Beranda Gaya Hidup Alasan Mengapa Management Trainee Menjadi Primadona Bagi Fresh Graduate

Alasan Mengapa Management Trainee Menjadi Primadona Bagi Fresh Graduate

102
0
BERBAGI

Alasan Management Trainee Menjadi Primadona Bagi Fresh Graduate

Management trainee program
Management trainee primadona fresh graduate

Management trainee atau yang biasa disebut dengan MT merupakan sebuah jalur khusus yang diperuntukkan fresh graduate yang ingin ‘sampai’ di posisi tertentu pada sebuah manajerial perusahaan. Ini merupakan salah satu alasan mengapa management trainee masih menjadi ini menjadi sebuah incaran tersendiri bagi para fresh graduate.

Setelah lulus dari status mahasiswa, para fresh graduate sebagian besar mencoba melanjutkan hidupnya dengan melamar pekerjaan. Tentunya saja perusahaan prioritasnya adalah perusahaan yang sesuai dengan jurusan pada saat kuliahnya. Pada umumnya freshgraduate ini yang baru pertama kali kerja akan berada di posisi staf atau entry level.

Namun, hal ini tidak berlaku pada mereka (fresh graduate) yang melamar pada posisi management trainee pada sebuah perusahaan. Tahukah anda sebenarnya bukan hanya fresh graduate yang membutuhkan pekerjaan di posisi tersebut, akan tetapi perusahaan juga memiliki alasan mengapa membuka posisi tersebut untuk perusahaannya karena secara logika perusahaan harus melakukan ‘effort’ yang lebih terhadap program ini.

Adapun alasan perusahaan membuka posisi management trainee adalah perusahaan berharap memiliki kader yang kompeten untuk dapat memimpin perusahaan tersebut mendatang. Selain itu, sebagai fresh graduate, perusahaan menjadi lebih leluasa untuk membentuk karakter SDM sesuai dengan DNA perusahaan. Penasaran kan sebenarnya apa yang membuat management trainee menjadi favorit bagi fresh graduate?

Management trainee
Alasan Management trainee menjadi favorit bagi Fresh graduate

1. Management Trainee Memiliki Jalur Karir yang Lebih Pasti

Bedanya management trainee dengan entry level seperti kebanyakan fresh graduate melamar di peruasahaan terletak di jalur karir. Sebenarnya para entry level atau staf berpeluang untuk promosi atau naik jabatan, akan tetapi tidak ada yang dapat memastikan rentang waktu promosi tersebut, tergantung dari performa dan kebijakan atasan masing-masing perusahaan. Pastinya kamu tidak suka bukan dengan ketidakpastian?

Management trainee memiliki kesempatan untuk menjabat pada posisi strategis dimana posisi tersebut dapat lebih tinggi dari level staff biasa. Selain itu, seorang MT ini juga tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi lagi dari sebelumnya. Tentunya kamu harus masuk terlebih dahulu menjadi seorang management trainee.

2. Management trainee digaji untuk Belajar

Siapa yang tidak ingin diberi ilmu sebanyak-banyaknya dan juga di gaji setiap bulannya untuk belajar? Jika kamu menjadi seorang management trainee kamu akan berkesempatan mempelajari banyak sekali berkaitan dengan proses bisnis perusahaan kamu. Apabila kamu seorang management trainee general, kamu akan belajar beberapa departemen yang terkait didalamnya. Sedangkan bila kamu adalah seorang MT departemen yang spesifik (contoh: MT Sales, MT HR, dan MT Finance) kamu akan mempelajari departemen tersebut secara lebih mendalam.

Mengapa seoarang management trainee belajar ka? Nah, masih ingat bukan salah satu alasan perusahaan membuka posisi management trainee ini salah satunya untuk membentuk karakter SDM nya sesuai dengan DNA (etos kerja) perusahaan masing-masing. Lagi-lagi hal ini dilakukan karena kamu adalah calon pemimpin di perusahaan tersebut.

Kamu calon management trainee atau yang sudah menjadi MT seharusnya dapat menjadi lebih bersyukur karena tidak semua orang berkesempatan untuk belajar hal yang baru dan juga digaji. Sekali lagi, tidak akan kamu dapat mewujudkannya kecuali kamu bukan seorang management trainee di suatu perusahaan 🙂

3. Belajar sesuai minat dan bakat

Seperti yang saya bilang sebelumnya bahwa perusahaan memiliki sistem learning and development terhadap MT yang berbeda-beda, ada yang general atau sudah spesifik. Apabila kamu seorang MT general (belum spesifik departemennya pada saat kamu melamar), perusahaan akan menilai sesuai dengan minat dan bakat kamu. Seperti pepatah bilang “right man in the right place” hal tersebut menggambarkan kondisi ini.

Pastinya ketika kamu disuguhkan dengan sesuatu yang kamu minta dan kamu sudah ada bakat di dalamnya, kamu akan lebih senang bukan mengerjakannya? Kamu pun dapat berdiskusi bagian dan peran mana yang lebih kamu kuasai, dengan begitu kamu dapat bekerja lebih senang dan tenang.

Apabila kamu seorang management trainee yang sudah spesifik ( MT HR, MT Sales, MT Finance, MT Supply Chain) kamu dapat melakukan riset atau pendalaman terhadap departemen tersebut. Sehingga kamu dapat menguasainya dan senang bekerja di departemen yang kamu pilih pada saat melamar kerja.

4. Management Trainee Diajarkan Banyak hal, Terutama Tentang Leadership

Alasan lainnya adalah management trainee diajarkan banyak tentang leadership. Tentunya karena kamu dirancang untuk menjadi pemimpin perusahaan, maka kamu harus memiliki sikap kepemimpinan itu.

Misalnya saja belajar dalam mengarahkan dan mengajarkan orang lain, bekerja dalam tekanan, membuat keputusan dengan cepat dan tepat, kemampuan berpikir out of the box, dan juga kemampuan bekerja sama dengan tim.

Hal ini dapat diajarkan langsung oleh supervisor atau coach mu pada saat kamu in class training atau OJT (on the job training). Lagi-lagi kamu disini belajar tapi digaji bukan? 🙂

5. Management Trainee Diajarkan Tentang Kemampuan Bekerja Sama dalam Tim

Menjadi seorang management trainee itu juga berarti kamu siap untuk mengembangkan skill bekerja sama dalam tim. Pertama, kamu akan kerja sama dalam satu tim angkatan sesama management trainee. Biasanya seangkatan tidak banyak sekitar belasan sampai dua puluh-an orang. Nah, pengembangan skill work in team kamu mulai terasah disini.

Kedua, pada saat kamu memasuki tahap OJT (on the job training) kamu akan bekerja sama dengan departemen yang terkait dengan project kamu. Keahlian kamu akan semakin berkembang tentang bagaimana kamu dapat memperoleh informasi yang kamu butuhkan dengan cara kerja sama dengan SDM yang berada di departemen yang kamu butuhkan.

Nah bagaimana teman-teman menarik bukan? Management trainee dapat menjadi pilihan kamu loh untuk menjadi first job. MT ini juga memiliki manfaat yang sayang untuk kamu lewati. Semoga artikel ripytime kali ini dapat bermanfaat, dan selamat berjuang.

Komentar dengan facebook