Beranda Gaya Hidup Jenis Teman yang Pasti Kalian Temui Saat Tugas Berkelompok

Jenis Teman yang Pasti Kalian Temui Saat Tugas Berkelompok

186
0
BERBAGI

Jenis Teman – Selamat datang di artikel Kinay semuanya. Selamat datang juga buat kalian yang masih tertimbun dalam tanah kekecewaan akibat tingkah lakunya. Oke, sebelumnya Kinay udah membahas banyak kehidupan mahasiswa/i di kampus maupun di kos/kontrakan. Nah, untuk kali ini tidak khusus mahasiswa/i saja, tapi bisa juga buat murid di bangku sekolah SD, SMP, dan SMA. Yaps, Kinay akan membahas mengenai jenis teman  atau anggota kelompok yang kalian dapatkan ketika ada tugas kelompok. Yang seperti Kinay jelaskan pada artikel sebelumnya, bahwa setiap individu unik, jadi kalian tidak bisa memaksakan mereka untuk menjadi sama seperti yang kalian inginkan.

TUGAS KELOMPOK? KOK DIKERJAKAN SENDIRI?

Tugas kelompok adalah tugas yang diberikan oleh guru atau dosen yang biasanya tingkatannya agak sulit dan cakupannya luas, sehingga perlu beberapa orang untuk menyelesaikannya. Namun, sebenarnya tugas kelompok bisa diselesaikan satu orang, namun jika seperti itu apa gunanya dinamakan “tugas kelompok”?. Pasti kalian sebagai siswa/i atau mahasiswa/i sering dong mendapatkan tugas kelompok, pasti ada saja anggota kelompok yang aneh-aneh. Nah dari sini, kita harus memposisikan diri sebagaimana yang dibutuhkan dalam kelompok tersebut. Oleh karena itu, Kinay akan memberikan beberapa jenis teman saat ada tugas kelompok. Yuk langsung aja kita bahas, gaes!!!.

Jenis Teman (1)
Jenis Teman (1)

Jenis Teman – Serahkan Semuanya Padaku!!!

Yang pertama ada si teman yang suka mengerjakan apa-apa sendiri. Ini salah satu jenis teman yang paling disukai oleh anggota kelompoknya. Ketika selesai pemberian tugas oleh guru/dosen biasanya temanteman sekelasnya banyak yang ingin mengajak 1 kelompok dengannya. Teman seperti ini biasanya tidak percaya 100% kepada anggota kelompok lain, sehingga ia ingin mengerjakan tugas kelompok itu sendirian. Tapi ada juga yang terpaksa seperti melihat anggota kelompoknya malas semua, jadi ia memutuskan mengerjakannya sendiri.

Pencarian materi yang dibutuhkan, pembuatan makalah, pembuatan power point, dan presentasi biasanya dialah yang melakukan segalanya sendiri. Berat bukan? Pasti berat, namun tidak untuk dia. Terkadang orang ini juga kesal ketika mendapatkan anggota kelompok yang isinya orang malas. Dia pasti berpikir seakan-akan dia dimanfaatkan oleh mereka. Namun apapun usaha yang dilakukan, semuanya tidak akan sia-sia gaes. Karena hanya kamu yang mendapatkan ilmu, namun lainnya tidak.

Jenis Teman – Aku Padamu Saja!!!

Yang kedua ada si teman yang suka memasrahkan semuanya kepada anggota lain di kelompoknya. Ini salah satu jenis teman yang perannya sebagai figuran di kelompoknya. Ketika pembagian tugas, biasanya dia buru-buru mencari teman yang rajin. Teman seperti ini biasanya sangat percaya kepada anggota kelompoknya, bahwa mereka sangat mampu untuk mengerjakan. Kontribusi yang ia berikan kepada kelompoknya adalah selalu menjawab chat di grup dan selalu hadir setiap ada kerja kelompok. Namun, dia cenderung tidak memberikan saran atau pendapat, tapi hanya ngekor saja.

Pencarian materi, pembuatan makalah, pembuatan PPT? semuanya ia pasrahkan kepada anggota kelompok lainnya. Alasan teman seperti ini mungkin karena selama ada yang lebih pintar kenapa kita yang harus kerjakan. Teman yang seperti terkesan tidak percaya pada kemampuannya sendiri.

Jenis Teman – Aku Mah Silent Reader!!!

Ketiga si teman yang tidak suka nimbrung di grup, kerjaannya cuman baca (silent reader). Tapi itu cuman di grup saja, tidak untuk di dunia nyata. Setiap ada kelompokan pasti dia hadir kok. Kontribusi yang ia berikan kepada kelompok berbeda-beda tergantung kepribadiannya. Misalkan dia aslinya rajin, dia pasti membantu dalam pencarian materi atau lainnya. Biasanya dia langsung pc ke orang yang paling rajin di kelompoknya tentang hasil pembagian tugasnya. Sedangkan jika dia aslinya malas, kontribusi pada kelompoknya Nol alias tidak ada dan dia benar-benar si silent reader.

Jenis teman seperti ini biasanya di awal kelompok, bikin semua anggota lain bikin kesal dan jengkel. Soalnya dia tidak pernah muncul sekalipun di dalam grup, namun hanya membaca chat grup saja. Namun, ketika sudah kerja kelompok, barulah semuanya tahu tentang sifat aslinya bisa aja dia rajin atau malas.

