Beranda Bisnis Jasa Perbaikan Jaring Ikan

Jasa Perbaikan Jaring Ikan

255
0
BERBAGI

Hello Guys,

Masih bersama Mr. Hart.

Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu kegiatan Bisnis yang didalam kehidupan masyarakat pesisir pantai yaitu “Jasa Perbaikan Jaring Ikan”


Jasa Perbaikan Jaring Ikan


Pembahasan kali ini, penulis akan menyajikan pemahaman mengenai jasa perbaikan jaring ikan sebagai salah satu usaha masyarakat pesisir pantai pada khususnya masyarakat Kabupaten Sampang-Madura. Info yang penulis sajikan ini adalah salah satu info yang konkrit atau dapat dibilang dapat dipercaya kebenarannya, karena penulis telah melakukan studi lokasi atau surfey lokasi bersama tim penulis. Berikut penulis sajikan informasi mengenai pembuatan kapal kayu yang berada di daerah Kabupaten Sampang khususnya masyarakat pesisir pantai :

Perbaikan jaring ikan sebagai salah sati bisnis pada masyarakat pesisir pantai. Foto ini pemulis ambil pada masyarakat yang berada diĀ desa Dharna Tanjung Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang-Madura.

Jaring ikan adalah salah satu alat yang terbuat dari benang yang telah disusun secara rapi dan berfungsi untuk menangkap ikan. Jaring ikan biasanya dapat digunakan oleh para pencari ikan atau nelayan pada air tawar dan air asin, pada umumnya jaring ikan digunakan oleh masyarakat untuk melaut, karena sumber ikan terbesar adalah di Laut lepas, oleh karenanya dengan alasan tersebut jaring ikan sering populer dikalangan nelayan laut asin.

Pemroduksi Jaring Ikan.

Dalam membuat jaring ikan, maka penulis melihat ada 2 (dua) yang dapat memroduksi jaring ikan, yaitu dengan cara Manual dan dengan cara Mesin. Berikut penulis sampaikan mengenai 2 (dua) cara tersebut diatas :

  • Cara manual.
  1. Dapat diproduksi oleh perorangan, kelompok atau industri rumah tangga.
  2. Cara membuatnya cukup mudah
  3. Biaya yang tergolong cukup ringan
  4. Pada umumnya ukuran jaring ikan yang diproduksi tidak terlalu besar atau dapat dengan mudah untuk dimodifikasi.
  5. Ukuran yang tidak terlalu panjang dan juga tidak terlalu lebar.
  6. Jaring ikan yang diproduksi dapat digunakan di jenis air tawar dan jenis air asin, tapi dalam masyarakat pada umumnya digunakan pada air tawar.
  7. Tidak memerlukan alat khusus dalam memproduksi jaring ikan.
  8. Alat yang digunakan tidak terlalu sulit untuk dicari.
  9. Hanya memerlukan bahan dasar benang yang berjumlah sedikit.
  • Cara Mesin.
  1. Dapat diproduksi oleh industri rumah tangga dan/atau perusahaan.
  2. Cara membuatnya cukup sulit.
  3. Biaya yang tergolong cukup banyak dan mahal.
  4. Pada umumnya ukuran jaring ikan yang diproduksi cukup besar.
  5. Ukuran yang tergolong cukup panjang dan tergolong cukup lebar.
  6. Jaring ikan yang diproduksi dapat digunakan di jenis air tawar dan jenis air asin (laut), tapi dalam masyarakat pada umumnya digunakan pada air asin (laut).
  7. Harus disertai atau memerlukan alat khusus dalam memproduksi jaring ikan, dapat berupa mesin atau alat lainnya, tapi pada umumnya diproduksi dengan mesin.
  8. Alat yang digunakan terlalu culit untuk dicari, karena terdapat dan tersebar diseluruh nusantara atau melalui impor.
  9. Bahan dasar berupa benang khusus yang tidak mudah putus dan mempunyai jumlah yang sangat banyak.

Fungsi Jaring.

