Beranda Gaya Hidup 5 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mendaki Gunung

5 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mendaki Gunung

211
1
BERBAGI

Mendaki gunung merupakan kegiatan yang sedang marak dilakukan banyak orang. Banyak yang melakukannya hanya untuk sekedar refreshing namun banyak juga yang melakukannya memang karena hobi.

Tapi tetap harus diingat kalau mendaki gunung merupakan kegiatan yang tergolong beresiko tinggi, karena itu kita sering kali mendapat berita soal pendaki yang mengalami berbagai kejadian tidak menyenangkan. Mulai dari terkilir, keseleo, tersesat, bahkan tidak sedikit juga yang harus merenggang nyawa disana. Biasanya orang yang mengalami hal-hal seperti itu melakukakan sesuatu yang tidak seharusnya dilakukan ketika mendaki.

Karena itu Untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan ketika sedang mendaki berikut adalah Hal-Hal yang tidak boleh kamu lakukan ketika kamu mendaki gunung

1.Meninggalkan Teman Mu Sendirian

Mendaki gunung merupakan kegiatan dimana kita harus bisa mengendalikan ego kita sendiri dan tidak egois, dimana kesetiakawanan kita diuji. Seringkali ketika mendaki bersama-sama ada anggota tim yang kelelahan atau sakit sehingga tidak bisa berjalan secepat yang lain atau ada juga yang tidak bisa melanjutkan pendakian menuju puncak dan harus menunggu di camp.

Ketika hal-hal itu terjadi jangan sekali-kali kamu meninggalkan teman mu yang sedang kelelahan atau sakit sendirian. Harus ada anggota tim yang tinggal bersama dia untuk menjaga atau merawatnya dan mencegah kejadian yang tidak diinginkan seperti tersesat, hipotermia, dll.

Akan berbahaya jika kita meninggalkan dia sendirian karena ketika tubuh sedang dalam keadaan drop maka konsentrasi diri dan kesadaran akan berkurang. Sehingga dapat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Memaksakan Pendakian Ketika Cuaca Buruk

Meskipun sebelum mendaki kita sudah memantau cuaca terkini melalui ramalan cuaca  namun tetap saja kita tidak bisa memprediksi cuaca karena cuaca adalah kehendak tuhan.

Baca: Tipe Liburan Seseorang Yang Memiliki Manfaat

Ketika sedang berada di pertengahan jalan terjadi hujan besar atau badai ,usahakan untuk berteduh dulu ke pos yang tersedia. Namun jika pos yang disediakan masih jauh kita bisa menepi ke jalur yang aman dan berlindung dibawah pohon (pastikan pohon yang masih kokoh untuk meminimalisir kemungkinan pohon roboh terkena angin) atau dirikan tenda.

Karena ketika cuaca buruk maka jarak pandang akan berkurang dan menyulitkan kita untuk memastikan arah dan jalan yang kamu lalui akan menjadi sangat licin. Salah-salah kamu malah bisa tersesat atau terpeleset, bahkan sudah banyak kejadian terpeleset jatuh ke jurang karena sulitnya memastikan langkah kita. Namun jika kamu bersikeras untuk tetap melanjutkan perjalanan maka pastkan anggota tim mu tidak ada yang terpisah. Gunakan ponco yang tebal Selain itu perhatikan langkah kakimu agar tidak terpeleset dan pastikan jalur yang kamu lalui itu memang jalur yang benar Karena otomatis jarak pandang akan terganggu ketika cuaca buruk

3. Tidak  Jujur Akan Kondisi Tubuhmu

Ketika kondisi mu memang tidak fit atau sakit maka sebaiknya kamu bilang ke anggota tim mu dan tidak memaksakan diri.  Seringkali ada orang yang tidak jujur akan kondisi tubuh nya karena takut akan merepotkan orang lain namun ketika akhirnya ia drop justru akan lebih merepotkan orang lain.

4. Membawa Persediaan Air Berlebihan atau Terlalu sedikit

Cairan tubuh banyak berkurang ketika kamu beraktivitas terutama ketika mendaki. Karena itu pastikan kamu membawa cukup persediaan air untuk memastikan tubuh mu tetap fit dan tidak kekurangan cairan.

Sebelum mendaki pastikan bagaimana sumber air di tempat yang kamu tuju, jika memang banyak terdapat sumber air maka kamu tidak perlu membawa banyak air agar beban yang kamu bawa tidak terlalu berat, namun jika memang hanya tersedia sedikit sumber air maka bawalah air sedikit lebih banyak agar tubuhmu terhindar dari dehidrasi

5. Membawa Perbekalan Yang Mudah Basi

Selain cairan tubuh, makanan adalah salah satu hal yang paling penting agar kita bisa tetap fit dan bertenaga. Ketika mendaki kamu dituntut untuk membawa makanan secukupnya dan harus mengatur bagaimana makanan yang kamu bawa cukup untuk perjalanan , selain itu yang harus kamu perhatikan adalah ketahanan dari makanan yang kamu bawa.

Jangan asal ketika memilih makanan yang akan dibawa. Bawalah makanan yang memang tahan lama dan tidak mudah basi. Pilih makanan yang tahan lama seperti makanan kaleng yang memang tidak mudah basi namun gizi nya juga cukup.

Sekian beberapa tips agar kamu tetap safety ketika mendaki. Ingat mendaki gunung bukan tentang kamu berhasil mencapai puncak tapi tentang bagaimana kamu bisa kembali pulang dengan selamat.

Komentar dengan facebook

1 KOMENTAR

Comments are closed.