Beranda HIburan 4 Destinasi Wisata di Area Taman Nasional Ujung Kulon

4 Destinasi Wisata di Area Taman Nasional Ujung Kulon

239
1
BERBAGI

Indonesia memang tak pernah kehabisan objek wisata yang unik dan menarik. Dari Aceh sampai Papua hampir selalu ada objek wisata yang dikunjungi. Dan yang menjadi perhatian untuk pemerintah adalah Taman Nasional Ujung Kulon.

Sekadar informasi, sejarah panjang Ujung Kulon turut mewarnai cerita perkembangannya hingga menjadi sebuah taman nasional. Pada tahun 1846 oleh seorang ahli botani berkebangsaan Jerman, F. Junghun. menemukan pertama kali wilayah di ujung Banten tersebut (dulu masih wilayah Jawa Barat). Taman Nasional Ujung Kulon terus berkembang dan berlanjut hingga yang terbaru pada tahun 2004, Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Wilayah XI Jawa-Madura, melaksanakan rekonstruksi batas Taman Nasional Ujung Kulon di daerah Gunung Honje.

Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) ini berlokasi di barat Pulau Jawa. Taman nasional tertua di Indonesia ini resmi menjadi salah satu warisan dunia yang dilindungi pada tahun 1991 oleh UNESCO. Dukungan berupa dana dan teknis pun diberikan oleh UNESCO untuk membantu pengelolaan taman nasional yang juga menjadi habitat dari kurang lebih 60 ekor Badak Jawa ini. Taman ini begitu dijaga kelestariannya oleh pemerintah Indonesia. Oleh sebab itu, penjagaan masuk ke dalamnya juga lumayan ketat dibanding objek wisata lain.

Sobat Abisnis.com yang mau berkunjung juga tidak perlu khawatir, sebab ada berbagai objek wisata juga yang tersedia di area seluas 122.956 hektar. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Gunung Honje

Penggeamar hiking atau naik gunung pasti tidak asing dengan Gunung Honje. Gunung yang terdapat di Taman Nasional Ujung Kulon ini juga menjadi favorit dari para pendaki gunung. Wilayah Gunung Honje banyak dikelilingi desa penyangga juga menjadi faktor yang mendukung perkembangan wisata disana. Ada sekitar 19 desa penyangga. Desa Wisata Tamanjaya itu adalah satu dari banyak desa yang ada. Desa tersebut juga digunakan sebagai pintu gerbang dari Taman Nasional tersebut.

Pulau Handeulum

Bagi sobat Abisnis.com penggemar traveling ke pulau-pulau baru. Maka, patutlah mencoba wisata ke pulau Handeulum. Pulau ini terletak diantara pulau-pulau kecil di ujung timur Semenanjung Ujung Kulon. Sobat Abisnis.com juga bisa menikmati pemandangan hutan mangrove yang mengelilingi pulau seluas 220 hektar ini. Apabila kalian datang akan disambut dengan sekelompok rusa yang indah dan sangat menawan. Tetapi yang harus menjadi perhatian sobat Abisnis.com. selain rusa, pulau ini juga menyimpan banyak binatang buas. Salah satunya berbagai jenis ular, termasuk ular python. Hati-hati ya! Berlibur tetap harus jaga keselamatan.

Baca Juga: 6 Destinasi Wisata di Pulau Jawa

Pulau Panaitan

Pulau Panaitan menjadi satu pulau lagi yang wajib dikunjungi. Letak pulau ini di ujung barat ada Taman Nasional Ujung Kulon. Yang terkenal dari pulau ini adalah pantainya yang indah dan sering digunakan oleh para surfer atau peselancar. Selain pantainya yang indah, ombak di Pulau Panaitan juga sudah sangat tersohor sampai ke dunia internasional. Wisatawan mancanegara juga tak jarang yang berlibur kesana. Menarik bukan?

Pulau Peucang

Terakhir, rekomendasi dari tim Abisnis.com adalah Pulau Peucang. Lokasinya menjadi tujuan utama wisatawan yang ingin ke Taman Nasional. Pulau ini juga termasuk salah sayu yang paling ramai dan paling sering dikunjungi oleh wisatawan di Taman Nasional Ujung Kulon. Adanya berbagai fasilitas yang tidak selengkap pulau lain menjadi daya tarik sudah sangat mendukung untuk para wisatawan, seperti penginapan, pusat informasi, dermaga, dan lain sebagainya. Dan fasilitas yang juga sangat menunjang berlibur sobat Abisnis.com semua, yaitu bisa snorkelingdiving, hingga tracking.

Taman Nasional Ujung Kulon memang bukan tempat wisata untuk bersenang-senang saja, melainkan untuk menambah pengetahuan tentang kelestarian hutan, pula dan banyak margasatwa. Satu yang paling penting pula bahwa belajar menghargai dan bersyukur atas karunia Tuhan yang tercermin dari keindahan alam yang ada di muka bumi adalah bentuk cinta kita kepada Maha Pencipta.

Menurut kalian bagaimana? Tertarik berlibur ke Taman Nasional Ujung Kulon? Yuk berlibur, yuk melancong!

Semoga bermanfaat.

Komentar dengan facebook

1 KOMENTAR

Comments are closed.