Beranda Gaya Hidup Tips Agar Presentasi Berjalan Maksimal

Tips Agar Presentasi Berjalan Maksimal

146
0
BERBAGI

Presentasi merupakan sebuah kegiatan untuk mendeskripsikan atau membawakan hasil penelitian seseorang yang dikemukakan secara terbuka kepada audience. Dengan presentasi ini diharapan audience memahami maksud dan tujuan isi presentasi. Artikel ripytime by inggilpratiwi kali ini akan membahas secara detail tentang tips agar presentasi berjalan maksimal.

Sumber gambar: Google.com

Bagi kalian yang sekarang duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA) dan juga kuliah pasti sudah tidak asing lagi dengan presentasi. Betapa tidak hampir setiap guru atau dosen mata pelajaran atau kuliah memberikan tugas untuk membawakan presentasi terkait dengan pelajaran.

Selain itu juga pasti para aktivis-aktivis organisasi SMA dan kampus tidak asing lagi dengan kata-kata presentasi. Yup, karena mereka jauh lebih sering untuk presentasi di depan umum. Namun yang menjadi pertanyaannya, pernahkah kalian gugup saat presentasi? Atau pernahkah kalian bertanya bagaimanakah tips agar presentasi berjalan maksimal?

Sebenarnya maksud dari dosen, guru, atau organisasi sekalipun itu baik memberikan tugas presentasi kepada mahasiswanya. Secara tidak langsung itu melatih keterampilan kita berbicara didepan umum agar kita memiliki performa public speaking yang bagus. Adapun manfaat-manfaat dari softskill ini adalah mampu meningkatkan kepercayaan diri seseorang, meningkatkan kreativitas dalam teknik public speaking, dan juga meningkatkan keterampilan kerjasama tim apabila presentasi dilakukan secara kelompok. Akan tetapi, banyak beberapa pernyataan muncul bahwa “saya tidak bisa presentasi yang menarik”.

Buat kamu yang melihat artikel ini cepat hilangkan fikiran tersebut dan bacalah penjelasan dibawah ini tentang tips agar presentasi berjalan maksimal.

Cari tahu sumber pustaka tentang topik presentasi

Apabila kita telah mengetahui topik presentasi, lakukanlah pencarian yang terkait dengan topik. Banyak sekali sumber pustaka yang dapat digunakan, yaitu buku, artikel, jurnal, skripsi, thesis, dan juga internet. Hal ini bertujuanĀ  untuk mengetahui secara pasti tentang topik yang diberikan (apabila kamuĀ  asing dengan pemberian topik). Selain itu bertujuan untuk mencari sumber informasi yang akan menjadi sumber isi presentasimu.

Tentukan arah dan buatlah subtopik presentasimu.

Ketika topik sudah diberikan oleh dosen atau atasan dan melakukan pencarian dari berbagai sumber, lanjutkan dengan arah subtopik yang akan menjadi point isi presentasimu. Ingat pada tahap ini tingkat kekreativitasanmu mulai akan digunakan menentukan seberapa relevan dan menarik subtopikmu terhadap topik yang diberikan. Berlandaskan pencarianmu pada tahap sebelumnya buatlah subtopik isi yang kamu nilai paling mendekati dengan topik presentasi.

Tulis Isi presentasi dengan menarik

Apabila kamu presentasi menggunakan powerpoint atau alat lainnya perhatikan tahap ini. Selanjutnya adalah proses menulis isi presentasi. Ada baiknya isi presentasi ditulis dengan menggunakan point-point penting saja. Kamu dapat menjelaskan uraian isi pada saat presentasi. Selain itu, buatlah tampilan penulisanmu dengan kreatif agar mudah dibaca orang. Termasuk memilih background, image, sampai shape yang enak dilihat dan relevan dengan isi presentasimu. Hindari background dan efek powerpoint yang berlebihan agar orang yang membaca tidak terlalu pusing. Ketiga hal ini akan menjadi point plus bagi kamu dalam membawakan presentasi.

Pelajari dan latihlah isi presentasmu

Setelah selesai kamu membuat isi presentasi, ada baiknya kamu pelajari isinya. Kegiatan mempelajari isi presentasi termasuk didalamnya menentukan uraian-uraian yang akan kamu sampaikan ketika presentasi. Kemudian, kamu juga dapat memperlajari lebih lanjut mengenai topik kamu sebagai antisipasi jawaban ketika sesi tanya jawab forum. Selanjutnya latihlah diri kamu didepan cermin seakan kamu sedang menatap para audience. Latihan ini dapat memberikan kepercayaan diri dan perbaikan pemilihan diksi presentasimu agar presentasi dapat dipahami audience dan sesuai dengan topik.

Pembawaan saat presentasi

Inilah yang ditunggu-tunggu dari awal proses presentasi. Beberapa tips dari saya untuk membawakan presentasi, yaitu :

  1. Pastikan kamu paham materi presentasi, minimal secara general isi presentasi yang akan kamu bawakan.
  2. Berbicaralah dengan yakin apa yang akan kamu sampaikan. Dengan demikian, kamu akan dinilai menguasai materi presentasi.
  3. Tambahkan gerakan tangan agar pembawaan presentasi menjadi lebih menarik.
  4. Hindari membawa catatan kertas atau uraian pada saat presentasi. Hal ini akan menurunkan tingkat performa kamu.
  5. Hindari juga untuk membaca teks yang ada di slide powerpoint. Gunakan uraianmu sendiri untuk menjabarkan point isi.
  6. Tataplah audience secara merata pada saat presentasi. Hindari untuk meilhat ke atap (keatas), jendela, ataupun lantai (bawah).
  7. Ketika memasuki sesi tanya jawab, jawablah pertanyaan dengan awalan “Saya akan mencoba menjawab pertanyaan dari saudara….”
  8. Jawablah pertanyaan dengan yakin. Seberapa anda mempelajari materi anda akan berguna pada tahap sesi tanya jawab ini.

Itulah seputar tips agar presentasi berjalan maksimal dari saya, semoga bermanfaat.. Jangan lupa untuk selalu berusaha..

 

 

 

Komentar dengan facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here