Kelebihan PODCAST: Membuat Penikmat Semakin Banyak

Kelebihan PODCAST: Membuat Penikmat Semakin Banyak

278
0
BERBAGI

Awal Mula PODCAST

Bicara soal Podcast sebenarnya Indonesia sedikit tertinggal karena sebenarnya Podcast atau Siniar sudah ramai beberapa tahun lalu di luar sana. Tapi lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali, artinya lebih baik kita telat dalam mengenal Podcast dari pada kita tidak mengetahuinya sama sekali. Perlu diketahui bahwa sebenarnya Podcast memiliki banyak kelebihan dari pada radio.

Pada awalnya, Podcast mulai populer di tahun 2007. Butuh waktu yang cukup lama bagi platform ini dalam mengenalkan eksistensinya kepada khalayak umum. Podcast itu sendiri sebenarnya berasal dari kata iPod dan Broadcasting. Memang pada awalnya Podcast ini dikuasai oleh Apple sebagai pencetus platform ini, namun sekarang para penikmat bisa mendengarkan melalui berbagai cara seperti Spotify, atau yang masih hangat KASKUS sebagai media yang dibuat oleh anak bangsa juga mulai gencar menyediakan konten-konten Podcast melalui microsite-nya.

Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dengan Skill Desain Menggunakan Android

Sebelum berbicara lebih jauh, sebenarnya apa sih yang membedakan antara Podcast dengan radio? saya sendiri sering mendengar banyak orang yang menyamakan antara Podcast dengan radio, padahal sejatinya kedua hal tersebut jelas berbeda. Memang, baik itu Podcast mau pun radio, sama-sama mengedepankan suara sebagai senjata utamanya. namun perlu diketahui bahwa Podcast tidak disiarkan secara langsung seperti apa yang dilakukan radio. Selain itu Podcast lebih memiliki banyak pilihan konten karena tidak terikat pada stasiun radio. Dalam arti, Podcast berdiri sendiri atau independen dari diri si pembuat konten. Hampir sama seperti konten pada Youtube, hanya saja keduanya berbeda basis antara Video dan Audio. Semakin meningkatnya para penikmat Podcast, bukan tidak mungkin bahwa podcast akan menjadi masa depan suatu konten.

Kelebihan Podcast

Perlu kita akui bahwa saat ini Podcast sedang ramai dinikmati oleh para penikmat khususnya di Indonesia. Namun sebetulnya, apa sih yang membuat Podcast banyak dinikmati? Berikut adalah kelebihannya:

  • Memiliki banyak pilihan konten.

Dikarenakan Podcast Creator berdiri sendiri, dalam artian banyak dari mereka yang membuat kontennya sendiri tanpa bantuan pihak lain seperti station atau channel tertentu sehingga banyak para kreator dengan mudah dan bebasnya membuat konten apa saja, bahkan dengan alat seadanya seperti perekam yang sudah tersedia di ponselnya. Itu artinya para penikmat podcast bisa mendengarkan berbagai konten sesuai dengan hobi dan minat.

  • Tidak ada iklan

Ini adalah kelebihan yang sangat disyukuri oleh para pendengar, karena adanya iklan di sela-sela konten jelas cukup mengganggu fokus dan kenyamanan kita. Seperti halnya radio yang sering kali menyelipkan iklan di kala program sedang tayang. Namun hal tersebut ke depannya bukan tidak mungkin bahwa suatu saat nanti Podcast akan menghadirkan iklan di dalamnya seperti apa yang telah dilakukan oleh Youtube sekarang ini. Kita tidak bisa menempik bahwa para kreator butuh yang namanya apresiasi lebih selain dari fasilitas platform itu sendiri. Tentunya saja bahwa dengan adanya iklan tersebut bisa sedikit menyejahterakan para kreator.

  • Lebih Fleksibel

Mendengarkan Podcast jauh lebih fleksibel dibandingkan dengan radio. Kita bisa mendengarkan Podcast kapan pun dan dimana pun sebab Podcast tidak terikat dengan ruang dan waktu. Selain itu kita juga bisa mendengarkan ulang Podcast yang sebelumnya pernah didengar, inilah yang tidak dimiliki oleh radio. Hal tersebut dikarenakan radio bersifat live sementara Podcast tidak. Selain itu, bagi para kreator pun tidak dituntut untuk membuat konten secara rutin, yang selalu menjadwalkan penayangan episode podcast-nya kecuali bagi mereka yang telah memiliki fans yang mana para penggemarnya tekadang suka menuntut agar para kreator segera membuat episode baru.