Beranda Gaya Hidup Kerja Tambahan yang Dapat Kamu Lakukan Selain Menjadi Karyawan Part 2

Kerja Tambahan yang Dapat Kamu Lakukan Selain Menjadi Karyawan Part 2

45
0
BERBAGI

Kerja Tambahan yang Dapat Kamu Lakukan Selain Menjadi Karyawan Part 2

pekerjaan tambahan
penghasilan tambahan

Hallo generasi millenial dan generasi Z! Bagaimana hari-hari kerja atau kuliahmu? Pastinya kerja dan kuliah sesuatu hal yang menyenangkan namun juga membosankan. Tidak sedikit orang yang merasakan apa yang sedang kamu rasakan. Terkadang terlintas untuk menemukan pekerjaan tambahan untuk mencari suasan baru. Syukur-syukur apabila kita juga mendapatkan penghasilan tambahan dari hal tersebut.

Jika kamu adalah seorang karyawan yang sedang bekerja di suatu perusahaan baik itu negeri, BUMN, ataupun swasta sekalipun pasti pernah merasakan bosan. Terbesit juga ingin mendapatkan penghasilan tambahan karena tuntutan kehidupan yang semakin banyak namun bingung harus berbuat apa. Masalahnya kerja tambahan apa yang dapat di lakoni untuk mengdapatkan penghasilan tersebut??

Tak sedikit pula mahasiswa-mahasiswa sekarang yang sambil kuliah juga sambil kerja tambahan atau biasa dikenal dengan part-time. Selain juga ikut organisasi, belajar, part time ini rupanya menjadi kegiatan aktif yang dilakoni. Hal ini juga bermanfaat untuk mencari pengalaman dan juga biaya tambahaan kuliah yang tidak pula sedikit jumlahnya.

kerja hobi
hobimu apa kawan?

Jika berbicara tentang hobi, saya kira kamu punya sesuatu hal yang sangat digemari. Berbicara juga tentang hobi, tidak sedikit pelaku hobi yang menekuni menjadikan hal tersebut menjadi sumber mata pencaharian. Berawal dari hobi, para penulis, pelukis, penyanyi, sampai sutrada sekalipun merintis karirnya dengan menciptakan karya-karya. Karena dengan hobi, seseorang akan rela menghabiskan waktu selama berjam-jam dengan tidak mengeluh sedikit pun. Ini yang dinamakan cinta pekerjaan hiyaa hehe :).

Nah guys, apabila kamu sedang berada di kondisi tersebut, jangan khawatir karena kali ini artikel ripytime akan membagikan post tentang kerja tambahan yang dapat kamu lakukan selain karyawan dan juga mahasiswa (notabene nya adalah pekerjaan utamamu) PART 2. Baca juga : kerja tambahan yang dapat kamu lakukan selain karyawan dan juga mahasiswa PART 1

1. Kerja Tambahan Pertama = Penulis (Blog, Artikel, Puisi, Cerpen, Novel, Experience)

kerja sebagai penulis
A writer

Nah gais, siapa diantara kamu yang suka dengan menulis? Atau bahkan sering punya bakat menulis? Gais perlu kalian ketahui loh, menulis itu bukan serta-merta seperti menulis berita atau sekalipun hanya skripsi atau karya ilmiah. Terdapat banyak sekali genre menulis di dunia ini. Ada penulis yang suka menulis artikel, puisi, cerpen, novel, penulis skrip drama, sharing about experience, qoutes, sampai dengan content writer.

Kamu kan tahu zaman sekarang sudah canggih sekali. Era digital seharusnya sangat membantu kita dalam hal memenuhi kebutuhan kita. Jangan khawatir dalam masalah wadah untuk menulis ini, kamu bisa menulis di blog dan sosial media seperti instagram kamu sendiri atau kalau kamu seorang penulis artikel kamu dapat menjadi freelance writer yang tentunya per artikel kamu akan dibayar untuk blog-blog seperti abisnis.

Kalau kamu seorang penulis cerpen atau novel kamu dapat memanfaatkan publisher atau penerbit indie yang dapat menerbitkan buku untuk kamu atas karya kamu sendiri. Dan kamu dapat memasarkannya kepada masyarakat umum, daan siapa tahu kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan dari sana.

2. Kalau kamu suka dengan kumpul dengan orang baru dan suka keramaian, ikut volunteer suatu event musik, art, sampai festival cocok untuk kamu

kerja menjadi volunteer
volunteer in action

Biasanya jangka waktu volunteer ini banyak yang sabtu minggu atau weekend. Nah jika kamu memiliki waktu kosong dan kamu menyukai acara-acara keramaian dan ingin bertemu dengan orang-orang baru, kamu dapat mendaftarkan diri untuk menjadi volunteer di kegiatan-kegiatan. Kamu tidak perlu khawatir karena informasi volunteer ini sekarang sudah sangat luas dan terbuka, kamu dapat melihatnya disini. Selain mendapatkan kenalan, pengalaman, kamu juga bisa dapat penghasilan tambahan loh gais.

