Beranda Bisnis Fresh Graduate Wajib Tahu! Inilah 5 Soft Skill Paling ‘Dicari’ di Tahun...

Fresh Graduate Wajib Tahu! Inilah 5 Soft Skill Paling ‘Dicari’ di Tahun 2019

105
0
BERBAGI
5 Soft Skill Paling Dicari Tahun 2019
Source: The Wall Street Journal

Kamu fresh graduate yang tahun ini sedang sibuk mencari kerja? Coba ketahui 5 soft skill yang paling dicari tahun 2019.

Pernah kah kita bertanya-tanya, bagaimana bisa seseorang tanpa ijazah dan prestasi akademik, mampu meningkatkan kualitas hidup mereka sampai ke level ‘mapan’?

Sebut saja Susi Pudjiastuti, pengusaha sukses, sekaligus Menteri Kelautan dan Perikanan di Kabinet Kerja 2014 s/d 2019. Beliau hanya memiliki ijazah SMP, saat diangkat menjadi seorang menteri. Tapi, meski begitu tetap saja, Susi adalah seorang menteri sukses.

Lantas, apa yang membuat ia bisa ‘melaju’ pesat hingga sejauh ini? Soft skill adalah jawabannya.

Prof. L. David Brown, seorang pengajar dari Universitas Harvard berpendapat bahwa Soft Skill merupakan keterampilan pribadi, keterampilan sosial, juga keterampilan manajerial. Skill ini berbeda dengan Hard Skill yang bisa kita dapat di bangku kuliah.

Soft Skill
source: thenewdaily.com.au

Soft skill tidak berbicara tentang wawasan teknis dalam mengoperasikan komputer, pengetahuan tentang kombinasi unsur-unsur kimia, atau bahkan kemampuan untuk membuat laporan keuangan. Soft skill lebih cocok disebut sebagai kemampuan seseorang untuk menempatkan dan membawa dirinya pada berbagai kondisi.

Dengan kata lain, soft skill merupakan suplemen bagi kita untuk ‘mengoperasikan’ hard skill kita pelajari di sekolah dan kampus. Itu mengapa soft skill dianggap jauh lebih penting daripada hard skill. Prinsip ini juga berlaku pada perusahaan ketika sedang melakukan rekruitmen karyawan baru.

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa soft skill merupakan investasi terbaik bagi karir kamu di masa depan.

Nah, lalu bagaimana di tahun 2019? Adakah soft skill tertentu yang sedang banyak dicari oleh perusahaan? Ya, ada!

LinkedIn baru-baru ini merilis tentang 5 soft skill yang paling dicari oleh perusahaan-perusahaan di tahun 2019. Apa saja? Simak penjelasan berikut:

Soft Skill 1: Kreativitas

Berbicara kreativitas, maka kita sedang membicarakan kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru secara terus menerus. Kreativitas menghasilkan berbagai penemuan dari pengetahuan-pengetahuan yang ada.

Mengapa kreatifitas menjadi cukup diperhitungkan tahun ini? Sebab, kreatifitas adalah anugerah yang hanya dimiliki manusia. Di era dimana teknologi berkembang pesat dan pengembangan Artificial Intelligence semakin pesat, kreatifitas adalah salah satu kemampuan yang dapat menyeimbangi atau bahkan melampaui kehebatannya.

Prinsip robot adalah mengoptimasi ide yang sudah ada. Sementara manusia dengan kreatfitasnya lah yang mampu memahami, memprediksi dan menciptakan ide-ide baru. Itulah mengapa kreatifitas itu banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan pada tahun ini.

Soft Skill 2: Kemampuan Mempersuasi

Kemampuan mempersuasi adalah kemampuan seseorang untuk memengaruhi orang lain. Skill ini juga bisa disebut sebagai kemampuan membujuk atau merayu orang lain agar mau melakukan apa yang kita tuju.

Kemampuan mempersuasi adalah bagian penting dalam perusahaan. Sebab, percuma saja apabila sebuah perusahaan memiliki produk atau jasa yang sangat menarik, namun mereka tidak dapat mengajak orang untuk membelinya.

Terlebih, di era globalisasi sebagaimana sekarang, persaingan pasar saat ini sangat sengit. Tanpa adanya kemampuan untuk mempersuasi, sebagus apapun produk yang kita tawarkan, bisa kalah dengan produk yang kualitasnya mungkin jauh berada di bawah kualitas produk kita.

Soft Skill 3: Kemampuan Berkolaborasi

Kemampuan ini juga masih terkait dengan perkembangan teknologi dan globalisasi. Dimana saat ini, semua orang dapat berinteraksi tanpa mengenal jarak. Hal itu menuntut kita agar mampu bekerja dengan kolaboratif.

Tuntutan bekerja secara kolaboratif ini memberikan efektifitas pada penyelesaian sebuah proyek yang kompleks. Misal, dalam proyek pembuatan website. Apabila proyek itu oleh kita sendiri, maka proyek itu akan membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan bila proyek tersebut kita kerjakan bersama-sama.

Dalam kacamata klien, waktu penyelesaian yang singkat merupakan ‘nilai jual’. Para klien pada sebuah perusahaan pasti lebih suka memilih produk atau jasa yang dapat diselesaikan dalam waktu lebih singkat. Dan untuk memenuhi harapan klien ini, maka perusahaan membutuhkan orang-orang yang memiliki kemampuan untuk berkolaborasi demi efektifitas pekerjaan.

Soft Skill 4: Kemampuan Beradaptasi

Sekitar lima tahun yang lalu, pernahkah kita membayangkan bahwa youtubeinstagram, atau bahkan facebook, bisa menjadi paltform yang menggiurkan untuk memasarkan produk dan jasa?

Lalu, apakah terbayangkan bagaimana keadaannya di tiga sampai lima tahun mendatang? Melihat perkembangan teknologi yang sangat pesat, tidak menutup kemungkinan bahwa tiga atau lima tahun ke depan, bermunculan platform-platform baru yang menjadi andalan bagi perkembangan bisnis dan perusahaan.

Ketika waktu itu tiba, maka perusahaan tanpa karyawan dengan kemampuan adaptasi yang baik, bakal kelimpungan. Risikonya, perusahaan kesulitan mendapat klien karena sulit menyeimbangi perkembangan teknologi yang ada. Itu mengapa, tahun ini tentu kemampuan beradaptasi dalam setiap dimensi kehidupan, bakal sangat diperhitungkan oleh perusahaan.

Soft Skill 5: Manajemen Waktu

Terakhir, adalah manajemen waktu. Skill ini nampaknya tidak hanya penting di tahun 2019, namun juga di tahun-tahun sebelumnya, serta tahun-tahun yang akan datang.

Sebab, manajemen waktu merupakan skill yang dapat menunjang kemajuan perusahaan. Untuk itulah, seseorang dengan kemampuan manajemen waktu yang baik tentu bakal lebih dicari oleh perusahaan-perusahaan tahun ini.


Nah, itulah lima soft skill yang paling banyak dicari tahun 2019. Sudahkah Anda memiliki salah satu atau kelimanya? Apabila belum, ada baiknya soft skill itu dikembangkan mulai sekarang. Dengan begitu, kita bakal lebih mudah meningkatkan karir kita ke arah yang lebih menjanjikan.

Komentar dengan facebook