Beranda Pendidikan Lima Tips Menemukan Jurusan Kuliah yang Sesuai Harapan

Lima Tips Menemukan Jurusan Kuliah yang Sesuai Harapan

391
0
BERBAGI

Jurusan Kuliah – Haii guys. Di artikel pendidikan kali ini kita akan bahas tentang beberapa tips memilih jurusan kuliah yang akan dipilih ketika mendaftar. Sebelumnya, kita sudah tau bahwa banyak sekali universitas yang menyediakan banyak jurusan yang tersebar di beberapa fakultas. Tentunya kita harus pandai dalam memilih jurusan kuliah yang nantinya akan dipilih, karena salah dalam pemilihan jurusan akan berdampak pada studi yang dijalani ketika telah masuk masa perkuliahan nantinya. Banyak yang telah mendapat status mahasiswa, namun pada akhirnya banyak pula yang melepas status tersebut sebelum habis masanya yang disebabkan oleh beberapa faktor, bisa jadi karena merasa salah masuk jurusan, atau tidak sesuai ekspektasi, dan sebagainya. Beberapa tips berikut dapat Anda jadikan pertimbangan untuk memilih jurusan saat akan masuk kuliah nanti. Cek yuk.

  1. Pilih jurusan kuliah yang sesuai minat

Apapun jurusan yang nantinya Anda pilih, ketika Anda memilih sesuai minat maka seberat apapun perkuliahannya tetap mampu untuk menjalaninya. Hal ini dikarenakan minat Anda mengalahkan kerasnya dan ketidaksesuaian ekspektasi yang mungkin dapat terjadi. Baik yang awalnya berasal dari SMA bidang minat IPA yang lintas jurusan mengambil jurusan Akuntansi, misalnya, juga tidak terlalu masalah. Sebaliknya, anak IPS yang notabene tidak pernah mendapat ilmu ilmiah mengambil jurusan Biologi, tetapi karena minat untuk belajar tinggi di jurusan tersebut, maka faktor yang menjadi kendala akan dapat diselesaikan dengan baik.

Lima Tips Menemukan Jurusan Kuliah yang Sesuai Harapan
Lima Tips Menemukan Jurusan Kuliah yang Sesuai Harapan
  1. Sesuaikan dengan passion yang dimiliki

Selain dari faktor minat, Anda juga harus mempertimbangkan passion yang Anda miliki. Jangan terlalu mementingkan ego awal untuk masuk ke suatu jurusan kuliah yang tidak sesuai dengan passion. Terlebih lagi yang lintas jurusan. Apabila tidak memiliki dasar di bidang tersebut, sebaiknya jangan dipaksakan untuk diambil. Hal ini seperti yang telah dikatakan di awal, bahwa hal ini nantinya akan dapat menghambat masa studi dan perkuliahan yang dijalani. Biasanya banyak mahasiswa yang akan menganggap bahwa mereka salah jurusan karena hanya mementingkan minatnya saja. Kuliah sesuai passion juga dapat membantu seseorang untuk menunjang kemampuan yang dimiliki. Misalnya yang suka berbicara di depan publik dan hobby hunting foto, maka dapat masuk di jurusan Ilmu Komunikasi.

  1. Bertanyalah dengan kakak tingkat

Lakukan pendekatan dengan kakak tingkat yang Anda kenal untuk menanyakan bagaimana perkuliahan suatu jurusan yang nantinya Anda ambil. Agar Anda tidak merasa salah jalan. Pendekatan ini juga Anda lakukan agar mendapatkan link informasi terkait faktor-faktor lain yang menunjang dengan jurusan yang Anda ambil.

  1. Peluang Kerja

Pada saat ini, pemilihan jurusan kuliah juga memengaruhi pekerjaan yang akan didapatkan. Karena semakin sulitnya mencari lapangan pekerjaan, sehingga ketika asal memilih jurusan tanpa mempertimbangkan lapangan pekerjaan yang akan didapatkan, bisa jadi malah menambah banyaknya pengangguran. Terkecuali apabila semua mahasiswa berpikiran untuk menjadi wirausahawan setelah lulus dari perkuliahan, maka jurusan apapun juga tidak masalah untuk dipilih. Namun apabila tidak, maka pilihlah jurusan yang nantinya akan membutuhkan Anda setelah lulus nantinya. Peluang kerja ini juga berhubungan dengan cita-cita yang Anda miliki.

  1. Pertimbangkan faktor biaya

Biaya juga dapat memengaruhi studi yang Anda pilih. Misalkan Anda berminat masuk ke jurusan kedokteran, dan telah sesuai dengan passion yang Anda miliki serta memiliki peluang kerja yang bagus. Namun orang tua Anda tidak mampu membiayai kuliah kedokteran yang menurut pandangan orang awam (orang tua) sangatlah mahal. Sehingga Anda juga perlu mempertimbangkan faktor tersebut. Perhatikan bahwa Anda jangan sampai membebani orang tua terlalu berlebih untuk biaya perkuliahan. Jika memang Anda masih bersikeras untuk masuk jurusan tersebut, carilah beasiswa dari daerah Anda untuk mampu membiayai kuliah.

Baca JugaBisnis Menjanjikan Untuk Mahasiswa Perantau

Lima Tips Menemukan Jurusan Kuliah yang Sesuai Harapan
Lima Tips Menemukan Jurusan Kuliah yang Sesuai Harapan

Nah tadi beberapa tips yang mungkin dapat Anda gunakan saat memilih jurusan kuliah agar pada saat telah menjadi seorang wisudawan akan mendapatkan masa depan yang cerah. Semoga apapun jurusan kuliah yang Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda dan orang tua. Nah cukup sekian artikel pendidikan kali ini. Semoga bertemu kembali di artikel pendidikan selanjutnya (red-fii).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here