Beranda Pendidikan Skor TOEFL Dalam Peradaban Masa Depan

Skor TOEFL Dalam Peradaban Masa Depan

43
0
BERBAGI

“Skor TOEFL”

Kali ini kita akan membahas mengenai “Pentingnya skor TOLFL dalam masa depan


TOEFL


toefl
TOEFL adalah salah satu test bahasa inggris yang sering digunakan oleh masyarakat internasional.

Pengertian Umum TOEFL dan Skor TOEFL

Test of English as a Foreign Language (TOEFL) adalah sebuah tes bahasa inggris untuk menunjukan seberapa jauh kita dapat berbahasa inggris. TOEFL sendiri adalah salah satu tes bahasa inggris yang diproduksi oleh negara Amerika Serikat. Oleh karenanya, semua aturan tata bahasa dan juga gaya bicara secara keseluruhan adalah sama dengan masyarakat asli Amerika Serikat.

Orang sering kali melakukan tes TOEFL ini dengan tujuan mendapatkan skor TOEFL bagus. Dimana skor TOEFL tersebut nantinya dapat digunakan sebagai salah satu persyarakat dalam mendaftarkan sesuatu. Pendaftaran yang seing menggunakan skor TOEFL adalah untuk keperluan Pendidikan, pekerjaan, dan persyaratan lainnya. Selain itu skor TOEFL juga digunakan sebagai bukti bahwasanya yang bersangkutan mampu dalam berbahasa inggris dengan gaya bahasa Amrika Serikat.

Kantor Resmi Test TOEFL di Indonesia

Test TOEFL ini diperuntukan bagi para negara yang tidak menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa ibu pada negara tersebut. Test TOEFL ini dilakukan dan dilaksanakan pada kantor pusat atau kantor cabang ETS (Educational Testing Service) yang tersebar dibeberapa wilayah. Selain itu untuk mendapatkan skor TOEFL, tes TOEFL ini juga dilakukan pada lembaga-lembaga lain yang telah memperoleh izin dan pengawasan dari ETS (Educational Testing Service) secara langsung. Lembaga – lembaga tersebut dapat di cek disitus resmi kantor pusat TOEFL Indonesia ini. Data dari kantor pusat TOEFL Indonesia tersebut menunjukan bahwa test TOEFL tersebar diberbagai daerah. Daerah-daerah tersebut dapat diketahui antara lain sebagai berikut :

  1. Daerah Khusus Ibukota Jakarta.
  2. Banten.
  3. Jawa Barat.
  4. Jawa Tengah.
  5. Daerah Istimewa Yogyakarta.
  6. Jawa Timur.
  7. Bali.
  8. Nusa Tenggara Barat.
  9. Sulawesi Tengah.
  10. Sulawesi Selatan.
  11. Gorontalo.
  12. Kalimantan Timur.
  13. Kepulauan Riau.
  14. Sumatera Utara.
  15. Sumatera Barat.
  16. Sumatera Selatan.
  17. Jambi.
  18. Lampung.
  19. Dan lain sebagainya.

Selain kantor penyedia tes resmi TOEFL yang tersebar di Indonesia. Banyak juga terdapat Universitas atau Perguruan Tinggi yang menyediakan test TOEFL. Lembaga tersebut bertujuan untuk menyerdaskan generasi bangsa akan pentingnya bahasa inggris bagi generasi Millenial. Karena mereka tahu generasi Millenial akan dapat membawa perubahan pada negara Indonesia dimasa depan. Lebih lanjut, generasi Millenial adalah generasi penerus bangsa. Dengan mempelajari bahasa internasional ini maka nantinya akan dapat mempercepatnya perkembangan bangsa Indonesia dimasa depan.

