Beranda Fotografi dan Videografi Mengenal Youtube Marketing dan Cara Melakukannya

Mengenal Youtube Marketing dan Cara Melakukannya

166
1
BERBAGI

Apa itu Sebuah Youtube Marketing?

Youtube Marketing

Youtube Marketing – Di era sekarang teknologi semakin berkembang pesat, dengan berbagai pilihan media yang diberikan. jika dulu kita mengenal media televisi, radio, dan berbagai jenis media mainstream lainnya.

Nah sekarang sudah bermunculan media terbaru, mulai dari media sosial sampai dengan media video yang hampir menggantikan televisi, Salah satu media sosial dengan konten video yaitu Youtube. Segala macam bentuk konten ada disana, mulai dari video klip, berita, komedi bahkan semua acara televisi atau program televisi sudah membuat akun youtube masing-masing untuk penayangan ulang acara mereka.

Banyak orang khususnya kalangan remaja yang sudah mulai meninggalkan televisi dan beralih ke media youtube, sebagai contoh saat di daerah perantauan (kos) mereka lebih suka menonton sesuatu di youtube bila dibandingkan dengan tv. Bila dilihat dari sudut pandang yang cukup luas, sudah ada pergeseran perilaku  orang dalam mengkonsumsi atau menonton media.

Mau tidak mau semua kalangan, semua pihak harus beradaptasi dengan perubahan ini, kalau dulu youtube hanya dipandang sebagai media hiburan tapi sekarang youtube bisa segalanya, mulai dari tempat curhat hingga media pemasaran. Dari situlah muncul Youtube Marketing.

Bagaimana sih proses youtube marketing? Sebagai contoh sederhana. saya akan melakukan promosi atau pemasaran dari produk baru berupa sebuah situs pembelajaran untuk berbisnis dengan blog, produknya mamanggraphic.com. Untuk melakukan promosi tersebut kita dapat membuat video presentasi terkait dengan blog tersebut. dimana berdurasi sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya video tersebut diupload ke youtube, secara tidak langsung penonton akan mulai tertarik dengan website saya dan mengunjungi website mamanggraphic tersebut.

Kasus diatas adalah satu contoh penerapan youtube marketing sebagai sarana pemasaran. Ada banyak cara promosi melalui youtube, baik secara hard selling ataupun softselling. Bila anda menonton video di youtube mungkin sering menjumpai iklan komersial iklan, nah itu adalah satu bentuk youtube marketing.

Selain dengan cara membuat video sendiri. Banyak perusahaan melakukan endorse atau meminta youtuber untuk mereview produk barunya dengan imbalan uang atau produk tersebut. Nah itu adalah salah satu teknik pemasaran. Inti semuanya adalah melakukan pemasaran.

Mengapa Video dan Mengapa Youtube?

Mengapa kita perlu melakukan pemasaran melalui media video? dan kenapa lebih memilih platform youtube?

Youtube merupakan sebuah situs mesin pencari kedua setelah google yang paling banyak digunakan oleh orang didunia. Artinya, ketika orang mencari informasi mereka akan memanfaatkan youtube. Alahkah baiknya bila bisnis atau produk kita eksis di kedua mesin pencari tersebut.

Menjawab pertanyaan diatas, mengapa lebih memilih video? Berdasarkan penelitian, orang lebih menyukai konten video, dan kenapa tidak kalau menghadirkan konten pemasaran dalam bentuk video? Apalagi generasi millenials sekarang cenderung lebih suka konten visual.

Namun tidak serta merta pemasaran hanya dilakukan di youtube ya gaes, Mengapa? sebab ada pertimbangan seperti target pasar. apakah target pasar anda termasuk orang yang mempunyai koneksi internet? Jika mereka tidak punya koneksi internet yang baik, dapat kamu bayangkan malasnya menonton pemasaran dengan ukuran 100 mb sedangkan kuota sisa 30 mb. tak hanya soal kuota, pertimbanga kecepatan internetpun harus di lihat.