3. Kalau saya hobinya berbau dengan seni, bagaimana ka? Kerja Tambahan kayak gini gais

Kalau kamu suka dengan hal-hal yang berbau dengan art, baik itu secara manual atau digital. Artinya kalau kamu suka gambar atau melukis dengan tangan atau digital berarti dengan menggunakan adobe photoshop dan corel draw, kamu dapat membuka bisnis online untuk jasa pembuatan gift, seperti kado wisuda dan kado ulang tahun sekalipun, lihat contonya disini yaa untuk manual dan digital. Jangan lupa untuk memasarkan karya-karya kamu di sosial media agar banyak yang memesan kepada kamu. Naah dari sini nih semoga penghasilan tambahan kamu mengalir terus yaa.

4. Kerja Tamabahan dari Endorse jadi Influencer or Selebgram di Instagram

Gais, apabila kalian suka foto dan dapat menghasilkan foto yang bagus, kamu dapat membuat feed yang menarik di instagram. Siapa tahu banyak yang mem follow kamu di instagram dan kamu dapat membuka paid promote dari olshop-olshop yang perlu memasarkan produknya.

Pernah kah kamu memperhatikan bahwa terdapat banyak influencer-influencer yang terkenal di Instagram. Berbagai macam influencer yang berhasil terkenal di Instagram, seperti beaty vlogger, pembuat video lucu, penyuat video viral, pengajar bahasa inggris, sampai dengan seseorang pengusaha local brand yang memiliki video-video motivasi. Adapun highlight letters pada point ini adalah kamu memiliki feed instagram yang bermanfaat untuk orang lain. Itulah influencer sejati menurut saya hehe.

5. Content Creator atau Youtuber = Kerja Tamabahan Millenial Jaman Now

kerja tambahan
youtuber dia senja hujan

Gais, di zaman digitalisasi ini banyak mempengaruhi life style. Begitupun dengan munculnya jenis pekerjaan baru yang didominasi oleh anak muda. Tahukah kamu apa itu? Yup, salah satunya adalah menjadi seorang youtuber. Atta Halilintar, Ria Ricis, dan Rans Entertainment adalah bukti konkret bahwa menjadi youtuber adalah pekerjaan yang semakin lama dapat menjadi pekerjaan utama.

Apabila kamu seorang yang berjiwa creator, suka berbica di depan publik, atau juga jago dalam editing videografi, kamu dapat memanfaatkan kecanggihan zaman dengan menjadi seorang youtuber loh guys. Dan tahukah kamu menjadi seorang youtuber itu dapat diabayar oleh youtube. Tentunya saja semuanya tidak instant ya guys, kamu harus tetap konsisten untuk membuat video dan ditonton oleh orang-orang. Bagaimana agar dapat ditonton oleh orang-orang? Pastikan guys kamu membuat video yang bagus / lucu / bermanfaat / menghibur atau juga berfaedah hehe.

6. Bermain Saham itu Baik loh Gais

Gais pernah denger kan tentang saham? Nah saham ini juga dapat dijadikan salah satu pekerjaan tambahan kamu. Saham ini baik loh gais, selain juga dapat menjadi alat investasi kamu dapat juga menjadi pekerjaan harian kamu, saham juga dapat memajukan bangsa kita tercinta. Kamu bisa mendapatkan untung dari menjual saham yang kamu punya ketika harganya sedang tinggi.

Kamu tidak perlu khawatir apabila kamu tidak mengerti akan saham. Banyak sekali web-web bahkan influencer di Instagram yang siap mengedukasi masyarakat apalagi anak muda untuk belajar saham, salah satu nya adalah instagram @ngertisaham. Jadi banyak jalan gais menuju Roma :).

 

So, gais ulasan diatas siapa tahu bisa jadi inspirasi buat kamu dalam meenemukan pekerjaan dan penghasilan tambahan dari hobi kamu atau sesuatu hal yang kamu sukai. Ga perlu bingung lagi buat nentuin apa pekerjaannya, hanya mulai saja dahulu dari hobi kamu. Tentu saja dengan hobi kamu rela melakukannya selama berapa jam pun walaupun ditengah-tengah kesibukkan kamu sekalipun. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat ya gais hehe keep moving forward and dont ever give up to make positive impact :).

 

 

Komentar dengan facebook