Beranda Gaya Hidup Freshgraduate Sebaiknya Melakukan Ini Agar Selalu Produktif

Freshgraduate Sebaiknya Melakukan Ini Agar Selalu Produktif

102
0

Freshgraduate Sebaiknya Melakukan Ini Agar Selalu Produktif

freshgraduate
first time freshgraduate

Hallo generasi millenial dan generasi Z!! Siapa diantara kalian yang mau wisuda atau baru aja wisuda?? Pastinya ada saja ya diantara kalian yang baru lulus kuliah atau sering disebut dengan freshgraduate. Ingat loh, kalian sudah resmi menjadi tidak menjadi mahasiswa lagi. Nah selanjutnya, apa planning produktif kalian??

Menjadi seorang freshgraduate tidak jarang membuat hati bingung ya. Pertama, sudah bukan seorang mahasiswa lagi artinya kamu harus siap ke dunia produktif yang sesungguhnya. Kedua, tidak lagi dikirimin atau diberi uang bulanan orang tua, eits saatnya memberi rezeki kamu ke orang tua. Ketiga, sudah saatnya menjadi mandiri terlepas dari dukungan materil orang tua, yup caranya dengan bekerja produktif ya.

Terkadang kamu sudah banyak mendengar cerita atau pengalaman produktif orang lain. Setelah lulus kuliah atau menjadi seorang freshgraduate, terdapat beberapa kemungkinan, yaitu bekerja, membuka usaha, atau menikah hehe. Nah untuk kamu, apa planning kamu kedepannya nih?

Baca: Alasan management trainee menjadi primadona bagi kalangan freshgraduate

Seseorang yang baru lulus kuliah bukan berarti kamu langsung putus melakukan sesuatu. Justru itulah tantangan hidup kamu selanjutnya setelah berjuang 4 tahun belajar dan hampir setahun nunggu dosen untuk revisi skripsi hehe. Jadilah freshgraduate produktif yang selalu bisa memanfaatkan setiap detiknya waktu menganggur agar hari-hari kamu menjadi lebih bermanfaat karena inilah saatnya kamu mengisi waktu senggangmu. Artikel ripytime kali ini akan sharing tentang hal-hal yang dapat dilakukan oleh freshgraduate agar tetap produktif, ini diaa

Baca: Tips ampuh untuk lolos management trainee part 1

1. Kegiatan produktif freshgraduate = Jadi freelancer, magang, part-time

kegiatan produktif ala freshgraduate
kegiatan produktif ala freshgraduate

Selagi kamu mencari pekerjaan yang kamu idamkan, tidak salahnya kamu melamar sebagai freelancer, magang, dan juga part time. Bedanya kalau dengan pegawai fulltime, ketiga kegiatan ini biasanya tidak memiliki waktu yang mengharuskan kamu untuk diam di kantor (tetapi kalau magang biasanya jam kerja sama guys kayak fulltime).

Namun, guys tahukah kamu perbedaan dari freelancer, magang, dan part time? Adapun freelancer ini ialah pekerjaan yang dapat kamu kerjakan dirumah gais. Dapat kamu kerjakan kapanpun dimanapun asalkan hasilnya dapat kamu pertanggungjawabkan ke perusahaan yang kamu daftarkan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Namun, terdapat beberapa freelance yang mengharuskan pekerjanya bekerja di kantor.

Rentang waktu yang dapat dikerjakan dirumah bisa sampai waktu yang dapat ditentukan oleh freelancer. Namun biasanya kalau freelancer di kantor sudah memiliki waktu tertentu yang ditentukkan oleh perusahaan. Apabila magang atau internship, banyak perusahaan yang membuka posisi ini untuk kalangan freshgraduate. Posisi ini sudah ditentukan dahulu oleh perusahaan begitupun dengan rentang waktu (biasanya 3-6 bulan) yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Terdapat beberapa alasan mengapa perusahaan membuka posisi ini, yaitu perusahaan membutuhkan SDM di posisi tersebut tetapi dalam rentang waktu yang tidak lama. Gais kamu tidak perlu khawatir,apabila memang rezeki kamu, setelah habis masa magang mu dan kamu memiliki performance yang bagus di mata atasan, kamu bisa loh direkomendasikan oleh atasanmu untuk menjadi karyawan di perusahaan tersebut.

Kalau part-time bagaimana nih ka? Beda lagi dengan magang beda lagi dengan parttime. Kalau parttime biasanya adalah pekerjaan kamu itu sebeneranya sudah ada menempati akan tetapi butuh tambahan SDM dengan porsi yang lebih sedikit dari sudut pekerjaannya. Ada beberapa partime yang tidak saklek jam kerjanya, misalnya kamu hanya masuk pada shift siang sore atau hanya pagi hari.

