Beranda Ekonomi Roti Garuda Dalam Industri Rumah Tangga

Roti Garuda Dalam Industri Rumah Tangga

124
0
BERBAGI

Roti Garuda.

Hallo pembaca setia,

Kali ini kita akan membahas mengenai Industri Rumah Tangga dalam Produksi Roti Garuda.

Membahas mengenai hasil riset dan surfey di Desa Dharma Tanjung Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang-Madura.

Roti Garuda
Roti Garuda adalah salah satu hasil karya ibu-ibu yang ada di Desa Dharma Tanjung Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang-Madura.

Pengertian Roti Garuda

Roti garuda adalah sebuah produk berupa roti yang berbentuk seperti burung garuda. Roti ini rasanya manis dan juga empuk seperti roti ban. Hasil surfey yang dilakukan penulis menunjukan bahwasanya roti tersebut dibuat oleh Ibu-ibu rumah tangga. Salah satu alasan mereka adalah untuk dapat berkolaborasi dengan ibu-ibu lain dan juga sebagai penghasilan tambahan.

Ibu-ibu desa Dharma Tanjung menuturkan bahwasanya roti ini telah diperdagangkan dari tingkat lokal sampai nasional. Banyak pemesanan roti ini karena roti ini tergolong cukup unik. Selain rasanya manis dan tekstur empuk juga berbentuk seperti burung garuda. Dengan alasan ini, ibu-ibu Dharma Tanjung membenarkan mengenai karakteristik roti itu.

Pengertian Industri Rumah Tangga

Industri rumah tangga adalah salah satu kegatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat menengah kebawah. Industri rumah tangga ini biasanya dilakukan oleh ibu-ibu dalam menambah pengahsilan, keratifitas dan keharomonisan antar warga. Selain itu industri rumah tangga ini dapat menjawab permasalahan ekonomi dalam bidang kemiskinan. Industri rumah tangga ini dapat membuka lapangan pekerjaan baru sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran.

Syarat membangun industri rumah tangga adalah semua pemilik dan karyawan yang ada dialamnya adalah masih anggota keluarga. Dan jika ada orang lain yang masuk sebagai karyawan, dan yang berdominan adalah anggota keluarga pemilik maka akan tetap dikatakan sebagai industri rumah tangga.

Tujuan Membangun Industri Rumah Tangga.

Adapun beberapa tujuan membangun industri rumah tangga dalam masyarakat yang dapat penulis sampaikan sebagai berikut :

  1. Memperkuat sikap kekeluargaan;
  2. Membuka lapangan pekerjaan baru;
  3. Mensejahterakan masyarakat;
  4. Menyumbang pendapatan negara;
  5. Salah satu solusi permasalahan ekonomi;
  6. Memanfaatkan SDM dan SDA;
  7. Eksperimen;
  8. dan lain sebagainya.

Alasan Membuat Roti Garuda

Ibu-ibu desa Dharma Tanjung memproduksi roti garuda dengan alasan sebagai berikut :

  1. Semua dari “Tujuan Membangun Industri Rumah Tangga” yang telah dijelaskan diatas.
  2. Bentuk cukup Unik, bentuk yang menyerupai burung garuda. Sehingga didalamnya mempunyai banyak makna terutama sikap nasionalisme.
  3. Pemasaran mudah, karena keunikannya menjadikan produk ini mudah untuk dipasarkan sampai ke nasional.
  4. Tahan lama, roti dipercaya memiliki daya tahan yang cukup bagus.
  5. Biaya yang terjangkau, pemilik roti tersebut menuturkan bahwa biaya roti tersebut tergolong cukup murah. Karena pemilik tersebut lebih mementingkan perekonomian masyarakat dan juga supaya bisnisnya terus berkembang.
  6. Keuntungan yang cukup baik, karena pemesanan yang cukup banyak menjadikan keuntungan yang berlipat-lipat.
  7. Bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan mudah dicari, dalam pencarian bahan dan peralatan cukup disekitar atau pinjam. Karena pemilik menyebutkan bahwa bahan dan peralatan tersebut cukup umum, jadi mudah dicari.
  8. Belum ada banyak penyaing, pemilik menuturkan berdasarkan pemasaran bahwa bisnis ini sangat nyaman. Pasalnya, jarang ada yang membuat roti garuda dikancah pasar rakyat.
  9. dan lain sebagainya.

