Beranda Bisnis Rahasia Kindle Amazon Meraih Kesuksesan Bisnis

Rahasia Kindle Amazon Meraih Kesuksesan Bisnis

207
0
BERBAGI

Rahasia Kindle Amazon Meraih Sukses Binis

Rahasia Kindle – Pada awal era internet, pengusaha Jeff Bezos mendirikan sebuah toko buku berbasis web bernama Amazon.com yang menawarkan pilihan besar judul buku di rak-rak virtualnya.

Rencananya adalah menciptakan sebuah perusahaan yag berpusat pada pelanggan dengan menggunakan teknologi mutakhir untuk mempertahankan harga murah dan memberikan pelayanan yang terbaik. Dalam rangka membangun bisnisnya, Bezos merintis banyak fitur yang menjadi perekat ritel online, termasuk rekomendasi personalisasi produk, ulasan pelanggan, dan pengiriman gratis dengan pesanan (order) minimum.

Saat ini, perusahaan yang dulunya berskala kecil dengan nama yang unik telah menjadi perusahaan raksasa yang menghasilkan penjualan tahunan internasional sebesar $24 miliar. Amazon memiliki Zappos, peritel online sepatu terkenal dengan layanan yang luar biasa  dan sekarang menjual banyak barang mulai dari televisi, mainan dan perkakas sampai menjual komputer, kamera, dan pakaian.

Zappon juga telah menggunakan keahlian ritelnya ketika menjadi etalase virtual bagi ribuan perusahaan dan individu yang mendaftar untuk menjual barang dan jasa di situs web Amazon.com. Selain itu, Zappos menggunakan keahlian teknologi untuk menawarkan layanan sesuai permintaan seperti penyimpanan data dan daya komputasi ekstra untuk bisnis dari semua ukuran.

Sebagai CEO, Bezos terus menggerakkan Amazon ke arah yang baru. Beberapa tahun yang lalu, perusahaan memperkenalkan Kindle (Perangkat genggam elektronik) yang memungkinkan pengguna untuk langsung mengunduh dan membaca buku serta majalah kapan dan dimana saja.

Baca Juga: Pengertian Ilmu Ekonomi dan Jenis-jenis Ekonomi

Kindle adalah produk yang inovatif karena termasuk pembaca buku elektronik (electronic book atau biasa di singkat e-book) pertama yang terkoneksi secara nirkabel untuk mengunduh tanpa pendaftaran tambahan atau biaya jaringan. Respon awal terhadap produk ini sangat kuat hingga Amazon kewalahan untuk memenuhi permintaan tinggi yang tak terduga.

Seiring waktu Amazon telah menyempurnakan kindle dengan merampingkan desainnya, menambah fitur, menjadikannya lebih ramah lingkungan, menurunkan harga, dan memperluas katalog konten yang tersedia untuk unduh cepat. Meskipun ada persaingan dari toko buku Barnes & Noble dan raksasa elektronik Sony yang keduanya juga melunncurkan pembaca buku elektronik nirkabel, namun Kindle lebih banyak diminati oleh pengguna dengan pembeli di dalam dan di luar Amerika Utara. Berkat hal ini dan inovasi kewirausahaan lainnya, Aamzon berhasil mempertahankan penjualan tetap naik selama lebih dari 15 tahun bahkan selama masa-masa tersulit ekonomi. Sekarang tantangan bagi Jeff Bezos adalah memperpanjang rekor kesuksesan yang luar biasa dan menemukan cara baru untuk keuntungan masa depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here