Beranda Gaya Hidup Mahasiswa Sebaiknya Melakukan Hal-Hal Ini Sewaktu Masih Kuliah

Mahasiswa Sebaiknya Melakukan Hal-Hal Ini Sewaktu Masih Kuliah

78
0
BERBAGI

Kuliah memang masa-masa paling menyenangkan. Banyak sekali cerita didalamnya. Tapi, lakukanlah kegiatan ini agar waktu kuliahmu saat menjadi mahasiswa tidak terbuang sia-sia. Penasaran? Lihat artikel ini.

Sudah bukan rahasia umum kalau menjadi mahasiswa adalah waktu dimana seseorang mencari jatidiri dan mengembangkan potensi sehingga harus dimanfaatkan sebaik mungkin agar tidak berjalan secara sia-sia. Lakukan ini selagi kamu duduk di bangku kuliah.

Tentu saja ini semua dilakukan untuk bekal masa depan yang sudah direncanakan. Untuk itu ripytime bersiasat berbagi tips buat kamu seorang mahasiswa atau calon mahasiswa buat lakukan ini selagi kamu duduk di bangku kuliah.

Lakukan hal ini ketika kamu kuliah

Sumber: google.com

Masa perkuliahan adalah masa emas untuk mencari jatidiri jadi manfaatkanlah dan coba hal-hal yang baru. Hal ini baik dilakukan selagi masih kuliah  dan menjadi mahasiswa untuk meningkatkan kapabilitas diri kamu. Tentunya, untuk masa depan kamu yang lebih baik. Lakukan hobimu semakmisal mungkin, membuat networking yang luas, travelling ke kota-kota atau bahkan negara incaranmu merupakan hal yang baik dilakukan semasa kuliah. So, what should we do when we’re in college world?

Nah penasaran? Langsung aja nih lihat uraian artikel lakukan hal ini selagi duduk di bangku kuliah sebagai bekal masa depan kamu setelah menjadi mahasiswa :

Adaptasi dari masa SMA ke perkuliahan adalah hal yang perlu dilakukan. Pasti kalian yang baru masuk kuliah mengalami ini karena jadwal kuliah yang lebih fleksible dari jadwal SMA. Nah, buat kamu yang baru masuk kuliah dan menjadi mahasiswa jangan sampai terlena dengan masa-masa ini. Proses adaptasi maksimal satu semester aja jangan sampai kelamaan karena pada umumnya mahasiswa mendapatkan IP ga terlalu bagus untuk semester satu (tidak semua mahasiswa) Saatnya lebih beradaptasi di semester dua untuk mendapatkan nilai yang lebih baik.

Ikut organisasi itu perlu!

Yup, benar sekali organisasi itu perlu sekali di masa kuliah. Organisasi internal atau eksternal kampus yang  cocok untuk passion kalian, misalnya kalian suka wirausaha coba bergabung dengan organisis berbasis kewirusahaan. Selain itu, kalian juga dapat bergabung dengan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) level universitas atau fakultas. Mungkin beberapa dari kalian masih bertanya-tanya “apa sih kak pentingnya kita ikut organisasi saat menjadi mahasiswa?” Pendidikan formal mengajarkan siswanya untuk melatih dan menambah hardskill dan sedikit softskill. Kita dapat melatih softskill dengan mengikuti organisasi, boleh itu menjadi pengurusnya atau berpartisipasi kepanitian.

Softskill yang dapat kita peroleh dari organisasi itu sangat banyak loh, contohnya ada leadership, negotiation, interpersonal, communication, self motivating skill, dan masih banyak lagi. Selain itu, organisasi juga penting buat menambah teman, jaringan sosial, dan juga pengalaman. Jadi buat kamu yang setelah lulus kuliah ingin bekerja, dapat ditulis di CV (Curriculum Vitae), baca: cara menulis cv, sebagai pengalaman organisasi untuk point plus kamu di mata perusahaan. Untuk kamu yang setelah lulus ingin berwirausaha juga penting karena buat market place kamu dan jaringan market usaha kamu. Ikut organisasi ini juga kamu dapat belajar mencari jatidiri kamu loh saat menjadi mahasiswa.

Saving is a must.

Mungkin terdengar klasik banget ya kita sudah mendengar ini dari sejak kecil oleh orang tua kita. Tapi, benar sekali nabung semasa kuliah itu penting sekali. Uang hasil tabungan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan saat kuliah maupun setelah lulus kuliah, baca: tips uang bekerja, semisal kita butuh uang mendadak untuk keperluar kuliah kita tidak perlu memberatkan orang tua karena kita punya simpanan tabungan. Selain itu, baca: tabungan yang harus dimiliki, nabung ini juga dapat digunakan sebagai modal usaha apabila kamu ingin merintis usahamu selagi duduk di bangku kuliah. Usahakan kegiatan nabung ini dimulai sejak semester 1 karena ketika sudah masa skripsi, kesempatan untuk menabung cukup sulit mengingat banyak sekali kebutuhan penelitian dan lain-lain.

Travelling!

Nikmati juga waktu luang yang kamu punya selagi kuliah, minimal kamu pergi ke tempat-tempat atau kota sekitar kota universitas kamu. Itu akan jadi pengalaman dan waktu refreshing tersendiri loh. Kalau kamu budget kamu terbatas, kamu dapat travelling ala backpacker bersama teman-teman kamu, hal ini juga akan lebih seru loh.

Sedekah

Jangan lupa untuk memberikan sesuatu kepada sesama manusia dan konten sedekah disini sangat luas, selain materil. Mahasiswa memiliki waktu luang yang cukup banyak, sehingga kamu dapat berorganisasi untuk sedekah waktu dalam kegiatan sosial. Misalnya dengan cara memberikan bimbingan belajar gratis kepada SD yang ada disekitar rumah atau kost bersama teman-teman kamu. Kegiatan ini akan melatih sikap kamu untuk terus produktif, inovatif, dan juga terus melakukan hal-hal yang bermanfaat dan positif.

Bagaimana? Sudahkah kalian melakukan salah satunya? Semoga artikel ripytime by inggilpratiwi kali ini dapat bermanfaat ya. Isilah masa menjadi mahasiswa dengan kegiatan dan hal yang positif.

Komentar dengan facebook