Beranda Fashion dan Seni Pesona Batik Madura, Bangkalan Jawa Timur Yang Mempesona

Pesona Batik Madura, Bangkalan Jawa Timur Yang Mempesona

266
1
BERBAGI

Pesona Batik MaduraIndonesia memiliki banyak ragam budaya. ia memiliki kekhasan sesuai daerah masing-masing, mulai dari cara pembuatan maupun bahan. Salah satu identitas indonesia yaitu batik. Bagi pecinta batik wajib baca.

Kali ini saya bersama dengan teman saya ingin mengetahui lebih mendalam mengenai batik, terutama batik madura. Rumah batik yang sudah kami telusuri ada rumah batik 99 dan al fath kkg. Tepatnya didesa ketengan, kecamatan burneh kabupaten bangkalan.

rumah batikk 99

ditempat ini kami mewawancarai pemilik rumah batik beserta pekerja yang ada dirumah batik tersebut. Kata pemilik rumah batik tersebut, batik tulis ini seharga kisaran 55.000-150.000. Katanya rumah batik yang berjejeran banyak disini karena efek dari bebek sinjay dan akses suramadu yang sekarang sudah mudah.

Pesona Batik Madura – Kata Noval, salah satu pekerja batik dirumah 99 ini ” Toko disini bermula dari sinjay dan akhirnya pembeli jalan-jalan trus tertarik untuk membeli batik“. Pas ditanya ” masyarakat disini sering tidak ya mas sehari-harinya pakai batik, atau disaat tertentu-tertentu saja?

itu tergantung mbak, bagi pecinta batik, sering memakai batik, tapi kalau saya lihat, rata-rata mereka memakai batik jika saat menghadiri acara tertentu saja“, jawabnya. Disini turun temurun usahanya. terdapat 2 pekerja cewek, dan 3 cowok. Pemilik rumah batik ini bercabang, ia memiliki 12 toko. Katanya banyak pembeli yang paling banyak membeli batik dengan motif bunga, dengan kisaran harga Rp. 350.000. Pembuatan batik bangkalan ini pusatnya berada ditanjung bumi. Namun untuk pemasarannya disini.

Berkat adanya bebek sinjay yang sudah populer, hal ini dimanfaatkan oleh orang tanjung bumi untuk memasarkannya didisini kebanyakan yang membeli bebek itu sering lewat didepan rumah batik ayang berderet deret, dan kemudian mampir. Biasanya pembeli ramai pada saat hari libur yaitu sabtu-minggu ataupun pas hari-hari besar.

Lalu setelah itu, saya kembali menyusuri rumah batik di alfath kkg , dan kami bertemu dengan bapak khotib syarbani. Disana kita sambil bertanya-tanya tentang batik madura lewat bapak ini. Ia memiliki banyak batik yang dijual dirumah batiknya. Katanya batik yang paling mahal yaitu batik gentong. Harganya sampai Rp. 10.000.000an. Ada banyak nuansa dibatik ini, sesuai denganm wilayahnya, seperti nuansa binatang, burung dan bunga. Katanya ciri khas batik madura yang berbeda dari batik jawa yaitu warnanya yang cerah dan mencolok.

Dan disetiap batiknya terdapat warna merah yang menandakan berani dan tegasnya orang madura. Disini bapak khotib lebih banyak batik tulisnya ketimbang cap, karena lebih mementingkan pengrajinnya, biasanya jika menggunakan tulis lebih kreatif. Ia sangat menyetujui madura jika mau dibuat icon wisata, karena sebenarnya batik ini juga tidak kalah dengan yanag ada disolo ndan jogja, katanya.

Namun dukungan dari pemerintah lah yang kurang disini. Pernah antar seniman bekerja sama untuk melakukan event/pameran guna promosi/menarik minat masyarakat. Pernah, para seniman yang ada di seluruh indonesia bekerja sama untuk mempromosikan batiknya satu sama lain, namun ini jarang, seringnya melakukan pameran lokal, sehingga yang tahu batik madura ini hanya lokal saja.

Padahal sebenarnya banyak orang luar yang kemadura hanya untuk membeli batik madura, seperti dari: surabaya, lamongan, kaalimantan dll. Sampai orang luar negeri yang berasal dari korea, jepang, scotlandia pernah membeli batik ini saat setelah mengunjungi bebek sinjay. Dan ada pula salah satu dari mereka yang hanya lihat-lihat karena penasaran dengan batik madura.

pesona batik madura
salah satu promosi yang dilakukan warga burneh
promosi yang ditujukan menarik minat pengunjung

Pesona Batik Madura – Ada banyak rumah batik yang mempromosikan batiknya dengan memajang didepan rumah batiknya guna menarik perhatian dan minat pengunjung. Penjual menginginkan agar batik madura ini mendapat perhatian dan bantuan dari pemerintah yaitu dengan dibantu peralatannya beserta pemasarannya.

Supaya batik madura selain menjadi kekhasan orang madura ia juga berharap batik madura sebagai icon wisata. Karena tempatnya yang strategis dan harganya yang terjangkau sesuai pilihan pembeli, warnanya yang mencolok yang cerah membuat batik ini khas. Dan batik yang paling sulit ditiru pembuatannya yaitu batik pamekasan dan tanjung bumi, katanya.

Lalu kemudian saya menyusuri pasar bangkalan. Ada yang unik dari pasar ini yaitu setiap hari sabtu dan minggu penjual yang ada didepan pasar ini mulai dari penjual batik hingga pedagang kaki lima seragam menggunakan batik.

Pesona Batik Madura – Untuk penjual batik, ia sudah diberi dari juragannya, selain menjual batik, juga turut mempromosikan batiknya.Pedagang kaki lima dulunya juga diberi kain batik, namun sekarang sudah tidak lagi. Kemudian mereka memiliki inisiatif untuk mengumpulkan uang kas dan membeli seragam batik sendiri. kata Juhairiyah salah satu pedagang.”

Katanya juga dulu pernah ada TNI yang blusukan kepasar ini, beserta anaknya bapak gusdur bernama Ibu Putih pernah mengunjungi pasar ini dan membeli batik gentong.

foto bersama penjual batik dipasar bangkalan

Pesona Batik Madura – Dulunya untuk mempromosikan batik ini, pernah ada pameran disekitar alun-alun, namun sekarang sudah tidak ada lagi . Dikarenakan sekarang ini sudah banyak yang mengetahui tentang batik madura dan banyak pula yang berjualan batik madura dipinggir-pinggir jalan.

Itulah observasi yang sudah saya lakukan untuk sedikit memberi ilmu pengetahuan tentang batik madura. Semoga bermanfaat. Dan saya harap saya bisa mengepost keunikan madura dan hal-hal yang berkaitan dengan madura. sampai jumpaa.. see you again.

Komentar dengan facebook

1 KOMENTAR

Comments are closed.