Beasiswa Luar Negeri Paling Populer

Beasiswa Luar Negeri Paling Populer

257
0
BERBAGI

“Beasiswa Luar Negeri”


BEASISWA LUAR NEGERI


Beasiswa Luar Negeri
Beasiswa adalah biaya pendidikan untuk melanjutkan kelebih tinggi.

Pengertian Umum

Beasiswa adalah sebuah biaya pembuayaan kepada seorang kandidat yang bertujuan supaya kandidat tersebut dapat melanjutkan jenjang pendidikannya. Beasiswa dapat digolongkan menjadi 2 macam. Beasiswa tersebut yaitu beasiswa khusus melanjutkan pendidikan dan beasiswa khusus untuk melakukan riset atau penelitian. Beasiswa pada umumnya mencakup biaya kuliah dan biaya kehidupan kandidat yang memperolehnya. Akan tetapi ada juga berbagai banyak beasiswa yang juga memberikan biaya akomodasi dan juga tunjangan keluarga.

Oleh karenanya banyaknya masyarakat berinteektual yang tertarik untuk  melanjutkan pendidikan dan melakukan penelitian mereka dengan menggunakan beasiswa. Dalam mendapatkan beasiswa, para kandidat diharuskan untuk mengembangkan diri mereka supaya dapat memperoleh beasiswa. Pada umumnya penyedia beasiswa pasti membutuhkan persyaratan pengajuan beasiswa. Persyaratan tersebut dapat berupa Esai, Curriculume Vitae dan Surat Motivasi kandidat.

Terdapat banyaknya beasiswa yang tersebar diseluruh dunia. Oleh karenanya banyaknya para pelamar beasiswa gencar-gencar supaya mendapatkan beasiswa tersebut. Seperti ketika melanjutkan pendidikan keluar negeri. Mereka pasti banyak yang mencari beasiswa luar negeri dengan maksud untuk dapat melanjutkan pendidikan dan juga melakukan riset diluar negeri. Penulis berpendapat, terdapat beberapa beasiswa luar negeri yang cukup populer. Beasiswa tersebut dapat penulis sampaikan antara lain sebagai berikut :

(1) Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) adalah sebuah beasiswa yang paling populer untuk masyarakat Indonesia. Pasalnya beasiswa LPDP dapat digunakan untuk melanjutkan pendidikkan dan melakukan riset di Indonesia dan juga di luar negeri. Beasiswa luar negeri ini akan mencakup berbagai banyak kebutuhan seperti biaya pendidikan, akomodasi, biaya riset, biaya seminar dan publikasi, jaminan keluarga, jaminan sakit, dan biaya lainnya.

Akan tetapi beasiswa ini akan melakukan seleksi yang sangat ketat kepada para calon kandidatnya. Hal tersebut dikarenakan bahwa sang calon penerima beasiswa luar negeri bukanlah orang yang biasa-biasa saja. Pada umumnya beasiswa ini lebih menekankan pada jiwa sosial. Hal tersebut bertujuan supaya para kandidat yang nantinya telah selesai menempuh pendidikan dan telah melakukan riset di luar negeri akan kembali ke Indonesia. Jadi semua kandidat diharuskan kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan apa yang telah mereka tempuh. Hal tersebut bertujuan supaya para kandidat nantinya dapat mewujudkan visi dan misi penyedia beasiswa luar negeri ini dengan cara berkontribusi.

Terdapat beberapa katogori dalam beasiswa LPDP ini. Kategori tersebut diharapkan dapat memperluas cakupan lapisan masyarakat dalam memperoleh pendidikan lanjut. Beasiswa dalam kategori tersebut pada umumnya tidak sama, akan tetapi tetap dikelola oleh LPDP. Berikut penulis sampaikan beberapa kategori beasiswa LPDP ini :

  1. Beasiswa Reguler.
  2. Beasiswa Disertasi.
  3. Beasiswa Dokter Spesialis.
  4. Beasiswa Afirmasi.
  5. Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia.
  6. Program Co-Fuding.

