Beranda Gaya Hidup Ini Dia Tips Untuk Memulai Menulis Bagi Penulis Pemula Part 2

Ini Dia Tips Untuk Memulai Menulis Bagi Penulis Pemula Part 2

80
0
BERBAGI

Ini Dia Tips Untuk Memulai Menulis Bagi Penulis Pemula Part 2, Simak Yuk!

menulis
penulis pemula

Hallo pemuda dan pemudi bangsa! Diantara kalian apakah ada yang bercita-cita menjadi seorang penulis? Atau jangan-jangan memang hobi kalian adalah menulis? Sudahkah kalian menulis secara terus-menerus? Atau kalian masih bingung harus menulis dimulai dari mana? Kalau masih ada seperti kondisi tersebut, jangan khawatir teman-teman. Kali ini artikel ripytime akan membahas mengenai tips menulis untuk penulis pemula part 2.

Baca: Tips memulai menulis bagi penulis pemula part 1

Tahukah kamu? Sejatinya aktivitas menulis adalah kegiatan seseorang untuk menyampaikan gagasan kepada pembaca dalam bahasa tulis agar bisa dipahami oleh pembaca. Banyak sekali loh guys genre dari penulis saat ini. Terdapat penulis cerpen, puisi, artikel, sajak, novel, maupun content writer.

Tentu saja menulis ini memiliki tujuan tersendiri. Tujuan ini tergantung juga dari  genre masing-masing dalam menulis. Adapun tujuan dari menulis adalah sebagai berikut:

A. Tujuan dari menulis

Memberitahukan, Menjelaskan, atau Menggambarkan: menulis ini akan bertujuan untuk menginformasikan dengan penjelasan yang dapat memunculkan gambaran sehingga tulisan dapat dimengerti oleh pembaca.

Meyakinkan atau Mendesak : tulisan ini bertujuan untuk meyakinkan si pembaca agar mempercayai informasi yang kita sampaikan melalui tulisan kita. Tujuan ini berkaitan dengan genre tulisan pada artikel ataupun berita.

Menceritakan Sesuatu : tulisan bertujuan untuk menceritakan sesuatu yang penulis dapatkan atau pengalaman penulis sekalipun. Selain itu, dapat jadi penulis menuliskan cerita karangan berupa cerita pendek atau novel.

Mempengaruhi Pembaca : selain untuk meyakinkan pembaca, terdapat beberapa tulisan juga memiliki tujuan untuk mempengaruhi pembaca, misalnya pada tulisan artikel, ataupun pada tulisan yang fungsinya untuk mengedukasi masyarakat.

Menghibur Pembaca  : tujuan yang lain dengan tulisan adalah untuk menghibur pembaca, seperti pada tulisan cerpen dan juga novel yang memiliki tujuan utama untuk menghibur pembaca.

Namun, sangat disayangkan sekali, akhir-akhir ini tidak sedikit anak muda yang beranggagap bahwa menulis itu merupakan kegiatan yang sangat sulit karena sulit mendapatkan inspirasi. Sebenarnya, hal ini tidak benar adanya karena berikut ini ada beberapa tips menulis bagi penulis pemula part 2:

Kegiatan menulis
menulis penulis part 2

1. Tips menulis : Hilangkan semua gangguan

Wah gangguan apa sih ka maksudnya? Jawabannya adalah hal apapun yang dapat mengganggu konsenterasi kamu. Apapun itu, misalnya dari mengecek  instagram, facebook, twitter. Biasanya dapat juga tiba-tiba kamu ingin menonton Youtube padahal tidak direncanakan sebelumnya. Selain itu, buatlah meja kamu menulis senyaman mungkin tanpa gangguan yang dapat mengganggu konsenterasi kamu.

2. Rencanakan apa yang kamu tulis, lalu tuangkan saja!

Apabila kamu sudah mendapatkan inspirasi yang sudah kamu catat, entah itu ketika sedang bepergian, sedang menunggu seseorang, sedang makan atau minum, sedang belajar, sedang bekerja. Pada saat “writing time” kamu langsung saja kamu tuangkan apa yang menjadi ide-ide kamu. Semakin cepat kamu menuangkan ide tersebut, semakin cepat pula kamu menghasilkan sebuah karya.

