker untuk mengecilkan pori-pori, menjaga kelembaban kulit dan mengurangi minyak yang berlebih.

Dua jenis wijen tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Fungsi dari keduannya juga jauh berbeda. Selain itu, tidak banyak diketahui ternyata biji wijen memiliki manfaat khusus di bidang kesehatan, seperti:

Melancarkan sistem percernaan

Biji wijen mengandung 3,5 gr serat yang berperan untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker tertentu. Serat tersebut juga dapat digunakan untuk melancarkan BAB (Buang Air Besar). Selain buah pepaya, biji wijen juga dapat menanggulangi kesusahan BAB sehingga sistem percernaan tetap stabil.

Menurunkan kolesterol

Biji wijen mengandung 15% lemak jenuh, 41% lemak tak jenuh ganda, dan 39% lemak tak jenuh tunggal. Menurut penelitian bahwa lemak tak jenuh ganda dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol tubuh. Biji wijen juga memiliki kandungan gula yang rendah sehingga tidak akan meningkatkan kolesterol, jika dikonsumsi setiap hari.

Mencegah penyakit kanker

Biji wijen memiliki kandungan vitamin, mineral, anti-karsinogenik, dan kandungan fitat. Kandungan-kandungan tersebut dapat mencegah penyakit kanker. Anti-karsinogenik akan membatu melindungi tubuh dari sel-sel kanker yang siap menyerang.

Membantu proses penyembuahan penyakit diabetes

Biji wijen memiliki kandungan zat magnesium yang cukup banyak sehingga biji wijen dapat digunakan untuk penyembuhan penyakit diabetes dengan mengatur insulin dan kadar glukosa yang ada pada tubuh.

Mengobati peradangan pada sendi, otot dan tulang.

Biji wijen memiliki kandungan tembaga yang tinggi sehingga sering digunakan untuk penyampuran obat-obatan untuk peradangan pada sendi, tulang, dan otot selain itu dapat untuk memperkuat dinding pembuluh darah. Sehingga dapat menyembuhkan luka dengan cepat, apalagi luka memar atau lecet menggunakan minyak wijen.

Ada pula cara memasak wijen dengan baik dan benar yaitu dengan cara dipanggang dan disangrai, hal ini supaya biji wijen tidak pecah dan hasilnya akan matang sempurna. Namun ada pula efek samping jika mengkonsumsi wijen secara berlebihan contohnya, badan akan terasa tidak nyaman karena biji wijen yang dikonsumsi berlebihan akan menimbulkan kalori dan lemak jenuh yang mengendap dalam tubuh.

Tidak sulit untuk menemukan tempat jual wijen jika ingin menikmati manfaat kesehatan dari biji wijen, ada beberapa pabrik yang menjual wijen seperti pabrik PT. Karya Baru Indonesia yang hampir 30 tahun menjadi supplier wijen dan distributor wijen ke seluruh Indonesia. Perusahaan ini terletak di Jl. Pisangan Lama Selatan-Pasar Induk CIpinang – Blok HB 34 – Jakarta Timur. Wijen yang dihasilkan adalah wijen putih dengan kualitas yang tinggi dan berasal dari sumber daya alam pilihan yang ada di Indonesia.

Komentar dengan facebook