Beranda Fashion dan Seni Turunkan Stres dengan 7 Makanan dan Minuman Enak dan Menyehatkan

Turunkan Stres dengan 7 Makanan dan Minuman Enak dan Menyehatkan

331
0
BERBAGI

Turunkan Stres – Rasa cemas atau stres yang berlebihan dapat dialami semua orang, termasuk diri kita sendiri. Banyak hal yang dapat menyebabkan diri kita menjadi stres , contohnya kita terlalu memikirkan suatu masalah hidup atau masalah tentang pekerjaan kita. Oleh karena itu sangat disarankan bagi anda untuk menenangkan diri dan memikirkan jalan keluar dengan kepala dingin.

Selain itu, nyemil juga merupakan salah satu cara yang dapat menghilangkan stres dan rasa penat kita. Tetapi, tidak semua makanan baik untuk mneghilangkannya. Sehingga kita perlu memilih makan atau minuman yang mengandung banyak nutrisi agar tubuh tetep terjaga kesehatannya.

Berikut merupakan makananĀ  dan minuman yang mampu untuk meningkatkan kesehatan mental. Mari kita simak 7 makanan dan minuman di bawah ini yang dapat meredakan stres yang sedang kita alami.

Pisang

Stres dapat mengakibatkan tekanan darah menjadi naik dan denyut jantung menjadi relatif cepat. Buah pisang memiliki kandungan vitamin A, b dan C yang dapat mengembalikan tekanan darah dan detak jantung menjadi normal, sehingga dengan kita mengkonsumsi buah pisang dapat mengurangi tingkat stres kita secara bertahap.

Alpukat

Buah alpukat kaya akan kalium yang sangat bermanfaat untuk memberikan rasa tenang, sehingga stres yang sedang kita alami dapat berkurang. Tetapi, kita harus mengatur porsi untuk mengkonsumsinya karena meskipun terbentuk buah, alpukat termasuk sebagai asupan lemak.

Coklat

Penelitian menunjukkan bahwa coklat dapat menurunkan tingkat stres yang sedang kita alami. Kandungan dua jenis antioksidan penting yaitu flanovol dan polivenol dalam cokklat lebih bayak daripada kandungan antioksidan dalam jus buah. Tetapi, kita juga harus hati-hati dalam memilih jenis coklat yang akan kita konsumsi. Khususnya, Coklat hitam diketahui dapat menurunkan tekanan darah yang menyebabkan diri kita menjadi tegang. Kita dapat nyemil beberapa bongkahan dalam seminggu tanpa harus khawatir berat badan kita bertambah.

Yoghurt

Turunkan Stres – Yoghurt juga diperkaya dapat meningkatkan serotonin dala otak. Sehingga kita bisa merasa lebih tenang dan mengurangi stres yang kita alami. Sekain itu, yoghurt juga kaya nutrisi penting seperti protein dan kalsium yang dapat membantu kelangsungan pertumbuhan tubuh kita.

Oatmeal

Oatmeal kaya akan serat dan sangat baik bagi kesehatan. Saat kita mengkonsumsi oatmeal, jumlah serotonin di dalam otak akan relatif meningkat, sehingga tingkat stres yang kita alami dapat tersingkirkan.

Ubi

Terdapat hubungan antara zat gluten dalam pola makan dengan kesehatan mental. Dalam sebuah teori kerusakan sistem pencernaan akibat zat gluten memungkinkan zat bocor dari perut dan berpindah ke otak, sehingga akan menimbulkan depresi. Ubi merupakan salah satu makanan alternatif yang bebas gluten dan kaya nutrisi. Oleh karena itu, mengkonsumsi ubi dapat mengurangi gejala depresi serta pederita penyakit celiac.

Kopi

Turunkan Stres – Kafein yang terkandung dalam kopi dapat melindungi kita dari gejala anxiety dan depresi. Zat tersebut dapat meningkatkan kewaspadaan otak pada sinyal dopamin. Tetapi, jangan terlalu banyak untuk mengkonsumsinya. sebagian orang merasakan gejala cemas berlebihan ketika meminum teralu banyak kopi.

Denagn mengkonsumsi makanan di atas, stres yang sedang kita alami tidak dapat hilang begitu saja. Tetapi, makanan dan minuman tersebut sedikit membantu kita mengurangi stres yang sedang kita alami.

Hadapi setiap masalah yang terajdi kepada diri kita agar tidak membuat beban lagi. Utarakan seluruhnya kepada seseorang yang kita percaya, sehingga kita tidak memendam masalah itu sendirian. dan perbanyaklah minum air putih.

Semoga bermanfaat . . .