3. Bereksperimen = Modifikasi

Ketika kamu sudah mencari inspirasi dari karya-karya penulis ternama, bukan berarti kamu meng’copy’ ‘paste’ karya beliau-beliau. Kamu harus bereksperimen sendiri membuat karya “ala kamu” dengan gaya bahasamu sendiri. Kamu juga bisa memodifikasi ide-ide tersebut menjadi sesuatu yang berbeda karena penulis memiliki “sense” yang berbeda-beda.

4. Menggunakan Kalimat yang Dapat Mengambil Hati Pembaca

Ketika kamu sudah suka berkesperimen dan berlatih untuk mengasah tulisanmu, maka kamu akan mendapatkan “sense” terhadap alur tulisanmu. Selain kamu akan mendapatkan “feel” bagaimana menciptakan kata-kata yang menarik dan mengena bagi para pembaca. Tidak harus semuanya dalam section tulisan kamu, tapi usahakan pada part-part yang krusial, berikanlah kata-kata yang mengena. Sehingga, pembaca akan ketagihan untuk membaca karya-karyamu selanjutnya.

5.Dapatkan Umpan Balik dengan Tulisan Kamu guys

Sudahkah kamu berkarya? Apabila kamu memiliki sebuah karya atau sudah beberapa, berilah tulisan kamu kepada orang-orang terdekatmu dan dapatkan umpan balik dari mereka. Umpan balik ini kamu perlukan untuk menilai dan mengevaluasi karya dari sudut pandang lain kamu sebelum kamu share ke khalayak yang lebih luas. Selain itu, kamu akan dapat pengalaman pertama kali yang dikritik yang membangun dari orang lain hehe. Tapi guys usahakan ya guys mintalah review yang jujur dari teman-teman kamu.

6. Tips Menulis yang harus Kamu Lakukan Selanjutnya: Revisi dari Karya Kamu ya Guys

Setelah kamu membuat karya dan membaca kembai sampai kamu mendapatkan umpan balik dari sudut pandang orang lain, kamu jangan malas untuk me revisi tulisan kamu ya guys. Memahami apa yang diberikan saran dan kritik dari umpan balik itu penting sehingga ketika kamu merevisi ini dapat menjadikan karyamu lebih baik lagi.

7. Tips menulis agar tulisan kamu dibaca banyak orang = GO PUBLIC Karyamu

Apabila kamu sudah memiliki banyak karya, alangkah lebih baiknya kamu membuat karya itu dinikmati oleh orang lain juga. Misalnya kamu dapat membukukan karya kamu di Nulisbuku.com dan siapa tahu karyamu dapat bermanfaat untuk orang lain. Selain itu, kamu dapat memuat karyamu di blog tersendiri ataupun blog yang akan membayar karyamu. Tahukah kamu ada perasaan yang tidak ternilai atau kepuasan tersendiri apabila karya kamu dibaca dan dinikmati oleh orang banyak.

Setelah kamu membagi karyamu seperti di blog, buku, sampai web blog, kamu dapat membagikan karyamu di beberpa media sosial kamu, seperti facebook dan juga snap story whatsapp atau instagram. Sehingga, lebih banyak orang yang tahu tentang karyamu.

8. Berusahalah Lebih Komunikatif

Apabila kamu sudah mencoba membuat karya, biasakan gunakan gaya bahasa yang dapat mengajak komunikasi pembaca karya kamu. Misalnya, dengan memulai menanyakan kabar dari pembaca diawal paragraf (apabila kamu seorang penulis artikel). Lalu ajak pembaca berpartisipasi di dalam tulisanmu seakan-akan kamu memang sedang berkomunikasi langsung dengan mereka. Cari lah gaya bahasamu sendiri yah :).

Nah bagaimana teman-teman? Apakah sudah lengkap apa yang kamu dapatkan pada ulasan kali ini? Boleh komen dibawah ya apabila kamu punya pengalaman tersendiri dalam perjalanan kamu ketika menulis karena #sharingiscaring jadi silahkan berbagi di kolom komentar 🙂 Dont ever give up and keep trying and inspiring 🙂

 

Komentar dengan facebook