Bahan-bahan Roti Garuda

1). Bahan khusus.

Bahan khusus adalah salah satu bahan yang digunakan oleh mereka dalam membuat roti garuda ini. Tapi dalam riset dan surfey yang dilakukan penulis, penulis hanya diperbolehkan mengetahui 1 bahan khusus dalam pembuatan roti ini. Bahan khusus yang dituturkan oleh pemilik usaha industri rumah tangga tersebut adalah “susu”. Pemilik industri terebut menjelaskan bahwasanya kandungan susu memiliki protein yang cukup bagus dalam pembuatan makanan khususnya roti garuda ini. Selain memiliki protein, sifat susu juga pas, karana susu akan membaut roti semakin empuk.

Selain yang dijelaskan diatas, susu juga berperan dalam menjaga tekstur roti supaya tetap bagus dan mudah diolah. Disamping itu, memilih susu sebagai bahan adonan adalah satah satu langkah terbaik. Karena susu dapat sebagai bahan pengawet alami dalam roti garuda tersebut. Sehingga roti tersebut dapat disimpan dalam jangka waktu yang relatif lama.

Dalam pemilihan jenis susu, Pemilik menuturkan memilih jenis susu yang berbeda dengan  susu yang digunakan membuat roti sejens pada umumnya. Pemilik industri ruah tangga tersebut memilih jenis susu kental. Beliau menjelaskan dalam membuat roti sejenis, jenis susu yang digunakan adalah susu bubuk. Olah karenanya, Pemilik membuat eksperimen baru dengan menggunakan jenis susu kental. Pada akhirnya, pemilik membandingkan mengenai tekstur, rasa, masa terurai, dan lainnya. Eksperimen tersebut menghasilkan bahwa susu yang menggunakan susu kental lebih bagus daripada yang menggunakan susu bubuk.

Baca Juga : Kerajinan Tangan “Rantang” Sebagai Bisnis Ekonomi Menengah Kebawah Khususnya Mayarakat Pesisir Pantai.

Kerajinan Tangan “Rantang” Sebagai Bisnis Ekonomi Menengah Kebawah Khususnya Mayarakat Pesisir Pantai

2). Bahan umum.

Bahan-bahan yang harus disediakan antara lain sebagai berikut :

  1. Telur;
  2. Tepung terigu atau tepung kunci;
  3. Vanili;
  4. Coklat;
  5. Mentega;
  6. Gula pasir;
  7. Maezena;
  8. Baking powder;
  9. Pewarna makanan;
  10. Soda;
  11. Pasta pandan;
  12. SP;
  13. Ovalet;
  14. dan lainnya.

Perlengakapan Membuat Roti Garuda

Perlengakapan yang minimal ada untuk disediakan antara lain sebagai berikut :

  1. Spatula;
  2. Tempat oven;
  3. Blander;
  4. Dandang;
  5. Mangkuk;
  6. Sendok;
  7. Gunting;
  8. Pisau;
  9. Tempat cetakan;
  10. Bak (jika adonan banyak);
  11. Baskom;
  12. Loyang;
  13. Panci;
  14. Kompor (jika manual dan bukan pakai listrik);
  15. dan lain sebagainya.

Pembahasan tersebut diatas adalah salah satu pembahasan mengenai bidang ekonomi dalam produktifitas pembuatan roti garuda yang berada di Desa Dharma Tanjung Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang-Madura.

Pemunis berharap nantinya tulisan ini akan bermanfaat dalam segi apapun yang dibutuhkan, sehingga nantinya dapat memberikan pemahaman dan pengembangan lebih lanjut.

Terimakasih.

Best Regards.


Mr. Hart


 

Komentar dengan facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here