Beranda Pendidikan 7 Upaya Cara Mudah Menghafal Al-Quran Tanpa Terasa Bahwa Sedang Melakukan Hafalan

7 Upaya Cara Mudah Menghafal Al-Quran Tanpa Terasa Bahwa Sedang Melakukan Hafalan

127
0
BERBAGI

Kita tahu bahwa bisa menghafal Al-Quran adalah sebuah kemuliaan tersendiri bagi seseorang yang dapat menghafalnya. Akan tetapi seringkali banyak orang yang kesusahan dalam melakukan hafalan Al-Quran itu sendiri. Ada yang semangat di awal namun pada saat di tengah-tengah semangat mereka hilang. Bahkan tidak melanjutkan hafalannya karena merasa sult sekali untuk menghafal Al-Quran.

Pada dasarnya untuk menghafal Al-Quran kita harus tetap semangat dan selalu istiqomah. Jangan mudah putus asa untuk berbuat kebaikan. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan agar menghafal Al-Quran terasa mudah dan bisa selalu istiqomah :

Kita tahu bahwa bisa menghafal Al-Quran adalah sebuah kemuliaan tersendiri bagi seseorang yang dapat menghafalnya.

1. Niat ( Untuk apa anda menghafal Al-Quran )

Pertama adalah niat, anda harus memahami bahwa menhhafal Al-Quran bukanlah untuk gaya-gaya-an. Bukan untuk dipamerkan kepada orang lain sehingga menjadikan seseorang menjadi sombong. Akan tetapi anda harus lillahita’ala. Yakni menghafal Al-Quran semata-mata hanya karena Allah taala, tidak karena yang lainnya. Sehingga pada saat menghafal anda akan terus bisa istiqomah.

2. Menghafal sedikit demi sedikit

Seperti halnya pepatah ”sedikit demi sedikit lama-lama akan menjadi bukit”. Jika anda mau menghafal Al-Quran jangan tergesa-gesa dalam melakukannya. Jangan merasa ingin cepat hafal karena itu akan membuat diri anda menjadi lebih terbebani. Tetapi lakukanlah dengan penuh kesabaran. Nikmatilah prosesnya maka anda akan mendapatkan hasilnya dikemudian hari.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Kualitas Ingatan Agar Lebih Baik

3. Menghafal di waktu yang tenang

Untuk menghafalkannya sendiri sebenarnya kapanpun saja bisa. Akan tetapi alangkah baiknya carilah waktu yang sekiranya anda bisa fokus dan konsentrasi dalam menghafalkannya. Misal setelah sholat subuh dan maghrib. Karena membaca Al-Quran setelah sholat subuh dan sholat maghrib sangat dianjurkan. Carilah waktu yang tenang dan tempat dimana ketika anda menghafal anda tidak terganggu oleh situasi dan kondisi.

4. Cari teman yang seperjuangan denganmu.

Berbicara mengenai teman, memang kedengarannya sangat sepele. Akan tetapi, pada kenyataannya teman anda sangatlah berpengaruh pada anda. Ketika anda berteman dengan seseorang yang mempunyai misi bahwa ia juga ingin menghafal Al-Quran maka anda juga akan termotivasi untuk bisa menghafalkan Al-Quran juga. Jika anda berteman dengan perampok bukan tidak mungkin anda juga bisa menjadi perampok. Jika anda berteman dengan seorang kyai bukan tidak mungkin anda juga bisa menjadi seorang kyai. Pergaulan pada zaman sekarang memang sangatlah rawan. Maka dari itu hati-hatilah dalam bergaul.

5. Selalu mengulangi kalimat yang dihafalkan

Untuk menjaga hafalan anda perlu mengulangi bacaan-bacaan Al-Quran agar anda tidak mudah lupa. Ulangi secara terus-menerus kata per kata lalu gabungkan menjadi satu kalimat. Jangan tergesa-gesa untuk pindah ke ayat berikutnya sebelum anda hafal secara matang pada ayat tersebut. Setelah dirasa sudah hafal maka pindahlah ke ayat berikutnya.

6. Buat sebuah target

Target ini sangat penting. Karena dengan adanya sebuah target maka anda akn memiliki semangat untuk mencapai target tersebut. Misalnya anda menargetkan dalam satu hari harus hafal 5 sampai 10 ayat. Dalam membuat target tidak perlu terlalu tinggi. Lakukanlah sedikit demi sedikit tanpa terasa anda akan sadar sendiri bahwa anda sudah banyak menghafal.

7. Cari orang untuk mengoreksi hasil hafalan anda

Ketika anda sudah menghafal satu surat misalnya maka anda perlu untuk mencari seseorang yang mau untuk mendengarkan dan mengoreksi bacaan Al-Quran anda. Sehingga apabila terdapat salah kata atau salah dalam pembacaan anda akan tahu dan anda dapat memperbaikinya. Semisal orang tua anda atau teman dekat anda yang tentunya orang yang paham tentang bacaan Al-Quran. Hal ini juga mempermudah seseorang mengetahui mana bacaan yang kurang dan mana yang salah.

Itulah beberapa upaya agar saat kita menghafal Al-Quran tidak terasa begitu berat. Dan agar bisa menjalankannya secara istiqomah. Semoga kalian yang ingin melakukannya selalu diberikan kekuatan dan hidayah oleh-Nya. Dan yang terpenting jangan mudah putus asa.

Komentar dengan facebook