Beranda Bisnis Tips Bagaimana Mendapatkan Ide dan Peluang dalam Melakukan Perencanaan Usaha

Tips Bagaimana Mendapatkan Ide dan Peluang dalam Melakukan Perencanaan Usaha

372
0
BERBAGI

Apakah kamu tertarik dalam berwirausaha yang sukses? ya pasti dari kita semua ingin sekali menjadi orang yang sukses. Untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses teman-teman harus memiliki perencanaan usaha yang baik.

Berikut aspek-aspek penting yang harus ada dalam perencanaan usaha:

1. Ide dan Peluang Usaha

Yang pertama nii. Seorang wirausahawan harus dapat memanfaatkan peluang usaha secara maksimal dan sistematis di mulai dari analisis sumber-sumber peluang usaha secara luas. berikut beberapa cara untuk mencari peluang usaha:

  • Meneliti berapa luas usaha yang akan di pilih.
  • Bentuk usaha apa yang akan di pilih.
  • Jenis usaha apa yang akan di tekuni.
  • Ada atau tidaknya peta usaha yang menguntungkan.
  • Informasi yang akan di terima.

Nah diusahan survei dulu ya yang seperti diatas jangan asal membuat usaha hehe. Setelah mengidentifikasi peluang usaha,seorang wirausaha harus cermat dalam memilih barang. Nah maka dari itu di perlukan pertimbangan sebelum memulai suatu usaha

Analisis

Menganalisis peluang usaha dimaksudkan untuk menemukan peluang dan potensi usaha yang dapat dimanfaatkan,serta untuk mengetahui besarnya potensi usaha yang tersedia dan berapa lama usaha tersebut dapat bertahan.

Ancaman dan peluang selalu menyertai suatu sehingga penting untuk melihat dan memantau perubahan lingkungan dan kemampuad adaptasi dari suatu usaha agar dapat tumbuh dan bertahan dalam persaingan.

Nah berikut ini terdapat beberapa cara atau metode dalam melakukan pemetaan potensi usaha yang akan digeluti,baik secara kuantitatif maupun kualitatif.

Yaitu analisis SWOT(Strenght,Weakness,Opportunity,Threat.) adalah suatu kajian yang ada terhadap lingkungan internal dan eksternal di dalam sebuah perusahaan/usaha.

Analisis ini didahului oleh proses identifikasi faktor eksternal dan internal untuk menentukan strategi terbaik agar tidak salah langkah,kemudian di lakukan pembobotan terhadap tiap unsur SWOT berdasarkan tingkat kepentingan yang kita butuhkan.

Selanjutnya analisis internal lebih menitikberatkan pada aspek kekuatan (strenght) dan kelemahan (weakness),sedangkan analisis eksternal untuk menggali dan mengidentifikasi semua gejala peluang (Opportunity) yang akan datang serta adanya ancaman (threat) dari kemungkinan adanya pesaing/ calon pesaing.

Jadi analisis SWOT digunakan untuk mengetahui langkah-langkah yan perlu dilakukan dalam pengembangan usaha produk kerajinan/ usaha lainnya sebagai alat penyusun strategi. Analisis SWOT ini didasarkan pada logika untuk memkasimalkan kekuatan dan peluang secara bersamaan dan dapat mengatasi kelemahan serta ancaman.

Nah dengan analsis SWOT ini dapat ditentukan strategi pengembangan usaha produk kerajinan atau usaha lainnya dalam jangka panjang sehingga tujuan dapaat di capai dengan jelas dan dapat dilakukan pengambilan keputusan secara cepat dan tepat.

Secara rinci ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam menganalisis peluang usaha produk kerajinan atau usaha lainnya,sebagai berikut.

2. Penetapan Kelayakan Usaha

Yang berikutnya ni sob yaitu penetapan kelayakan usaha. Hal-hal penting yang harus dilakukan pada saat penetapan kelayakan usaha adalah kemampuan untuk menemukan jawaban tentang apakah peluang usaha produk kerajinan yang di tetapkan dapat dijual,berapa biaya yang di keluarkan serta mampukah usaha produk kerajinan atau usaha lainnya tersebut menghasilkan laba? Berikut ada beberapa langkah yang harus teman-teman lakukan.

1. Analisis Kelayakan Teknis

Yang pertama dalam menganalisis kelayakan teknis perlu diperhatikan berbagai macam teknis pembuatan usaha. Ada berbagai macam teknis yang dapat dilakukan dalam pembuatan suatu usaha

2. Analisis Peluang Pasar

Apabila kita ingin melakukan sebuah usaha kita harus mengetahui informasi tentang pasar,karena tujuan usaha yang ingin kamu buat ini untuk memenuhi permintaan pasar. Oleh karena itu di perlukan riset pasar . Riset ini dilakukan untuk menemukan pasar yang menguntungkan,menerpakan teknik pemasaran yang baik,dan merencanakan sasaran pelanggan

Riset pasar bertujuan mengumpulkan informasi dalam rangka pengambilan keputusan tentang usaha kerajinan yang akan di buka.

3. Sumber Informasi Pasar

Informasi pasar digunakan untuk mengevaluasi peluang pasar masa sekarang dan yang akan datang dari usaha yang anda akan geluti. Informasi tersebut dilakukan dengan melakukan penelitian secara spesifik untuk mengumpulkan data primer,dan menemukan data-data relevan yang berasal dari suatu lembaga seperti badan statisitk.

4. Uji Coba Menjual

Uji coba dalam menjual barang yang kita buat cendrung menjadi teknik riset utama untuk mengurangi risiko pada suatu usaha dan dapat menilai keberhasilannya. Metode yang digunakan adalah antara lain pameran perdagangan,menjual pada sejumlah konsumen terbatas, dan menggunakan uji coba pasar dimana penerimaan calon pembeli bisa diamati dan di analisis lebih dekat.

5. Studi Kelayakan Pasar

Nah yang terakhir ialah studi kelayakan pasar. Studi kelayakan pasar bagu usaha baru cendrung memakan waktu dan merupakan kegiatan yang sangat rumit. Bagaimana pun kegiatan ini harus dilakukan untuk mengurangi risiko kerugian dan kegagalan suatu usaha .

 

Jadi itulah beberapa tip bagaimana mendapatkan ide dan peluang suatu usaha jika ingin melakukan suatu usaha ya teman-teman.

Semoga bermanfaat

Baca juga: 7 Bisnis dengan Modal Minim Yang Harus Anda Ketahui

Baca juga: Jenis dan Penggolongan Tenaga Kerja serta Pekerjaannya

Baca juga: 7 Cara Menjadi Youtuber Pemula yang Baik

Komentar dengan facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here