Beranda Pendidikan 16 Tipe Mahasiswa yang Sering Muncul Saat Perkuliahan

16 Tipe Mahasiswa yang Sering Muncul Saat Perkuliahan

655
1
BERBAGI

Tipe Mahasiswa – Selamat datang di artikel saya, dan selamat datang juga buat kamu yang hatinya masih tidak ada yang punya. Kali ini, Kinay mau tanya nih. Gimana menurut kalian dengan kondisi Negara ini saat sepuluh tahun atau dua puluh tahun kedepan ?. Masihkah sama seperti saat ini ataukah akan berubah? Seandainya Negara ini berubah, akankah berubah menjadi lebih baik atau malah lebih buruk daripada saat ini ? Hmm.

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut terletak pada para generasi penerus bangsa ini alias para pemuda bangsa. Kalo boleh mengutip kalimat Bung Karno nih “Beri aku seribu orang tua, niscaya akan ku cabut Semeru dari akarnya. Beri aku sepuluh pemuda, niscaya akan ku guncang dunia”. Coba bayangkan betapa pentingnya peran pemuda untuk bangsa ini.

Berbicara tentang pemuda, tak lepas kaitannya dengan mahasiswa dan mahasiswi bangsa ini. Karena tak lain dan tak bukan 98,99%  (versi Kinay) kata pemuda merujuk kepada para mahasiswa bangsa ini. Jadi, bisa dikatakan kalau nasib bangsa untuk beberapa tahun kedepan terletak pada tangan para mahasiswa saat ini.

Untuk itu sekiranya perlu kita mengenal dan mengetahui tipe-tipe mahasiswa secara umum sebagai pertimbangan untuk keberlangsungan bangsa ini. Dan juga buat kalian yang masih belum kuliah atau mahasiswa semester 1, bisa nih dijadikan referensi buat diri kalian mau jadi seperti apa pas kuliah nanti. Berikut adalah tipe-tipe mahasiswa secara umum yang berhasil Kinay rangkum :

16 Tipe Mahasiswa yang Sering Muncul Saat Perkuliahan

  1. Mahasiswa Pencari Nilai

Tipe mahasiswa seperti ini biasanya mahasiswa yang selalu aktif dalam setiap mata kuliah yang diberikan dosen. Tidak pernah absen bertanya dan selalu berusaha mencari muka di depan dosen supaya mendapat nilai bagus. Segala cara dia lakukan untuk mendapat predikat baik di depan dosen, salah satunya seperti menjatuhkan teman dengan membuat pertanyaan ribet yang intinya muter-muter supaya ga bisa dijawab.

Tingkat kesolid-an mahasiswa seperti ini sedikit diragukan, karena terkadang ia hanya mementingkan diri sendiri tanpa melihat kondisi teman teman nya. Jika ada tugas kelompok, pastinya tipe ini sangat bisa diandalkan untuk mengerjakan tugas, jadi kalian bisa bernafas lega atau santai bila sekolompok dengan tipe ini.

  1. Mahasiswa Organisatoris

Tipe Mahasiswa – Mahasiswa seperti ini sedikit banyak pasti tau bagaimana roda kehidupan suatu organisasi berjalan, karena tipe seperti ini banyak berperan dalam organisasi (baik  organisasi intra maupun organisasi ekstra kampus). Selalu memperjuangkan nasib mahasiswa dan berpihak penuh pada mahasiswa. Kegiatan utamanya adalah rapat sampai sampai pulang ke kos atau rumah cuma buat makan + mandi aja. Bahkan ada yang sampai menjadikan kesekretariatan / basecamp organisasinya sebagai rumah kedua pengganti kos atau rumahnya. Bicara soal nilai, tak semua nilai yang di dapat mahasiswa organisatoris buruk kok, bahkan banyak diantara mereka yang nilainya bagus meskipun sibuk dengan kegiatan organisasinya. Mereka yang nilainya kurang karena manajemen waktunya saja yang kurang tepat. Namun dibalik itu semua, ada banyak pengalaman berharga yang mereka dapat dari berorganisasi yang tidak akan mereka dapatkan hanya dengan belajar teori di kelas saja.