Baca Juga : Minutasi Didalam Pengadilan.

Minutasi Didalam Pengadilan

(2) Fulbright.

Fulbright adalah salah satu beasiswa luar negeri yang berasal dari Amerika Serikat. Beasiswa ini dikelola oleh lembaga American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) secara langsung. AMINEF sendiri adalah salah satu lembaga kerjasama resmi antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Amerika Serikat dalam pengembangan pendidikan lanjut. Beasiswa luar negeri Fulbright diperuntukan kepada calon kandidat yang akan menempuh pendidikan di Amerika Serikat.

Tujuan diberikan beasiswa luar negeri ini karena supaya nantinya para kandidat dapat memajukan atau berkontribusi kepada negara Indonesia dan perkembangan dunia pendidikan. Beasiswa luar negeri Fulbright memberikan kebebasan pada para kandidiat. Kebebasan tersebut berupa para penerima beasiswa diperbolehkan bekerja di Amerika Serikat setelah lulus dan juga boleh langsung kembali ke Indonesia untuk berkontribusi. Beasiswa luar negeri ini cukup populer karena dapat memberikan banyak biaya kepada para kandidatnya. Biaya tersebut dapat berupa uang pendidikan full, biaya akomodasi, biaya kehidupan, dan juga biaya lainnya.

(3) Chevening.

Chevening adalah salah satu beasiswa luar negeri yang cukup digemari oleh para pelajar Internasional. Beasiswa Chevening ini diperuntukan kepada para para pelajar Internasional yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan atau melakukan riset mereka di Inggris. Beasiswa Chevening ini memiliki 2 tipe dalam penerapannya. 2 tipe tersebut adalah Chevening Scholarships dan Chevening Fellowships. Dalam dunia internasional, beasiswa luar negeri ini sangat populer karena para penerima beasiswa ini dapat dipastikan mereka adalah orang-orang yang sangat luar biasa dan/atau berprestasi.

Dalam beasiswa ini, semua para calon kandidat diharapkan dapat mempersiapkan diri mereka dengan sebaik mungkin. Karena beasiswa luar negeri ini menargetkan memberikan beasiswa kepada para kandidat yang memiliki nilai IPK diatas rata-rata. Artinya beasiswa ini sangat sulit untuk didapatkan. Akan tetapi beasiswa ini juga berani memberikan biaya yang cukup tinggi kepada para kandidatnya.

Beasiswa ini akan mencakup banyak hal seperti biaya pendidikan di Inggris, biaya semua akomodasi, biaya pembuatan visa, biaya kehidupan dan juga biaya yang lainnya. Oleh karenanya, banyak kandidat yang tertarik dengan beasiswa ini. Mereka berangapan bahwasanya selain membuktikan bahwa mereka adalah golongan orang yang luar biasa, mereka juga mendapatkan banyak pembiayaan dari beasiswa Chevening ini.

Dalam mengajukan beasiswa luar negeri Chevening ini. Para calon kandidat diharuskan pemperhatikan dengan serius peryaratan yang diberikan oleh penyedia beasiswa Chevening. Persyaratan tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Calon kandidat diharuskan sudah memperoleh gelar S1 terlebih dahulu.
  2. Tidak berkewarganegaraan Inggris atau tidak berkewarganagaraan ganda yang salah satunya adalah negara Inggris.
  3. Tidak sedang berstatus pekerja, mantan pekerja atau hubungan mengenai pekerjaan lainnya yang ada sangkut – pautnya dengan pemerintah Inggris.
  4. Menyatakan tidak pernah mendapatkan beasiswa dari pemerintah Inggris sebelumnya.

(4) Australia Awards Scholarship (AAS).

