Beranda Pendidikan Tahapan Tahapan untuk Menyusun Skripsi yang Benar

Tahapan Tahapan untuk Menyusun Skripsi yang Benar

105
0
BERBAGI

Tahapan Menyusun Skripsi dengan benar sangatlah penting. Skripsi adalah tugas akhir yang harus dikerjakan oleh mahasiswa untuk memenuhi persyaratan kelulusan. Artinya, mahasiswa dalam suatu institusi dapat lulus apabila mampu menyelesaikan skripsi. Skripsi adalah tugas yang berupa penelitian terhadap suatu masalah yang terjadi di lapang dan penyelesaiannya, kemudian ditulis dalam bentuk laporan. Dalam pembuatan skripsi ada tahapan-tahapan yang perlu dilakukan oleh mahasiswa. Banyak dari mahasiswa belum mengetahui apa yang harus dilakukan pertama kali dalam pembuatan skripsi. Pada akhirnya mereka bingung dalam menyelesaikan skripsinya. Berikut adalah panduan dalam menyusun skripsi agar mahasiswa dapat menyelesaikan skripsinya dengan mudah.

Langkah pertama: Mengidentifikasi Masalah dalam Penelitian

www.berbagaireviews.com

Langkah pertama ini merupakan langkah yang paling sulit, yaitu mengidentifikasi masalah dalam penelitian. Pada tahap ini mahasiswa harus kritis dan pandai dalam menemukan suatu permasalahan yang ada. Ada beberapa cara dalam menemukan permasalahan, yaitu dengan turun langsung ke lapangan. Cara ini efektif  karena dengan terjun langusung ke lapang, kita bisa tahu kondisi yang sebenarnya. Setelah kita tahu, kita dapat mencari celah dalam suatu keadaan di lapang yang itu menjadi masalah dan perlu diselesaikan.

Langkah Kedua: Meninjau Ulang Literatur

today.mims.com

Pada tahap ini, setelah kita menemukan permasalahan yang ada di lapang, sebaiknya membaca literatur pendukung. Tujuannya adalah mencari referensi terhadap penelitian yang akan kita lakukan. Tak jarang juga banyak dari mahasiswa menemukan masalah dengan membaca literatur. Karena ada banyak literatur yang mengandung saran dari penulis terkait topik penelitian yang bisa dilanjutkan. Semakin banyak literatur yang kita baca, maka kita semakin kritis dan mudah dalam menemukan masalah atau topik penelitian. Apabila pada tahap pertama kita sdah menemukan penelitian, pentingnya membaca literatur yang relevan dengan masalah yang kita temui di lapang.

Langkah Ketiga: Menentukan Tujuan yang Spesifik

today.mims.com

Langkah ketiga ini mengharuskan kita untuk menentukan tujuan dalam penelitian. Dalam arti, sangat penting bagi kita untuk membuat batasan masalah kemudian tujuan kita melakukan penelitian. Perlunya kita menentukan tujuan yang spesifik adalah agar bahasan dalam skripsi lebih fokus dan terarah. Tujuan yang spesifik inilah yang akan menjadi pijakan dalam menyelesaikan skripsi.

Langkah Keempat: Memilih Metode Penelitian

today.mims.com

Langkah keempat ini yaitu menentuka metode penelitian. ada tiga metode yang biasanya dipakai oleh seorang peneliti. Metode yang pertama adalah pendekatan Kualitatif. Pendekatan ini cocok untuk peneliti yang ingin meneliti mengai gejala-gejala sosial yang terjadi dalam masyarakat. Pendekatan kualitatif lebih kepada fenomena-fenomena alam yang terjadi. Landasan berfikirnya mengenai gejala-gejala sosial. Tidak hanya itu, pendekatan ini juga mempelajari makna-makna yang ada pada gejala sosial itu. Selanjutnya adalah pendekatan Kuantitatif, yaitu pendekatan penelitian yang bersifat obyektif. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif mencakup pengumpulan dan analisis data kuantitatif. Selain itu, pendekatan ini menggunakan metode pengujian statistik. Dan yang terakhir adalah pendekatan Kuantitatif-Kualitatif yang mana menggabungkan pendekatan keduanya.

Langkah Kelima: Memilih Partisipan dan Mengumpulkan Data

ilhamajji.blogspot.com

Setelah menentukan metode penelitian, langkah selanjutnya yaitu memilih partisipan dan mengumpulkan data. Pada tahap ini peneliti harus turun ke lapang untuk memilih partisipan guna mengumpulkan data. Teknik pengumpulan data ada yang primer, dan ada juga yang sekunder. Teknik pengumpulan data primer dapat dilakukan dengan wawancara, diskusi kelompok terfokus (Focus Group Discussion), observasi da pengisian angket. Sedangkan teknik pengumpulan data sekunder dapat dilakukan dengan melihat data BPS, dinas pertanian, dinas peternakan, dan lain-lain.

Langkah Keenam: Analisis Data dan Melaporkan Hasil

satujam.com

Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan alat analisis yang telah dipilih. Pada tahap ini pentingnya membaca banyak literatur yang relevan dengan penelitian kita. Karena pada tahap ini, setalah data dianalisis, selanjutnya membandingkan kondisi lapang dengan teori yang sudah ada. Artinya, hasil yang telah diperoleh setelah analisis data, dibandingkan dengan penelitian yang sudah ada dan teori yang relevan. Pada tahap ini, mahasiswa dituntut untuk banyak membaca literatur untuk menunjang hasil penelitian.

Langkah Ketujuh: Membuat Kesimpulan

skripsi
www.berbagaireviews.com

Tahap ini adalah tahap terakhir pada penelitian skripsi. Pada tahap ini kita harus menyimpulkan hasil penelitian yang telah kita lakukan. Kesimpulan dapat ditulis dengan menjawab tujuan yang telah dibuat di awal. Pada tahap ini, diharapkan pembaca dapat mengetahui jawaban atau solusi terhadap masalah penelitian. Tujuan dari penelitian adalah menjawab permasalahan yang ada. Dalam tahap ini juga dapat ditambahkan saran. Saran ini berisi pesan yang dapat dilakukan oleh masyarakat atau pemangku kebijkan untuk membantu menyelesaikan masalah yang ada. Selain itu saran juga dapat berisi anjuran penulis untuk pembaca agar dapat meneruskan penelitiannya.

Komentar dengan facebook