  1. Mahasiswa Gila Jabatan

Hmm jangan ditiru ya gaes mahasiswa seperti ini, karena yang ada di pikirannya hanyalah bagaimana mereka bisa mendapat jabatan tinggi di banding teman-teman yang lain. Seperti menjadi Komting, Ketum suatu Organisasi, atau bahkan Presma (Presiden Mahasiswa). Mahasiswa jenis ini juga aktif di Organisasi loh yaa. Boleh sih ditiru, asal niatnya baik saja. Tapi ya, namanya aja udah gila jabatan ya, jadi penuh ambisi untuk meraih posisi tertinggi.

  1. Mahasiswa Asmara

Tipe mahasiswa seperti ini adalah tipe mahasiswa yang mempunyai banyak pasangan di kampusnya. Meskipun pasangannya gak banyak, tapi paling tidak ada lah yaa buat sekedar diajak muter muter kampus. Kemana-mana selalu berdua (udah kayak perangko aja, nempel).

  1. Mahasiswa Rempong

Mahasiswa seperti ini yang biasanya bikin suasana kelas jadi rame. Karena ada aja hal-hal ga penting yang diomongin sama temen-temen satu geng nya sampe teriak-teriak ga karuan. Gosipin temen sendiri juga kadang adalah suatu rutinitas yang lumrah bagi mereka. Selalu update tentang hal hal yang lagi booming baik di kampus maupun di luar kampus. Rempong banget dah tipe mahasiswa kayak begini. Mahasiswa seperti ini biasanya sering ngomong blak blakan, ya walaupun omongannya bener, tapi kadang nyakitin juga. Oh ya gaes hati hati sama mahasiswa seperti ini, karena bisa bisa kalian jadi bahan pembicaraan mereka loh.

  1. Mahasiswa Gamers

Games memang penting sih buat sekedar hiburan dikala tugas dari dosen melanda. Tapi apa jadinya kalo sampe kecanduan? Hmm ada juga loh tipe mahasiswa gamer seperti ini. Bahkan tak segan mereka main game pas dosen lagi jelasin. Untungnya Dewi Fortuna masih berpihak pada mereka, jadi ga ketauan dosen deh. Jenis game apapun ada di gadget mereka.

  1. Mahasiswa Aktif Bisnis

Bisa dibilang mahasiswa tipe ini ngerti banget sama kebutuhan anak kos wkwk. Mereka selalu tau apa saja yang dibutuhkan anak kos dan menjadikannya sebagai ladang bisnis misalnya mereka jual pulsa. Cukup kreatif sih idenya dan membantu memudahkan hidup anak kos. Apapun hal yang ada dengan mereka bisa berubah jadi bisnis yang menguntungkan.

  1. Mahasiswa Religius

Ditengah mahasiswa yang sedang sibuk dengan jam kuliah yang padat, pasti ada diantara mereka yang mengingatkan dan mengajak untuk sholat. Iyaa mereka itulah si mahasiswa religius. Sering mengingatkan teman-temannya yang berbuat salah, sering jadi imam waktu sholat berjamaah di Masjid, dan aktif dalam kegiatan kerohanian yang berhubungan dengan kepercayaan yang di anutnya. Subhanallah yaa sama mahasiswa tipe ini. Sholat aja dijaga, apalagi kamu eeaaa baper.

  1. Mahasiswa Sport

Hidup sehat memang perlu. Jadi tak heran, jika ada mahasiswa tipe seperti ini yang sangat menyukai olahraga seperti futsal, basket, badminton, dll. Mahasiswa ini sangat diandalkan ketika ada Turnamen olahraga antar kelas, fakultas, maupun universitas karena memang hobinya dalam bidang olahraga. Jika tak bisa mengharumkan nama universitas lewat prestasi akademik, apa salahnya jika mencoba pretasi non akademik seperti olahraga.