Jaring atau jala ikan dalam penggunaanya mempunyai beberapa fungsi, berikut adalah beberapa fungsi yang ada didalam keefektifan jaring ikan tersebut :

  1. Menangkap ikan. Pada umumnya jaring ikan digunakan sebagai salah satu alat untuk menangkap ikan dengan jenis ikan berbobot maksimal 300 kg, jaring ikan umumnya digunakan dilaut lepas karena masyarakat menilai laut mempunyai jumlah ikan yang cukup banyak.
  2. Membududayakan ikan. Dalam mengembangbiakan atau membududayakan ikan laut atau ikan asin nelayan pada umumnya menggunakan jaring sebagai salah satu alat untuk membududayakan ikan. Jaring akan dapat digunakan sebagai penampung ikan supaya tidak lepas dan tidak jenuh, disamping itu jaring juga dapat digunakan sebagai alat untuk memisahkan ikan dengan alas utamanya, sehingga kulit ikan tidak tergores.
  3. Sebagai pembatas. Banyak terdapatnya masyarakat yang membududayakan ikan atau membatasi wilayahnya, dengan jaring masyarakat dapat membatasi wilayah mereka yang dengan maksud sebagai batas kekuasaan atau sebagai salah satu cara supaya ikan tidak kabur keluar wilayah.
  4. Fungsi lain. Dalam memenuhi kebutuhan akan aktifitas masyarakat, jaring berfungsi untuk melengkapi kebutuhan dan keinginan masyarakat tersebut, hal-hal tersebut dapat salah satunya dapat digunakan untuk atau sebagai jaring lapanganĀ  olahraga atau jaring net olahraga.

Alasan Membangun Jasa Perbaikan Jaring Ikan.

Alasan umum.

Didalam melakukan aktifitas pencarian ikan dilaut, para pemilik kapan harus mempersiapkan peralatan tangkap ikan sebelum berangkat. Pada masyarakat desa Dharma Tanjung sering kali menggunakan peralatan penangkap ikan berupa jaring. Jaring tersebut nantinya dapat digunakan menangkap ikan jika kondisi jarring tersebut dalam kondisi baik dan jika jarring itu dalam kondisi yang rusak maka para nelayan tidak dapat menggunakannya.

Dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi masyarakat tersebut, para nelayan dahulu mempunyai teknik khusus yang diwariskan kepada keturunannya hungga saat ini. Teknik khusus tersebut adalah dengan menjahit atau menenun bagian jarring ikan yang mengalami kerusakan dan dianggap tidak layak pakai. Untuk memperkuat argument tersebut, penulis akan melampirkan sebuah data gambar yang nantinya dapat digunakan sebagai bukti dalam memahami problematika tersebut, gambar tersebut dapat penulis lampirkan sebagai berikut :

Salah satu jenis usaha yang berada didalam masyarakat khususnya pada masyarakat pesisir pantai adalah dengan berusaha bisnis, dalam hal ini pada Masyarakat desa Dharna Tanjung Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang-Madura ada beberapa tempat yang menyediakan jasa perbikan jaring ikan yang rusak.

Dalam gambar tersebut dijelaskan bahwasanya mereka sedang melakukan kegiatan memperbaiki jaring kapal secara gotong royong. Didesa Dharma Tanjung masyarakat mempunyai teknik tersendiri dalam memperbaiki jaring yang dinggap tidak atau kurang layak pakai. Teknik tersebut didapatkan oleh para nelayan desa Dharma Tanjung dengan cara diwarsi oleh leluhur mereka. Maka dari itu teknik tersebut termasuk kedalam budaya masyarakat setempat. Sehingga teknik tersebut tidak boleh sampai dilupakan dan tetap harus dijaga dan dilestarikan supaya dapat bermanfaat bagi nelayan itu sendiri dan juga sebagai cara menghargai warisan leluhur mereka.

Alasan khusus.

Selain dengan penjelasan – penjelasan tersebut diatas, penulis juga memaparkan beberapa keuntungan, kelebihan dan kemudahan dalam menekuni bisnis penjedia jasa perbaikan jaring ikan, berikut penulis sampaikan beberapa seperti :

  1. Keuntungan yang cukup banyak.
  2. Tidak membutuhkan tempat khusus.
  3. Bermodalkan sedikit.
  4. Mudah dalam prosesnya.
  5. Dapat dengan mudah mencari karyawan.
  6. Dapat dilakukan kapanpun tanpa ada batasan waktu (santai).
  7. Hanya memerlukan keahlian mengerti karakteristik dan alur jaring ikan.
  8. Dilakukan secara gotong royong.
  9. Dapat menciptaka lapangan pekerjaan baru.
  10. Bahan dasar atau peralatan yang dibutuhkan dapat dengan mudah dicari.

 

Demikianlah pemaparan penulis atas hasil sufer yang dilaukan penulis bersama tim pada bulan Juli 2018 di Desa Dharma Tanjung Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang-Madura, hasil tersebut penulis harapkan supaya dapat memberikan pemahaman lebih lanjut kepada para pembaca mengenai perbaikan jaring ikan.

Akhir kata saya ucapkan TERIMAKASIH

Best Regards


Mr. Hart


 

Komentar dengan facebook