Jenis Teman – Aku Si Tipu Daya!!!

Keempat ada si teman yang selalu heboh tapi tiba-tiba hilang begitu saja. Ini dia salah satu jenis teman yang bisa bikin semuanya greget. Bagaimana tidak? di grup, dialah yang paling heboh dan gopoh. Giliran ada kerja kelompok, dia langsung menghilang. Kemungkinan besar teman seperti ini tidak suka adanya kerja kelompok. Karena ia meyakini bahwa kerja kelompok itu buang-buang waktu. Alhasil ia hanya aktif di dunia maya saja, dan non aktif ketika di dunia nyata.

Kontribusi apa sih yang dia berikan? Pastinya dia selalu membuat grup sering ramai. Untuk pembuatan makalah serta lainnya? Pastinya ia akan tetap bantu mengerjakan atau menyetor tugasnya jikalau ada pembagian tugas. Jadi, yang dipermasalahkan hanyalah kerja kelompok yang dianggap akan sia-sia jika dilakukan.

Jenis Teman – Aku Mah Orangnya Humoris!!!

Kelima ada si teman yang selalu membuat tertawa anggota lain dikelompoknya. Hal ini merupakan daya tarik dari dia. Kelompoknya yang isinya serius semua, akan menghasilkan keadaan yang asik dalam kerja kelompok, grup, dan saat presentasi. Ketika ada jenis teman ini di dalam kelompok lainnya, pastinya akan membuat kelompok kalian jadi lebih hidup. Perlunya sebuah canda tawa, agar pikiran tidak stress mengerjakan tugasnya. Oleh karena itu merupakan tugas jenis teman ini yang harus membuat mereka tertawa.

Kontribusi yang ia berikan adalah utamanya membuat seisi grup atau anggota lain menjadi lebih santai dan senang. Untuk perihal tentang pencarian materi, dll, pastinya ia akan ikut membantu juga, namun mungkin hanya sedikit. Jadi, tidak ada yang salah jika kalian mengajak teman jenis ini untuk bergabung dalam kelompok.

Jenis Teman – Aku adalah Supporter!!!

Keenam ada si teman yang suka membantu anggota lain yang rajin. Artinya jenis teman ini sebagai peran pendukung dalam pencarian materi, pembuatan makalah serta yang lainnya. Dia hanya membarikan pendapat dan saran kepada anggota kelompok yang perannya seperti jenis teman yang pertama. Nah, bisa dikatakan jenis teman ini adalah anggota kelompok kedua yang rajin. Oleh karena itu peran dari jenis teman ini sangat penting bagi terselesainya tugas kelompok. Jadi buat kalian, jika pembentukan kelompoknya tidak secara acak, kalian boleh lah ajak dia untuk bergabung dalam kelompok kalian.

Jenis Teman – Aku adalah Anggota Bayangan

Ketujuh ada si teman yang tidak tahu terima kasih. Kenapa Kinay bilang seperti itu, bayangkan setelah pembagian pembentukan kelompok sampai tugas selesai, dia tidak pernah nimbrung di grup atau ikut kerja kelompok. Pasti menimbulkan masalah dong di dalam kelompok. Pasti akan muncul kalimat seperti ini “enak dia tidak pernah muncul di grup, tidak pernah ikut kerja kelompok, malah dapet nilai yang sama kayak kita”. Hal ini akan menimbulkan sifat iri kepada dirinya.

Saking parahnya dia juga tidak ikut saat presentasi alias tidak masuk saat presentasi. Jika ditanya kontribusi apa yang diberikan, tentunya tidak ada sama sekali. Pastinya ketika ada tugas kelompok, jenis teman akan mendapatkan kelompok yang isinya adalah sisa anggota yang tidak kebagian kelompok. Namun, berutntungnya dia jikalau pembentukan kelompoknya secara acak dan satu kelompok dengan jenis teman no 1 tadi.

Jenis Teman – Aku Si Perfeksionis!!!

Terakir adalah si teman yang perfeksionis. Jenis teman seperti ini kerjaannya hanya menyuruh-nyuruh kepada anggota lainnya. Dan biasanya jenis teman seperti ini sangat tidak disukai oleh temanteman lainnya. Apabila ada sesuatu yang tidak sesuai dengan yang dia harapkan, pasti dia akan menyuruh untuk mengubahnya. Kontribusi dia dalam kelompok mungkin dengan memberikan saran dan pendapat agar tugas yang diberikan dapat diselesaikan dengan sempurna. Artinya hasil nilai dari tugas itu harus bagus.

JADI…

Jenis teman manapun yang ada di kelompok kalian, sebaiknya kalian syukuri. Hal itu merupakan sebuah pembelajaran bagi diri kita sendiri. Toh, semua orang berbeda-beda sikap dan sifatnya, jadi ya maklumi, syukuri, dan jalani saja.

Oke, mungkin itu saja penjelasan dari Kinay tentang jenis teman saat ada tugas kelompok. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Sedikit kata-kata mutiara dari saya.

“Jangan pernah berpikir untuk melakukan semuanya sendiri, karena disini masih ada aku – Kinay, 2019”

Komentar dengan facebook