Beranda Bisnis Definisi dan Dampak Kekuatan Sosial, Politik, Ekonomi Dalam Organisasi

Definisi dan Dampak Kekuatan Sosial, Politik, Ekonomi Dalam Organisasi

880
0
BERBAGI

MANAJEMEN DAN ORGANISASI

Mempelajari sejarah bukan berarti sekedar mengurutkan berbagai kejadian secara kronologis, melainkan membangun pemahaman terhadap dampak berbagai kekuatan sosial terhadap organisasi. Mempelajari sejarah adalah salah satu cara untuk membangun cara berpikir strategis, melihat gambaran besar, dan meningkatkan keterampilan konseptual. Kita mulai dengan mempelajari bagaimana kekuatan sosial, kekuatan politik, dan ekonomi memengaruhi organisasi dan praktik manajemen.

Baca terlebih dahulu : Tipe-tipe persaingan pasar

Kekuatan Sosial

Kekuatan sosial (social forces) adalah aspek-aspek budaya yang membimbing dan memengaruhi hubungan antar manusia. Apa yang dinilai berharga oleh manusia? Apa yang diperlukan manusia? Apa saja standar perilaku manusia? Kekuatan-kekuatan ini menentukan apa yang dikenal sebagai Kontrak sosial yaitu aturan dan pandangan tidak tertulis mengenai hubungan antar manusia dan juga antara karyawan dengan manajemen.

Kekuatan sosial yang signifikan di masa ini adalah perubahan sikap, pemikiran, dan nilai-nilai yang dianut oleh karyawan dari generasi Y (terkadang di sebut Nexters). Para pekerja berusia muda ini, sebagai generasi paling terdidik dalam sejarah Amerika Serikat, tumbuh mahir dengan teknologi dan sadar akan globalisasi. Tidak seperti pekerja di masa lampau, mereka umumnya tidak ragu untuk mempertanyakan atasan mereka dan menantang status quo. Mereka menginginkan lingkungan kerja yang menantang dan mendukung, yang memiliki akses terhadap teknologi canggih, kesempatan belajar dan meningkatkan karier dan tujuan pribadi mereka, serta kekuatan untuk mengambil keputusan dan perubahan penting di tempat kerja. Selain itu, pekerja Gen Y menggagas fokus terhadap keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan, seperti tercermin dalam berbagai tren seperti telecommuting, berbagai kerja, dan hari libur yang di sponsori oleh organisasi.

Baca Juga: Teknik Dropship

Kekuatan Politik

Kekuatan politik (political forces) adalah pengaruh lembaga politik dan hukum terhadap manusia dan organisasi. Kekuatan politik mencakup berbagai pemikiran yang mendasari sistem politik, seperti keutamaan self-government atau kedaulatan memerintah, hak kepemilikan, hak kontrak, pengertian keadilan, dan keputusan bersalah atau tidak bersalah dalam kasus kriminal. Berkembangnya kapitalisme di seluruh dunia telah mengubah wajah dunia bisnis secara dramatis. Dominasi sistem pasar bebas dan berkembangnya saling keterkaitan antar negara di dunia mengharuskan organisasi-organisasi untuk beroperasi dengan cara yang berbeda dan mengharuskan para manajer untuk berpikir dengan cara baru. Di saat yang sama, sentimen anti-Amerika di banyak belahan di dunia telah menimbulkan tantangan bagi perusahaan-perusahaan dan para manajer AS.

Kekuatan Ekonomi

Kekuatan ekonomi (economic forces) berkaitan dengan ketersediaan, produksi dan distribusi sumber daya di suatu masyarakat. Pemerintah, lembaga militer, gereja, sekolah, dan organisasi bisnis di setiap masyarakat memerlukan sumber daya guna mencapai tujuan mereka, dan kekuatan ekonomi memengaruhi alokasi sumber daya yang langka. Satu tren adalah tumbuhnya kekuatan ekonomi negara-negara kurang berkembang. Sebagai contoh, pertumbuhan cepat Cina dan India serta kebangkitan kedua negara ini di pasar global mendominasi rapat-rapatĀ  tahunan Internasional Monetery Fund (IMF) -Bank dunia tahun 2007.kekuatan lainnya adalah pergeseran ekonomi Amerika Serikat dan negara-negara maju lainnya dengan disertai perubahan besar pada sumber kekayaan, dasar-dasar distribusi, dan cara pengambilan keputusan ekonomi. Keputusan ekonomi masa kini di tentukan oleh pemikiran, informasi, dan pengetahuan, sama halnya oleh sumber daya material. Teknologi digital telah merevolusi rantai pasokan dan distribusi sumber daya. Persediaan surplus yang dahulu dapat memicu resesi, makin menurun atau hilang sepenuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here