Dengan kamu mengikuti salah satu diantaranya, kamu dapat menambahkan experience kamu tersebut di CV. Selain itu kamu juga dapat membuka networking yang laebih luas loh gais. Semua informasi tentang magang, partime, dan juga freelance banyak sekali bertebaran di sosial media seperti instagram. Ada juga beberapa perusahaan yang mengiklankan melalui web pencari lowongan kerja, seperti jobs.id, jobstreet, ataupun glints. Jadi, jangan patah semangat ya gais untuk mencari infonya, keep being produktif gais .

2. Do your Hobbies gaiss

kegiatan produktif hobi
kegiatan produktif hobbi

Memasak, menulis, membaca, melukis, travelling, desaign di corel draw or photoshop, atau bahkan content creator? Nah gais apa ih hobi produktif kamu sebagai freshgraduate? Kenapa saya sarankan untuk melakukan hobi kamu? Karena hobi ini adalah kegiatan positif yang produktif. Kamu bisa dapat banyak inspirasi if you keep doing your hobby gais. Dan asal kamu tahu, hobi adalah kegiatan yang kamu akan rela lakukan selama berjam-jam tanpa mengeluh dimana kamu akan selalu bahagia untuk melakukannya.

3. Menambah Keahlian atau skill lain

Kamu dapat melihat di internet kehalian apa yang dibutuhkan untuk posisi kerja yang kamu idamkan. Kamu juga dapat mengasah skill tersebut melalui autodidak alias belajar sendiri atau kursus tambahan. Misalnya, untuk semampuan hardskill, kamu bisa kursus bahasa inggris, toefl, sampai kelas digital marketing. Selain itu, untuk softskill, misalnya mengasah kemampuan leadership kamu dapat mengikuti kegiatan volunteer. Nah simak penjelasan tentang volunteer di point 4 ya gais.

4. Ikut Kegiatan Volunteer juga kegiatan freshgraduate yang produktif loh gais

Volunteer ini berbeda ya gais dengan point ke 2. Volunteer ini lebih ke seperti panitia untuk suatu kegiatan. Sama layaknya ketika kamu menjadi panitia acara di kampus kamu terdahulu, namun biasanya volunteer ini dibutuhkan oleh organasasi atau komunitas/ sampai dengan badan-badan pemerintahan. Divisi yang biasanya dibuka untuk volunteer pun biasanya sama dengan hal nya kepanitian acara di kampus, misalnya Divisi acara, tiket, LO, sampai dengan dokumentasi.

Baca: Informasi mengenai lowongan volunteer

Adapun rentang waktu kegiatan volunteer ini tidak sepanjang kegiatan point 2, volunteer biasanya bekerja sebelum hari acara sampai dengan acara tersebut berakhir. Kalau untuk masalah fee, tergantung dengan panitia yang menyelenggarakan gais, ada yang dapat dan juga tidak. Fee ini dapat berupa biaya transport atau makan maupun fee tambahan being as volunteer. Nah karena kegiatan produktif volunteer ini sama seperti acara kepanitian di kampus, kamu masih dapat mengasah kemampuan softskill, seperti leadership, teamwork, sampai dengan interpersonal. Apalagi kegiatan event sesuai dengan yang kamu suka, wah ini menambah pengalaman yang sangat produktif sekali bukan?

5. Rencanakan liburan ala kamu

Travelling memang selalu menyenangkan. Bukan berarti travelling ini selalu melulu untuk menghabiskan uang, akan tetapi kamu dapat merencanakannya dengan ala kamu. Tujuan dari travelling ini tentu saja untuk membuang rasa penat setelah kamu 4 tahun kuliah ditambah lagi dengan mengerjakan skripsi yang membuat tekanan sana sini bermunculan. Ada kalanya kamu bisa memanjakan tubuh dan otak kamu dengan sesuatu yang fun. Mumpung juga masih ada waktu untuk travelling karena ketika kamu sudah bekerja atau usaha nanti akan susah untuk menentukan waktu free demi travelling.

 

Nah gimana nih gais? Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat ya gais buat kamu seorang freshgraduate agar terus juga berupaya dan berusaha. Jangan lupa untuk selalu mencari pekerjaan yang terbaik versi kamu dan buat kamu yang ingin menjadi wirausaha, jangan takut akan kegagalan karena dari situ lah kamu akan belajar. Keep moving forward gaiss.