Tujuan dengan diadakanya atau dibentuk kantor cabang resmi penyedia test TOEFL adalah untuk mempermudah masyarakat Indonesia yang akan mengikuti test TOEFL. Banyak pertimbangan mengapa dilakukan pembentukan kantor cabang resmi penyedia test TOEFL yang antara lain dapat penulis sampaikan sebagai berikut :

  1. Mempermudah dalam melakukan tes TOEFL.
  2. Mempercepat Test TOEFL.
  3. Mempermudah dan mempercepat dalam akses perjalanan (jarak jangkau).
  4. Tidak mengeluarkan banyak biaya.
  5. Banyak masyarakat yang tertarik melakukan test TOEFL.
  6. Pemerataan dalam melakukan bimbingan, test, pengawasan, pencerdasan, dan lain sebagainya.
  7. Memperluas lapangan pekerjaan.
  8. dan lain sebagainya.

Baca Juga : Minutasi Didalam Pengadilan.

Minutasi Didalam Pengadilan

Macam-macam Test TOEFL

Terdapat beberapa jenis Test of English as a Foreign Language (TOEFL) yang ada di Dunia. Kesemua test tersebut telah diakui di dunia Internasional. Karena kesemuanya adalah produk pengembangan tes bahasa inggris yang berasal dari lembaga resmi di Amerika Serikat. Berikut adalah beberapa macam – macam test TOEFL yang dapat diikuti dan yang tersebar diseluruh Dunia :

  1. TOEFL Prediction Test.
  2. Paper Based Test (PBT).
  3. Computer Based Test (CBT).
  4. Internet Based Test (iBT).
  5. Institutional Testing Program (ITP).

Dalam test TOEFL tersebut memiliki perbedaan dan karakteristik masing-masing. Selain itu juga memiliki kegunaan dalam situasi dan kebutuhan yang berbeda – beda. Dengan alasan tersebut, Test TOEFL memiliki berbagai macam. Akan tetapi meskipun terdapat banyaknya jenis test TOEFL tersebut dengan memiliki tujuan yang sama. Tujuan tersebut adalah meningkatkan kemampuan berbahasa inggris skor TOEFL yag isa didapatkan dengan cara mengikuti test .

Materi-materi Test TOEFL.

Untuk memperdalam kemampuan berbahasa inggris maka kita harus mengikuti test TOEFL secara rutin dan bertahap. Dalam test TOEFL sendiri terdapat berbagai macam materimateri yang akan dilakukan test. Oleh karenanaya kita diwajibkan untuk mempelajari berbagai macam materi-materi dalam bahasa inggis khususnya materi TOEFL. Materi-materi yang harus kita pelajari tersebut sesuai dengan tata urutan test antara lain sebagai berikut :

(1) Listening (mendengar).

Listening (mendengar) adalah salah satu tes yang nantinya akan diakukan tes pada tahap pertama. Mendengar adalah bagian yang dianggap paling sulit oleh para pemula. Karena mereka akan merasa kesulitan dalam melakukan praktiknya. Kesulitan-kesulitan atau kelemahan-kelemahan yang dihadapi pada saat melakukan tes TOEFL pada bagian listening adalah sebagai berikut :

  1. Aksen atau gaya bahasa. Pada dasarnya, TOEFL tersebut menggunakan aksen Amerika Serikat. Akan tetapi kita yang memiliki background yang berbeda akan terasa asing ketika mendengar gaya bahasa yang berbeda tersebut.
  2. Pengucapan Cepat. Bagian ini adalah salah satu bagian yang paling tidak disukai dalam melakukan tes TOEFL pada bagian listening. Mereka peserta tes jika tidak terbiasa dengan mendengarkan bahasa inggris maka akan kesulitan dalam menerka-nerka pengucapan bahasa inggris.
  3. Kata gabungan (Connector). Konektor ini juga sering mengecoh para peserta tes. Pasalnya, konektor ini akan seperti menyembunyikan suara asli dengan cara mengabungkan 2 kata menjadi 1.
  4. Idiom atau Slank (bahasa gaul dan bahasa keseharian). Bahasa ini adalah bahasa yang sering kali mengecoh para peserta ketika sedang mendengarkan soal. Pasalnya, mereka para peserta jarang mengetahui bahasa keseharian mereka.