Jangan memilih youtube sebagai satu-satunya media pemasaran, anda perlu memadukan antara youtube dengan sosial media lain, email, website dll.

Cara Melakukan Youtube Marketing

Sebelum anda merencanakan lebih jauh, terlebih dahulu anda perlu mendaftar channel youtube dengan akun Gmail.

Ada beberapa tahapan:

  • Tahan Rencana Awal: melakukan perencanaan mulai dari nama, logo/ identias, desain banner foto profil, tema channel (niche) hingga konten youtube.
  • Tahap Pembuatan Channel: Seteleh punya gambaran kecil channelmu, kamu harus buat channel dengan melengkapi data diri, mengatur semua mulai dari foto, info berupa deskripsi, dan email (penting) setelah itu baru mulai upload video intro.
  • Tahap Pengembangan: Tahapan ini anda mulai rutin membuat konten, mulai dari video promosi atau video lain (Edukasi)
  • Tahap Pemanfaatan: Jika channel anda sudah memiliki banyak subscriber atau bahkan memiliki fans setia. maka kamu tinggal mengelola dan memanfaatkan channel tersebut untuk kepentingan marketing yang kita lakukan.

Jenis Video dalam Youtube Marketing

Secara sederhana pengelompokan video youtube terbagi menjadi dua, yaitu presentasi langsung atau video presentasi layar komputer. Kalau presentasi langsung, pembicara langsung melakukan rekaman depan kamera langsung. Kalau kategori kedua, mereka melakuakn rekaman komputer, namun suara pembicara dibalik itu. Bagi anda yang suka tampil depan kamera, maka hal itu bisa melatih public speaking anda. Kalau presentasi layar komputer cocok untuk presentasi yang berhubungan atau tidak bisa di ungkapkan oleh sebatas penjelasan. perlu tutor (demo) seperti cara membuat blog dll.

Kendati demikian, video promosi tidak harus mengikuti kategori tersebut. bisa juga terdiri dari kumpulan foto atau video. Bila anda pemilik kafe, anda bisa review kade, atau mengajak penonton jalan jalan ke kafe anda.

intinya, selagi brand atau identitas anda ditampilkan dalam video maka itu sebagai sarana marketing.

Apa Saja Kebutuhan Pembuatan Video?

Sebenarnya ada dua hal yang perlu kita persiapkan dalam melakukan youtube marketing, yaitu video dan channel, pertama channel yang perlu dipersiapkan adalah akun google, yaitu untuk pembuatan channel, apabila sudah punya gak usah dipikirkan lagi hehe.

Sedangkan yang kedua adalah video, dimana membutuhkan lebih banyak persiapan seperti:

  • Konsep dan Storyline Video: Agar memudahkan selama kita membuat video maka kita membutuhkan yang namanya storyline. dapat diartikan sebuah naskah yang memandu kita. Selain itu juga ada storyboard, sama saja cuma beda nama saja. jika storyline berupa teks sedangkan storyboard berupa gambar atau sketsa. Dalam storyliine ada beberapa susunan adegan per adegan. plus kalau ada dialog yang diucapkan. Sederhananya dengan adanya sebuah storyline kita dapat tau, kira kria video yang akan terbentuk akan seperti apa.
  • KameraUntuk pengambilan video kita membutuhkan kamera, tak perlu menggunakan kamera canggih. yang terpenting sudah mencukupi. Bisa menggunakan kamera DSLR, mirrorless, apabila masih belum punya, tak harus memaksakan diri, anda bisa memanfaatkan kamera ponsel anda.
  • Perlengkapan Pendukung: Selain kamera, kita juga butuh perlengkapan pendukung seperti tripod untuk menopang kamera, dimana agar kamera stabil. dan lain sebagainya.
  • Software Editing Video: Setelah mengambil video, selanjutnya ke tahap editing video dimana membutuhkan software edit video. bisa menggunakan yang gratis maupun yang berbayar. Kalau saya biasanya menggunakan adobe premier.

Cukup dulu materi kali ini ya guys, kita lanjutkan pada BAB Selanjutnya hehe..

1 KOMENTAR

Comments are closed.