Beranda Pendidikan 10 Tips Meningkatkan Minat Anak Pada Pelajaran Matematika

10 Tips Meningkatkan Minat Anak Pada Pelajaran Matematika

201
4
BERBAGI

Matematika merupakan pelajaran yang paling menakutkan bagi beberapa anak. karena matematika merupakan ilmu pasti yang berbau dengan hitungan angka yang dimulai dari satuan hingga ratusan. bagi anak hal ini agak membosankan dan menakutkan dikarenakan beberapa anak pasti tidak menyukai hal-hal yang berpikir seperti menghitung.

padahal matematika lebih banyak dipelajari mulai dari dari jenjang taman kanak-kanak hingga perkuliahan dan kehidupan sehari-hari pun akan membutuhkan matematika sehingga profesi apapun melibatkan matematika sebagai penghitungan atas suatu kegiatan. anak memang memiliki kemampuan otak dan minat yang berbeda-beda.

Baca Juga Jenis Gaya Belajar Seseorang

Adapun 10 tips untuk meningkatkan minat anak pada pelajaran matematika.

1. Ajarkan mulai sejak dini

ajarkan anak menghitung mulai sejak dini akan melatih otak kecerdasan guna membiasakan proses berpikir. mulailah dengan pengenalan angka hingga operasi hitung matematika seperti : pertambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. dengan hal ini anak dapat melatih otaknya untuk berpikir dan terbiasa menemukan pemecahan masalah.

2. Buatlah suasana yang menyenangkan dalam belajar.

belajar pada hakikatnya adalah proses yang tidak tahu menjadi tahu. anak cenderung lebih suka bermain dibandingkan dengan belajar seperti memegang buku dan lainnya. ajaklah anak belajar dengan suasana yang menyenangkan dan tidak menakutkan ataupun tegang. contoh: mengajak anak belajar matematika atau berhitung dengan nyanyian atau permainan atau metode lainnya.

3. Latihlah anak berhitung dengan operasi hitung matematika.

kita tahu tak banyak waktu kita dengan anak disekolah karena disekolah anak sudah dititipkan kepada guru sebagai fasilitator pendidikan guna mengajarkan anak. namun, ketahuilah selain anak belajar di sekolah anak juga butuh belajar di rumah dengan diawasi orang tua atau orang yang lebih mengerti dengan belajar anak. latihlah anak dengan terbiasa latihan maka anak terbiasa mengulas pelajaran disekolah agar tidak kesulitan saat ujian disekolah.

4. Gunakan simbol atau gambar

Guna menarik minat anak dalam menjelaskan pelajaran matematika yang mudah dipahami. apabila anak lebih suka dengan visual maka gunakanlah video pembelajaran interaktif atau video youtube yang menjelaskan seperti konsep berhitung dan cara pengerjaan matematika.

5. Mengajak anak berlomba dalam mengerjakan soal matematika

buatlah reward kecil-kecilan untuk anak agar termotivasi dengan mengerjakan soal matematika terutama pada saat ujian agar mendorong anak dalam meningkatkan prestasi atau nilai yang lebih baik.

6. Ceritakan fakta-fakta menarik tentang matematika.

anak-anak selalu tertarik dengan cerita yang menarik untuk dipelajari. dalam hal ini dapat diceritakan kepada anak mengenai konsep belajar matematika yang baik dan menceritakan sejarah para ahli matematika serta kegunaan nya dalam kehidupan sehari-hari. hal ini dapat menarik minat anak guna mencari tahu dan bertanya mengenai matematika.

7. Menjelaskan dengan rinci hingga paham

anak biasa nya bertanya kepada orang tua nya atau yang lebih tua tentang matematika jika ada tugas atau pr saja. namun hal ini bisa menjadi kesempatan para orang tua atau wali untuk menjelaskan anak konsep pengerjaan dari suatu soal tertentu. apabila orang tua keliru dengan pengerjaannya dapat dilihat di sumber seperti google atau youtube. pandulah anak agar dapat mengerjakan dengan benar.

8. Menunggu moody anak.

seperti yang sudah dijelaskan bahwa anak cenderung lebih banyak bermain dibandingkan dengan belajar. mood anak berbeda-beda tergangtung suasana. jika mood anak sedang baik atau semangat maka gunakanlah kesempatan tersebut untuk melakukan belajar. namun jika sebaliknya maka anak akan bosan dan tidak perlu dipaksakan belajar.

9. Bersabarlah.

orang tua perlu bersabar untuk memotivasi anak dalam belajar khususnya belajar menghitung yang perlu menguji kesabaran. ada tipe anak yang lambat dalam berpikir dan hingga cenderung tidak fokus dalam belajar. maka orang tua harus bersabar dan tetap memotivasi anak guna meningkatkan semangat dalam belajar matematika.

10. Setelah banyak nya usaha maka perlu juga berdoa.

berdoalah bagi para orang tua untuk usaha anak. hal ini sering dilakukan pada saat ujian di sekolah. para orang tua menunggu hasil usaha belajar anak. tak jarang orang tua lebih bertanya kepada anak mengenai hasil ujian matematika dibandingkan dengan ujian lainnya. karena biasanya orang tua banyak yang melihat rapot anak di bidang pelajaran pokok seperti matematika.

Hal ini juga sebagai penentu naik kelas atau lulus atau tidaknya anak pada jenjang bangku berikutnya. untuk para orang tua selalu menyemangati anak agar mengenali diri minat dan bakatnya karena matematika bersifat universal yaitu ilmu yang mencakup semua bidang keilmuan.

Komentar dengan facebook

4 KOMENTAR

Comments are closed.