  1. Mahasiswa Ngopi

Tipe mahasiswa yang menyelesaikan semua urusannya dengan ngopi terlebih dahulu. Menurutnya dengan ngopi pikiran akan lebih tenang. Tau semua tempat ngopi dan café di daerah sekitar. Bagi mereka, tiada malam tanpa ngopi dan nongkrong bareng sohib mereka.

  1. Mahasiswa Gopoh

Paling ga suka sama mahaiswa yang seperti ini. Apa-apa dibuat ribet dan gopoh. Nanya kesana kemari dengan kegopoan-nya. Padahal yang membuat gopo adalah dirinya sendiri karena tidak bisa berpikir tenang dan bawaannya selalu ribet. Sampai kadang teman yang ditanya pun juga ikutan gopoh gegara ga paham sama apa yang ditanyakan dan akhirnya jadi gopoh semua deh.

  1. Mahasiswa Santai Tapi Gopoh

Awalnya aja sih keliatan santai. Disaat yang lain sibuk dengan deadline tugas satu minggu dari dosen, mahasiswa tipe ini masih santai dengan dunianya sendiri. Baru ketika H-1 pengumpulan tugas mahasiswa ini akan gopo  karena hanya dia sendiri yang belum mengerjakan tugas. Ibarat kata jika yang lain berakit rakit  ke hulu berenang ketepian, mahasiswa tipe ini malah sebaliknya. Yaa paham sendiri lah apa maksudnya.

  1. Mahasiswa Ajaib

Ada juga mahasiswa ajaib seperti ini. Kata ajaib bukan berarti bisa ngilang dalam sekejap terus muncul lagi dengan kostum yang beda loh yaa. Ajaib disini maksudnya mereka selalu beruntung dalam setiap urusannya. Bayangin aja pas ada tugas dari dosen mereka ga pernah pusing ngerjain karena mereka selalu bermakmum pada temannya. Pas lag UTS / UAS pun juga sama. Masalah nilai, lulus dari mata kuliah yang sedang di ambil aja, mereka udah bersyukur, lebih lebih jika nilainya memuaskan.

  1. Mahasiswa Pecinta Film

Rata rata jenis mahasiswa tipe ini adalah cewek. Iyaa, sekumpulan cewek cewek yang mengoleksi film-film atau drama-drama Korea dari episode awal sampai akhir. Mau nanya drama apa aja sama mereka pasti mereka punya. Emang dasar kpop lovers yaa. Namun, tak hanya cewek, cowok pun juga ada yang mengoleksi film-film, dan biasanya Film Movie (The Avengers, Justice League, dll) atau Anime (Naruto,Bleach, Dragon Ball, dll).

  1. Mahasiswa Stylish

Mahasiswa tipe ini biasanya menjadi sorotan cewek-cewek atau cowok-cowok di kampusnya. Mulai dari pakaiannya yang serba kekinian dan juga gayanya yang keren. Tak heran jika banyak yang suka atau jatuh cinta pada mahasiswa tipe ini. Karena memang style nya cool abis. Gaya berpakaiannya selalu mengikuti tren yang sedang booming.

  1. Mahasiswa Misterius

Tipe mahasiswa seperti ini sulit di deskripsikan lewat kata-kata. Keadaannya yang tak banyak diketahui oleh orang lain. Kadang mahasiswa ini bisa cerdas, tapi kadang juga bisa malas. Kadang nyebelin tapi kadang juga lucu. Kadang jahat dan kadang baik. Intinya mahasiswa ini penuh dengan kata “kadang-kadang”.

Itulah beberapa tipe mahasiswa yang berhasil Kinay rangkum. Jadi bisa dilihat ya gaes, mahasiswa tipe seperti apa yang bisa membawa bangsa ini untuk lebih baik kedepannya. Paling tidak jika dari tipe mahasiswa diatas tidak ada yang cocok untuk memimpin bangsa ini, kita bisa memperbaikinya dimulai dari sekarang.

Sekian dari saya, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Sedikit kata-kata mutiara dari saya.

“Jadilah seperti apa yang kamu inginkan, karena kamu tokoh utama dalam cerita hidupmu sendiri – Kinay, 2018”.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here