Beranda Pendidikan Tips Menulis Sajak Yang Perlu Anda Ketahui

Tips Menulis Sajak Yang Perlu Anda Ketahui

145
1
BERBAGI

Menulis Sajak dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti bentuk karya sastra yang sangat mementingkan keselarasan bunyi, kekontrasan, maupun kesamaan. Seringkali para penulis dan para penyair membuat sajak yang begitu indah hingga maknanya sampai kepada pembacanya. Namun, bagi kaum awam rasanya teramat sulit untuk membuat suatu karya sastra tersebut menjadi hal yang indah. Oleh karena itu, mari ikuti tips berikut ini!

Baca Juga: Tips menghasilkan Uang lewat Internet

1. Mulailah membaca buku sajak

Biasanya apa yang kita baca, menentukan apa yang kita tulis. Membaca sajak dari orang lain, bisa menjadi suatu referensi dalam hal penulisan. Namun perlu diingat, bukan berarti kamu menjiplak hasil karya orang tersebut. Kita hanya perlu memahami bagaimana sajak tersebut bisa tercipta dengan sangat indah dan memiliki makna yang tersirat. Mengamati pemilihan kata yang tepat.

2. Tentukan sajak yang ingin ditulis

Dalam membuat sajak, hal ini harus diperhatikan agar sajak yang kita buat tidak sembarangan ditulis. Sajak yang ditulis dapat berupa isi hati sendiri, curahan teman, pengalaman dari diri sendiri, lingkungan sekitar, atau bahkan khayalan yang ada di dalam kepalamu. Sajak yang ditulis dengan perasaan, sudah jelas akan sampai kepada yang membacanya.

3. Menyendiri

Percaya atau tidak, menulis sajak memang paling enak menyendiri. Dalam kesendirian, kamu sudah pasti merasakan ketenangan. Ketika sendirian, pikiran dan segala angamnu bebas berkelana. Itu akan memudahkan hal yang sudah kamu tentukan dalam menulis sajak agar tulisanmu lebih berkembang

4. Buatlah dalam bentuk coretan

Kamu tak perlu takut jika sajakmu tak sebagus para penyair hebat. Kamu harus menghargai hasil karyamu sendiri. Maka, orang lain pun akan menghargai hasil karyamu. Kamu hanya perlu menuangkan apa yang sudah kamu tentukan. Setelah kamu tuangkan, kamu baca ulang sajak yang telah kamu tulis dalam bentuk coretan. Setelah itu, rapihkan dengan beberapa kata yang mungkin bisa diganti dengan yang lebih menarik.

5. Minta pendapat orang terdekat

Setelah sajak dalam bentuk coretanmu sudah rapih dan tersusun, maka cobalah meminta pendapat ke orang terdekatmu. Karena, orang terdekat pasti akan memberikan penilaian yang jujur terhadap karyamu. Bahkan, orang terdekat akan langsung bisa merasakan apa yang telah kamu tulis dalam sajak tersebut. Mintalah masukan dan saran apa yang harus diperbaiki dari sajakmu. Jika orang terdekat sudah memahami sajakmu, maka kamu tak perlu ragu untuk mengunggah sajak yang sudah jadi di semua sosial mediamu.

6. Tambahkan gambar

Jika sajakmu terasa kosong atau sepi dengan latar belakang yang hanya warna hitam atau putih, maka kamu bisa menambahkan gambar hasil jepretanmu sendiri. Dalam hal menambahkan gambar, usahakan gambar yang ditampilkan berkaitan dengan sajak yang kamu tulis. Agar gambar tersebut mendukung tulisanmu. Sehingga, para pembaca lebih bisa menikmatinya. Kamu bisa menulis sajak tersebut di atas gambarmu. Kamu bisa juga mengunggah gambar dengan caption sajak yang telah kamu buat.

Itulah beberapa tips menulis sajak dari saya untuk kamu yang ingin menyampaikan perasaannya lewat sebuah tulisan. Semoga para pembaca dan si “doi” lebih peka terhadap apa yang telah kamu tulis. Jangan malu dan jangan sungkan apabila ingin mengunggah hasil karya sastra berupa sajak ke dalam sosial mediamu. Jika kamu menulis sajak yang sedu, maka bersiaplah orang-orang akan mengira kamu selalu dalam keadaan galau. Selamat mencoba dan selamat menikmati hasil karya sastramu sendiri!

Komentar dengan facebook

1 KOMENTAR

Comments are closed.