Beranda HIburan 9 Langkah Untuk Membuat Resensi atau Review Game

9 Langkah Untuk Membuat Resensi atau Review Game

150
0
BERBAGI

Sembilan langkah ini memudahkan kamu untuk membuat resensi atau review game. Pengertian dari resensi sendiri adalah pertimbangan atau pembicaraan tentang buku atau ulasan buku (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Jadi meresensi itu kita akan membuat ulasan suatu buku, film, permainan, dan lainnya. Tidak hanya buku dan film saja yang bisa diresensi, tetapi games pun bisa menjadi bahan yang akan diresensi. Berikut langkah-langkahnya :

1. Memilih Game

Saat akan meresensi permainan atau game, hal yang pertama yang dilakukan pasti dengan memilih permainannya. Pilih permainan yang kamu senangi. Saat kamu enjoy dengan permainan yang kamu mainkan, tidak akan susah untuk menuangkannya menjadi tulisan dari yang apa kamu lihat saat bermain. Baca juga :  Manfaat Game

2. Mengenal Game

Hal yang pertama dilakukan yaitu dengan mengenal game tersebut. Mengenal game disini dimaksudkan untuk mengenal si pembuat permainan, kapan permainan itu dibuat atau dirilis, mengapa permainan tersebut diluncurkan, dan lainnya. Intinya kamu harus mengetahui terlebih dahulu latar belakang si permainan tersebut.

3. Membuat Kriteria Penilaian

Setelah mengenal game tersebut, kamu harus membuat kriteria penilaian. Kriteria yang dimaksud yaitu dengan membuat rating game yang mencakup :

1. Story, penilaian yang dilihat dari segi alur cerita atau jalannya cerita dalam permainan.
2. Graphic, penilaian tentang gambar yang ada dalam permainan tersebut apakah sudah sesuai dengan tema permainan atau lainnya.
3. Game Play, penilaian pada jalannya permainan tersebut.
4. Sound, penilaian yang bersangkutan dengan musik, apakah musiknya pas dengan permainan, atau musik tersebut membuat kita merasa puas dan lainnya.
5. Overall Rating, dalam penilaian ini kita memberikan semua penilaian dari keseluruhan permainan.

Untuk memudahkan membuat kriteria penilaian, kamu bisa membuat tabel rating dengan memakai bintang atau simbol. Setelah itu, kamu tulis dengan naratif dari setiap masing-masing 5 kriteria tersebut.

rating penilaian
contoh kriteria penilaian

4. Memainkan Game

Setelah membuat kriteria penilaian, kamu harus mulai memainkan game yang kamu pilih. Mainkanlah permainan tersebut semaksimal mungkin, bahkan sampai permainan itu selesai atau tamat. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa memainkannya seharian atau sesering mungkin karena untuk bahan resensi. Tapi, jika permainan yang kamu pilih termasuk permainan tanpa ujung atau tidak tahu kapan tamatnya. Kamu tidak perlu memaksakan untuk menyelesaikannya, cukup dengan memainkan sebisa mungkin dan ingat tingkat kesulitan tiap levelnya.

5. Screenshot Permainan

Ketika kamu bermain game, jangan lupa untuk mengabadikan setiap permainan itu berlangsung. Dengan cara mengscreenshots permainan, tiap jalannya permainan akan tersimpan dalam bentuk foto. Saat kita akan meresensi, kamu tinggal pilih foto yang cocok dan bagus untuk bahan resensi nanti.

6. Membuat Catatan Permainan

Buatlah catatan kecil saat kamu memainkan game. Ini berfungsi untuk mengingat apa saja yang terjadi saat permainan berlangsung. Catatlah kekurangan dan kelebihan permainan tersebut dengan note kecil atau kertas.

7. Menulis Kesimpulan

Kesimpulan dibuat setelah membuat catatan permainan. Ini mencakup, overall review, kesimpulan, dan question and answer.

  • overall review, yaitu membuat review dari seluruh permainan dari cara memainkannya, apakah permainan tersebut cocok dan layak, story, sound, graphic, juga kekurangan dan kelebihannya.
  • kesimpulan, disini dimaksudkan pada si permainannya, dari awal permainan hingga selesai atau tamat apa yang kamu simpulkan setelah bermain game tersebut.
  • question and answer, ini merupakan pertanyaan dan jawaban yang kita buat sendiri. Mulai dari pertanyaan permainan apa atau bagaimana cara memainkannya, setelah itu question and answer yang kamu buat akan sesuai dengan jalannya pertanyaan tersebut.

8. Proofreading

Proofreading yaitu membaca ulang. Setelah semua yang di atas kamu lakukan, kamu harus membaca ulang lagi. Jadi, setelah kamu membuat review atau resensi game tersebut bacalah ulang agar lebih bagus tulisannya. Mungkin kata-kata yang kamu tulis ada yang kurang atau lebih perbaiki lagi hingga baik dan rapi.

9. Layouting

Terakhir dari meresensi game atau review game adalah layouting. Ini berfungsi agar resensi atau review yang kamu buat terlihat menarik dan bagus. Layouting salah satu hal yang penting kamu perhatikan, desain yang lebih menarik dan rapi agar pembaca tertarik untuk melihatnya.

layouting game
contoh layouting
Komentar dengan facebook