Beranda Pendidikan Strategi Belajar yang Baik untuk Mahasiswa

Strategi Belajar yang Baik untuk Mahasiswa

67
0
BERBAGI

Strategi belajar yang baik bagi mahasiswa belum banyak diterapkan di Indonesia. Belajar adalah mengembangkan potensi dan bakat seseorang yang didapat dari pengalaman dan latihan. Hal ini mengakibatkan ketidaksiapan mahasiswa dalam menghadapi ujian. Padahal jika kita amati, sebenarnya mahasiswa memiliki banyak waktu luang. Akan tetapi, mereka belum bisa memanfaatkan waktu luang itu. Sehingga yang terjadi, mereka kurang persiapan dalam menghadapi ujian. Tak jarang juga mereka menerapkan SKS (Sistem Kebut Semalam). Metode ini juga kurang efektif karena harus menguasai semua materi dalam semalam. Oleh karena itu, perlu adannya cara agar mahasiswa mampu mengoptimalkan waktu belajarnya. Tujuannya adalah meningkatkan prestasi mahasiswa. Strategi belajar yang efektif yang dapat diterapkan yaitu:

Belajar sebelum kuliah

wap.mi.baca.co.id

Strategi belajar sebelum kuliah ini sangat efektif untuk dilakukan. Biasanya dalam perkuliahan, kita bisa mengetahui materi apa yang akan dipelajari selanjutnya. Untuk itu, alangkah baiknya jika kita mempelajari materi selanjutnya. Tujuannya apabila dosen menjelaskan, kita telah paham terlebih dahulu. Strategi ini dapat meningkatkan pemahaman kita terhadap materi. Strategi ini juga sangat menguntungkan apabila sewaktu-waktu dosen kita meminta untuk pre test. Ketika itu terjadi, kita sudah paham materi yang akan disampaikan, dan dapat mengerjakan pre test secara maksimal. Oleh karena itu, belajar sebelum kuliah cocok untuk dilakukan oleh mahasiswa.

Belajar setelah kuliah

www.quipper.com

Strategi ini jarang sekali dilakukan oleh mahasiswa. Padahal apabila strategi ini diterapkan, manfaatnya sangat besar. Biasanya mahasiswa setelah perkuliahan sibuk dengan urusan masing-masing. Entah organisasi, berbisnis, nongkrong dan lain sebagainya. Alangkah baiknya, apabila setelah perkuliahan menyempatkan waktu sejenak untuk belajar. Belajar materi yang telah disampaikan dosen saat perkuliahan. Strategi ini angat cocok dilakukan oleh mahasiswa. Tujuannya adalah agar mahasiswa lebih mengerti dan melekat mengai materi tersebut. Untuk mengulang apa yang disampaikan oleh dosen, tidak butuh waktu lama. Cukup membaca ulang materi yang sudah dicatat dan mengingat kembali apa yang disampaikan dosen.

Bertanya pada teman

caritemanmakan.hipwee.com

Banyak mahasiswa yang malu bertanya ketika di kelas. Alasannya karena malu sama temannya, malu dengan dosen, grogi dan lain sebagainya. Padahal pemahaman terhadap suatu materi itu sangat dibutuhkan untuk meningkatkan prestasi akademik. Strategi belajar selanjutnya adalah bertanya pada teman apabila kita kurang mengerti. Biasanya dalam satu kelas, ada teman kita yang benar-benar paham terhadap materi. Apabila kita adalah orang pemalu berbicara di forum, sebaiknya menggunakan strategi ini. Banyak mahasiswa malu bertanya pada dosen, alasannya bermacam-macam. Apabila kondisinya seperti itu, sebaiknya kita bertanya pada teman yang lebih paham. Bertanya pada teman lebih efektif dari pada bertanya pada dosen bagi orang yang pemalu. Oleh karena itu, mahasiswa bisa bertanya ketika sudah selesai perkuliahan. Tujuannya meningkatkan pemahaman terhadap suatu materi.

Bertanya pada dosen

www.duniadosen.com

Strategi ini juga sangat cocok untuk dilakukan. Apabila mahasiswa yang sangat aktif di kelas, mereka tak segan untuk bertanya pada dosen. Tek jarang juga apabila sudah menyelesaikan perkuliahan, mereka menemui dosen dan bertanya lagi. Hal itu menyebabkan mahasiswa lebih mengerti dan paham terhadap materi. Hanya saja strategi ini sangat jarang dilakukan oleh mahasiswa. Banyak mahasiswa yang bertanya pada dosen ketika di kelas. Akan tetapi, sangat jarang menemui mahasiswa yang menghampiri dosennya setelah selesai perkuliahan. Padahal apabila strategi ini diterapkan, banyak manfaat yang akan kita ambil. Bukan hanya paham dan mengerti terhadap suatu materi, melainkan bisa lebih akrab dengan dosen. Setelah kita akrab denga dosen, maka apabila sewaktu-waktu mengajak diskusi akan lebih nyaman.

Itulah strategi-strategi yang cocok untuk diterapkan mahasiswa. Untuk meningkatkan prestasi akademik tidak hanya tekun belajar, melainkan harus menerapkan strategi belajar yang efektif dan efisien.

Komentar dengan facebook