Beranda Gaya Hidup 5 Rekomendasi Sambal Versi Abisnis.com Ini Patut Dicoba

5 Rekomendasi Sambal Versi Abisnis.com Ini Patut Dicoba

85
1
BERBAGI

Kalau bicara soal kuliner, sobat Abisnis.com pasti tahu Indonesia memang tidak akan pernah ada habisnya. Selalu saja ada jenis makanan terbaru, mulai dari yang manis, gurih hingga pedas pun ada. Pada dasarnya, Indonesia memang punya banyak sekali makanan tradisional yang kelezatannya pun sudah diakui dunia. Dan salah satunya adalah sambal.

Sambal tentunya makanan pendamping yang rasa-rasanya tidak pernah absen dari meja makan orang Indonesia. Apalagi yang amat menyukai sensasi pedas dari sebuah makanan. Sambal begitu memanjakan lidah para pecinta pedas. Selain sambal nasi padang dan sambal matah Bali, sobat Abisnis.com perlu mencicipi beberapa sambal di bawah ini. Apalagi untuk Anda yang suka pedas dan ingin mencari referensi tentang sambal nusantara mana yang bisa jadi teman makanmu di santap pagi, siang maupun sore. Cocok juga bagi sobat yang saat rehat kerja ataupun pulang dari kantor ingin makan pedas.

Berikut ini 5 rekomendasi sambal khas nusantara yang wajib kamu coba di antaranya:

1. Sambal Bawang Gurih

Banyak di antara sobat Abisnis.com pasti suka dengan sambal bawang. Sensasi pedas pada sambal tersebut memang meningkatkan selera makan kita. Memang, sambal bawang selalu menjadi primadona. Sambal bawang bahkan menjadi favorit pendamping dari setiap menu makananmu. Salah satu sajian yang biasa disajikan dengan sambal bawang adalah ayam geprek, bebek goreng dan ayam bakar. Dengan cara yang tergolong mudah, membuat sambal bawang gurih ini selalu menjadi favorit di setiap kalangan. Cita rasa bawangnya yang khas juga, sangat cocok untuk teman makan, bahkan buat sobat Abisnis.com yang suka makan nasi dengan kerupuk saja.

2. Sambal Terasi Petai

Pasti Anda tidak asing dengan Patai atau pete kan? Ada yang suka ada pula yang kurang menyukai. Tetapi, berbeda jika patai diolah menjadi sambal. Patai apabila pada musimmnya, akan mudah untuk didapatkan dan pastinya menggugah selera makan kita. Selain menambah selera makan, paduan sambal terasi dan patai adalah dynamic duo yang tak dapat dipisahkan. Mengolah sambal tersebut mudah, apalagi ditambah nasi sebakul penuh dan resep sambal patai tersebut. Anda pasti tak akan berhenti memakannya. Sambal dengan berjuta rasa ini adalah hasil campuran terasi dan juga petai. Ditambah dengan gula merah yang bikin sambal ini jadi pedas legit. Kalian harus coba!

3. Sambal Tomat

Seperti diketahui bahwa sambal merupakan pelengkap sayuran dan lauk pauk yang wajib ada di setiap meja makan. Sambal tomat mungkin jadi sambal yang paling sering ada di meja makan kalian. Setiap sobat Abisnis.com, paling tidak minimal bisa membuat sambal tomat. Selain memang sangat mudah, bahan membuat sambal tomat juga banyak ada di warung sekitar rumah. Tetapi, ada rahasianya juga loh agar sambal tomatmu lebih sedap rasanya, yakni salah satunya dengan cara diulek dan jangan memakai blender karena bisa bikin sambalmu jadi encer.

4. Sambal Ikan Bakar

Kamu yang suka kulineran dengan menu ikan bakar pasti tidak asing dengan sambal yang satu ini. Ya. Sambal Ikan Bakar. Tentunya tidak lengkap kalau makan ikan bakar tanpa sambal kecap yang khusus untuk ikan bakar. Resepnya lumayan mudah, tinggal memasukkan bahan-bahan yang sudah dipotongi seperti cabai rawit merah dan hijau, bawang merah dan jeruk limau serta tomat. Kemudian kamu bisa menambahkan kecap. Jadi deh sambal ikan bakarnya.

5. Sambal Mangga

Ada yang suka dengan sambal mangga? Rasa asam dari mangga tua yang agak kuning namun masih keras ini rekomendasi sambal yang patut kamu coba sobat. Dengan cara membuatnya yang tidak terlalu sulit, hanya dengan mencampurkan mangga yang sudah diiris-iris tipis dengan bumbu seperti cabai, gula merah dan terasi diaduk sesuai selera. Namun, supaya lebih mantap alangkah baiknya tak lupa tambahkan jeruk nipis ya.

Nah, bagaimana sobat Abisnis.com dengan rekomendasi sambal di atas? Apakah ada sambal yang belum kamu coba sebagai pendamping makananmu? Kalau belum, patutnya kamu harus coba ya.

Semoga bermanfaat.

Komentar dengan facebook

1 KOMENTAR

Comments are closed.