Beranda Gaya Hidup 4 Tips Menulis Novel Dengan Baik Dan Benar

4 Tips Menulis Novel Dengan Baik Dan Benar

397
0
BERBAGI

Tips Menulis Novel

ABISNIS – Anda pastinya sudah pernah membaca novel kan? entah itu novel cinta atau novel apapun, saya yakin anda pernah membaca novel, apakah anda pernah memiliki fikiran untuk punya novel sendiri? membuat novel sendiri? sebelum anda memutuskan untuk membuat novel, perlu anda ketahui kalau membuat novel ini tidak semudah membuat cerpen, tidak semudah menulis artikel, karena dalam novel ini terdapat beberapa tahap atau urutan sehingga bisa menjadi kesatuan alur cerita yang menjelaskan tetang kehidupan tokoh, dalam proses membuat novel, memerlukan banyak waktu, jadi kita harus bersabar jika ingin membuat novel.

Bagi anda yang ingin menulis novel atau membuat novel sendiri, lebih baik anda baca dulu beberapa tips menulis novel di bawah ini:

Membuat Alur Dan Sinopsis Novel

tips menulis novel pertama, Sebelum anda menulis novel anda harus terlebih dulu membuat sinopsi supaya bisa dikembangkan lagi ide dan jua pemaparan kareakteristik tokoh yang ada di cerita. kemudian setelah membuat sinopsi adna kembangkan lagi menjadi alur atau storyline, kemudian setelah anda mendapatkan alur, anda bisa mmebuat adegan-adegan menjadi ebih detail lagi, nah inilah yang disebut dengan draf awal. anda harus sering-sering merevisi tulisan anda, hingga menghasilkan draf akhir.

Membuat Cerita Menjadi Menarik

Anda bisa membuat cerita anda menjadi lebih menarik supaya novel yang akan anda hasilkan laku keras, cara membuat cerita menjadi menarik salah satunya adalah dengan memauskan pengalaman atau cerita hidup anda sehari-hari dalam novel adna, imajinasi yang ada di fikiran anda, dan juga berbagai hal menarik lainya. atua anda juga bisa membuat novel kisah nyata atau true story seputar perjalanan hidup anda, dijamin bakal banyak yang tertarik kalau ada embel-embel “True Story”.

Membaca Novel Yang Sudah Terkenal

Dengan membaca novel yang sudah terkenal, anda bisa mengetahui rahasia kenapa sih novel ini bisa laris dan terkenal, anda bisa menganalisa, mungkin karena ceritanya yang gak bikin pusing, atau lucu, dan juga berasal dari kisah nyata, dengan begitu bisa menjadi pembelajaran untuk anda dalam membuat novel.

Jangan Mudah Menyerah

tips menulis novel yang terakhir, Ini yang paling penting, yaitu jangan mudah menyerah, kebanyakan orang akan menyerah ketika mengalami kegagalan, tapi untuk anda yang ingin sukse, maka jangan menjadi orang seperti itu, kegagalan itu hal yang biasa, jadi anda jangan menyerah lantaran novel yang anda tulis tidak menarik, tidak laris, karena ini bisa menjadi pembelajaran untuk anda dalam menulis novel berikutnya.

Demikian yang bisa penulis sampaikan 4 tips dalam menulis novel dengan baik dan benar, semoga bermanfaat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here