Australia Awards Scholarship (AAS) adalah salah satu beasiswa luar negeri dari pemerintahan Australia. Beasiswa AAS ini diberikan kapada calon kandidat yang akan menempuh pendidikan lanjut ke Australis. Dalam beasiswa luar negeri ini, semua pendaftar hanya boleh melanjutkan jenjang pendidikan mereka pada taraf S2 dan S3 saja. Artinya beasiswa AAS ini tidak menerima para pendaftar yang akan melanjutkan pendidikannya di pada jenjang S1.

Beasiswa ini cukup populer dilakangan para pelajar Indonesia. Pasalnya beasiswa ini memberikan beberapa hal yang membedakan dengan beasiswa lainnya. Hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Termasuk beasiswa long-term. Artinya, nantinya para kandidat akan memperoleh beberapa pelatihan bahasa inggris. Pelatihan tersebut supaya para kandidat dapat memperoleh skor IELTS minimal 6.5.
  2. Dibebaskan memilih universitas dan jurusan.
  3. Beasiswa yang tergolong cukup besar.

Di Indonesia, beasiswa ini memberikan kuota hanya sebanyak 250 orang saja. Oleh karenanya, dapat dipastikan bahwasanya para penerima beasiswa ini sangatlah berkualitas. Kuota tersebut adalah kuota campuran antara para Aparatur Sipil Negara (ASN), para pekerja, para pelajar dan juga para pendaftar dari daerah yang tertinggal. Dimana kategori tersebut sudah mendapatkan bagiannya masing-masing, sehingga tingkat kesulitas mendapatkan beasiswa ini sangat sulit.

Beasiswa AAS ini dibuka setiap tahun pada bulan Februari sampai dengan bulan Maret. Dimana pada bulan tersebut para calon kandidat harus telah memenuhi semua kriteria yang dibutuhkan. Dalam seleksi beasiswa AAS ini, para penilai akan lebih tertarik kepada para pendaftar yang memiliki visi, misi dan tujuan jelas. Disamping itu, mereka juga suka dengan karakter orang yang berpengaruh, pemimpin, organisatoris, ilmuwan, berprestasi dan punya pemikiran atau cara yang berbeda.

(5) Erasmus Mundus.

Erasmus Mundus adalah salah satu jenis beasiswa dari pemerintah Eropa. Beasiswa ini diberikan kepada para mahasiswa yang nantinya akan melanjutkan jenjang pendidikannya di Eropa. Beasiswa ini adalah salah satu beasiswa yang paling diminati oleh berbagai banyak pelajar internasional. Karena beasiswa ini akan memberikan biaya bulanan yang cukup banyak. Biaya tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Untuk jenjang Sarjana dan Master diberikan biaya bulanan sebesar 1.000 EUR atau sekitar Rp 16.059.828,25 per bulan.
  2. Untuk jenjang Doktor atau PhD diberikan biaya bulanan sebesar 1.500 EUR atau sekitar Rp 24.089.742,38 per bulan.
  3. Untuk jenjang Post-Doctor diberikan biaya bulanan sebesar 1.800 EUR atau sekitar Rp 28.907.690,85 per bulan.
  4. Untuk Staff diberikan biaya bulanan sebesar 2.500 EUR atau sekitar Rp 40.149.570,63 per bulan.

Penulis berpendapat bahwasanya biaya tersebut cukup fantastik dalam hitungan bulanan. Akan tetapi dengan biaya tersebut juga ada kelemahannya, yaitu biaya kehidupan yang cukup mahal. Selain memberikan biaya uang, beasiswa luar negeri ini juga memberikan asuransi, biaya perjalanan pulang-pergi, biaya perkuliahan dan juga biaya lainnya.

Penulis ucapkan banyak terimakasih kepada para pembaca. Tulisan ini bertujuan supaya para pembaca dapat mengerti dan juga dapat mendapatkan beasiswa paling populer didunia tersebut diatas.

Terimakasih,

Best Regards.