Oleh karenanya untuk mempertajam pendengaran kita terhadap bahasa inggris maka kita diharuskan melakukan praktik sesering mungkin. Praktik tersebut dapat berupa :

  1. Mendengarkan musik.
  2. Mendengarkan percakapan bahasa inggris melalui media sosial.
  3. mendengarkan Native English secara langsung.
  4. Saling melakukan latihan percakapan dengan partner (lawan bicara).

(2) Grammar (Structure Comprehension).

Grammar adalah salah satu jenis materi bahasa inggris yang menitik beratkan pada aturan tata bahasa. Grammar adalah salah satu bagian yang dianggap oleh sebagian orang paling sulit. Karena pada bagian ini kita diharuskan untuk mampu menghafal berbagai banyak rumus dalam mempelajari bahasa inggris. Disamping itu, telah kita ketahui bahwasanya terdapat berbagai banyak rumus dalam mempelajari bahasa inggris. Para pembelajar bahasa inggris dan khususnya para peserta tes TOEFL akan lebih merasa kurang semangat ketika dihadapkan pada Grammar. Penulis berpendapat bahwa dalam mempelajari Grammar membutuhkan ketekunan dan kesabaran yang ekstra supaya nanti dapat memperoleh hasil yang memuaskan. Oleh karenanya penulis akan memberikan beberapa tips dalam mempelajari Grammar supaya dapat menambah kemampuan berbahasa inggris, tips tersebut antara lain sebagai berikut :

  1. Sering melakukan praktik dengan cara mengerjakan soal berbahasa inggris.
  2. Sering menghafalkan rumus-rumus bahasa Grammar.
  3. Mencari partner atau teman yang juga suka mempelajari bahasa inggris.
  4. Mengatur managemen waktu dalam 1 hari atau 1 minggu.

(3) Writing (menulis).

Menulis adalah salah satu bagian tes TOEFL yang sering memakan waktu lama. Disamping itu kita juga diharuskan menulis dengan menggunakan aturan Grammar dengan benar. Lebih lanjut, kita juga dituntut untuk dapat menulis dengan tulisan yang bagus supaya dapat dibaca. Tahap ini kita disuruh untuk melakuakan eksplor terhadap pikiran kita pada soal yang diberikan oleh panitia. Penulis berpendapat bahwasanya, ketika orang yang jarang melakukan praktik menulis dengan bahasa inggis maka akan merasa kesulitan dalam menghadapi tahap ini. Oleh karenanya, untuk meningkatkan kemampuan menulis diharuskan melakukan praktik menulis dengan bahasa inggris sesering mungkin.

(4) Reading (membaca).

Membaca adalah sebuah tahap tes yang sering diresahkan oleh para peserta test TOEFL. Pasalnya, pada tes membaca ini akan memakan waktu yang sangat banyak. Mereka banyak mengeluhkan banyaknya soal bacaan yang cukup panjang dan juga terdapat banyaknya jawaban yang hampir sama. Soal panjang tersebut dapat membuat para peserta test jenuh sehingga akan memakan waktu yang paling banyak dalam tes ini. Bagi mereka yang jarang membaca akan pasti kesulitan dalam tahap ini.

(5) Speaking (berbicara).

Berbicara adalah salah satu bagian tes TOEFL yang paling sulit. Dalam bagian ini para peserta diharuskan dapat berpikir dan mengelila bahasa inggris mereka dengan baik. Disamping itu, kemampuan Grammar juga harus bagus. Bahkan pemampuan Pronounciation diharuskan juga sesuai supaya dapat dimengerti oleh para tim test. Mereka beranggapan bahwa Pronounciation penting karena sasalah pengucapan sedikit saja maka akan dapat mengubah arti atau tidak dapat dideteksi oleh para tim test TOEFL.

Komentar dengan facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here