5 Makanan Khas Betawi yang Ikonik dan Enak

5 Makanan Khas Betawi yang Ikonik dan Enak

354
0
BERBAGI

Sobat Abisnis, ada yang belum pernah mencoba makanan khas Betawi? Makanan khas Betawi memang tidak sebanyak dulu. Sebab pesatnya laju pembangunan di Ibu Kota mengakibatkan terjadi pergeseran budaya yang lumayan cepat pula. Utamanya yang terkena dampak langsung adalah masyarakat asli Jakarta. Ya. Betawi. Masyarakat Betawi yang dulu mendiami pusat-pusat kota makin lama makin tergerus dan hanya tersisa di pinggiran Jakarta. Sebut saja wilayah Situ Babakan yang berada di perbatasan Jakarta Selatan dengan Depok.
[mc4wp_form id=”318″]

Tak jauh berbeda dengan masyarakatnya, makanan khas Betawi juga agak sulit ditemui. Makanan Betawi biasanya dapat ditemukan saat ada acara tertentu. Namun, itulah daya tarik dari makanan khas Betawi. Betawi sejatinya banyak memililki makanan khas yang mempunyai rasa unik dan terbilang enak makanan khas Betawi dipengaruhi oleh budaya Cina dan Eropa.

Berikut makanan khas Betawi yang perlu tetap dijaga dan dilestarikan sebagai warisan budaya khususnya kuliner Jakarta.

Makanan Kerak Telor

Kerak telor khas betawi

Kerak Telor merupakan makanan khas Betawi yang cukup lezat disantap saat hangat. Kerak Telor diolah dengan cara yang unik. Makanan ini dimasak dengan tungku mungil dan menggunakan arang. Cita rasa yang dihasilkan juga sangat pas dimulut. Cara memasaknya juga dengan cara membolak-balikan pengorengan mungil kerak telor. Rasanya hampir mirip seperti martabak telur, tetapi kerak telor memiliki komposisi yang berasal dari beras ketan putih, telur ayam, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang merah reng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur,jahe, merica butiran, garam dan gula pasir.

Apabila martabak kerap digunakan sebagai lauk, kerak telor bisa dikatakan makanan yang lengkap, selain mengenyangkan juga sekaligus menjadi lauk. Makanan khas Betawi yang satu ini akan sangat mudah kita temukan saat acara Pekan Raya Jakarta atau di setiap event yang bertemakan budaya Betawi.

Makanan Soto Betawi

Makanan berkuah seperti soto mi memang hampir ada di setiap daerah di Indonesia. Namun ketika Anda ke Jakarta ada yang kurang jika Anda tidak mencicipi Soto Betawi. Soto Betawi memiliki keunikannya sendiri yaitu berisi daging sapi, tomat dan kentang. Yang membuatnya berbeda adalah tekstur dagingnya. Tekstur dagingnya di Soto Betawi terasa empuk, dicampur dengan bumbu yang memang khas masakan Betawi. Apalagi ditambah toping dengan daun kemangi dan kerupuk emping. Makin nikmat dilidah.

Memang tidak semua penjual Soto Betawi menyuguhkan hidangan yang enak, tinggal Anda yang harus pandai memilihnya. Namun yang cukup terkenal Anda bisa mencicipi Soto Betawi di warung Soto Betawi H. Mamat. Soto Betawi disanan sangat recomended sekali. Tetapi, Anda harus berusaha merelakan diri jauh ke pinggiran Jakarta, lokasi tepatnya di sekitar Jalan Rawabuntu, Serpong, Jakarta sudah mau masuk wilayah Tangerang Selatan.

Laksa Betawi

Laksa Betawi memang agak mirip dengan laksa yang berasal dari negeri Cina. Laksa merupakan salah satu makanan khas Betawi yang memang tak bisa dipungkiri terpengaruh oleh budaya China. Bahkan penjual Laksa Betawi sendiri rata-rata banyak yang merupakan orang keturunan China. Tetapi tidak sedikit pula yang asli orang Betawi. Komposisi laksa Betawi terdiri dari campuran dari telur, daging ayam, perkedel, bihun hingga daun kemangi yang teramu satu dalam satu bumbu khas Laksa Betawi. Laksa memiliki cita rasa yang gurih dan manis. Sangat memanjakan lidah Anda yang memang cocok dengan makanan tersebut.

Nasi Ulam

Kelezatan Nasi Ulam memang mengundang daya tarik bagi penggemar kulineran yang berbahan dasar nasi. Nasi ulam terbaut dari bumbu dan rempah, khususnya daun pegagan atau kadang diganti daun kemangi, sayuran, dan berbagai bumbu, serta ditemani beberapa macam lauk-pauk. Salah satu lauknya yaitu semur kentang. Cita rasa semur kentang menjadi lebih nikmat apabila ditambah dengan  tempe, tahu, bihun dan telur. Pasti membuat kalian yang mencobanya ketagihan.

Selain itu, nasi ulam harus ditambah lagi dengan taburan kacang tanah yang sudah ditumbuk,  supaya kelihatan itu bedanya nasi ulam dengan nasi lainnya. Hal itu juga yang menjadikan rasa Nasi Ulam kian gurih dan nikmat. Cocok untuk Anda yang ingin menyantapnya di pagi atau siang hari.

Semur Jengkol

Terakhir adalah makanan ikonik dari Jakarta. Ya, Betul sekali. Jengkol. Olahan jengkol yang paling populer di masyarakat Betawi yaitu Semur Jengkol. Setiap orang luar Jakarta yang berkunjung ke Jakarta Biasanya mencari-cari yang namanya Semur Jengkol ini. Memang biasanya orang tidak menyukai jengkol karena menyebabkan bau mulut tidak sedap. Tetapi hal ini yang membedakan Semur Jengkol khas Betawi dengan daerah lain.

Semur Jengkol Betawi bahkan tidak menciptakan bau yang menyengat. Semur Jengkol Betawi sangat enak dilahap dengan lalapan atau dengan kerupuk. Rasa manis dari kuahnya dan legitnya Jengkol menjadi daya tarik kulineran khas Jakarta ini. Namun, bagi Anda yang tidak biasa memakan jengkol, tidak dianjurkan untuk memakan banyak ya. Karena ya sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

 

Nah, sobat Abisnis itulah beberapa makanan khas Betawi yang sangat ikonik dan patut kamu coba ketika mampir ke Jakarta. Insya Allah semuanya halal untuk dimakan sobat Abisnis. Selamat mencoba!

Semoga artikel ini bermanfaat.