Beranda Youtube Apa yang Harus di Persiapkan dalam Membuat Video Youtube

Apa yang Harus di Persiapkan dalam Membuat Video Youtube

BERBAGI

Mencari dan Eksplorasi Ide

Sebelum mempersiapkan peralatan pendukung, hal pertama yang harus dipersiapkan dalam membuat video youtube yaitu mencari ide utama, setelah itu melakukan proses riset dari ide utama tersebut untuk di breakdown menjadi sub ide, tujuannya untuk membayangkan akan seperti apa videonya nanti.

Ada beberapa cara munculnya ide, yang pertama karena proses perencanaan dan data secara tiba-tiba. Ide yang muncul dalam proses perencanaan yakni kita memikirkan terlebih dahulu bagaimana akan dibuat.

Baca Juga: Mengenal Youtube Marketing dan Cara Melakukannya

sedangkan ide yang datang secara tiba-tiba yaitu pada saat kita braktivitas tiba-tiba keluar ide “bagaimana kalau saya buat video seperti A” artinya ide muncul secara spontan. Ketika sensitivitas kita bagus, fenomena kecilpun bisa menjadi sumber Ide.

Menggunakan Teknik Modifikasi

Cara paling gampang menemukan ide untuk membuat video youtube yaitu dengan melihat dan memodifikasi apa yang kita temukan di video orang lain. Contohnya, ketika niche channel kita tentang jalan-jalan, tak ada salahnya bila kita mencari channel yang sudah tenar tentang jalan jalan untuk referensi.

Hal itu bisa menjadi inspirasi untuk membuat video. Setelah anda menemukan channel yang tepat, pelajari bagaimana mereka menceritakan ide mereka dalam video, apakah sekedar vlogging, dari situ kamu bisa modifikasi, jangan cuma vlogging, mungkin kamu bisa kemas dalam model baru.

Melihat Tren Media

Selain menggunakan dua cara diatas, anda juga bisa memanfaatkan tren yang lagi ramai di perbincangkan, contohnya kemaren ramai tentang lucinta luna. banyak youtuber yang mention judul tentang lucinta. hal itu sebagai upaya untuk mendongkrak channel mereka.

Mengkonsumsi media secara rutin dapat membantu kita mengetahu apa yang lagi hangat atau aktual di perbincangkan. Anda bisa menemukan hal itu melalui media sosial seperti trending topic di twitter, instagram, maupun di beranda youtube.

Tapi jangan dipaksakan juga ya, jangan mentang-mentang topik lucinta luna hangan diperbincangkan. Sesuaikan dengan topic anda juga, melihat trend bukan berarti menjadi satu satunya cara untuk menemukan ide membuat video, siapa tau trend yang lagi aktual cocok dengan niche blog kamu. Intinya harus relevan agar reputasimu di mata subscribermu tetap bagus hehe.

Menggunakan Google Trend

Google Trend untuk Ide Membuat Video Youtube

Selain menggunakan media sosial, mencari ide untuk membuat video youtube bisa dilakukan dengan memanfaatkan google trend. kalau tadi anda menggunakan media sosial untuk mencari topik terhangat. sekarang anda coba memanfaatkan fitur yang ditawarkan google.

Caranya anda, tinggal masuk ke halaman google.com/trends, lalu pilih Indonesia maka anda akan diarahkan ke halaman menampilkan daftar trend yang ada di Indonesia dalam kurun waktu tertentu.

Selain itu, kamu bisa melakukan perbandingan. contohnya, hal yang hangat di perbincangkan akhir-akhir ini adalah lucinta luna dan ayu tinting, kamu pengen tau, topik mana yang lebih ngetren? tinggal masukkan kata kunci lucinta luna, lalu komparasi dengan ayu tinting, maka grafik perbandingan akan muncul.

Menggunakan Keyword Planner

Google Planner untuk Membuat Video Youtube
Google Planner untuk Membuat Video Youtube

 

Keyword planner adalah tools yang disediakan oleh google untuk para pengguna yang beriklan di google adsword. anda bisa mengetahui kata kunci apa yang digunakan oleh para pengguna google disini.

Tak hanya itu, banyak pemasar yang melakukan riset pasar dengan tools ini, hanya saja pembahasan kita kali ini khusus untuk membahas penggunaan google keyword planner untuk mencari ide video. Cara menggunakannya bisa baca Cara Menggunakan Keyword Planner

Membuat Storyline untuk Membuat Video Youtube

Seperti yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya, storyline berfungsi sebagai alur atau petunjuk saat kita melakukan pengambilan gambar, pada dasarnya storyline berisi petunjuk gambar apa saja yang harus kita take, dan dialog atau alur cerita. Secara sederhana storyline akan memandu anda dalam pembuatan video.

Storyline Skenario

Langkahnya cukup sediakan kertas atau menggunakan microsoft word, setelah itu buatkan tabel dengan dua kolom berisi nama kolom sebelah kiri audio dan sebelah kanan dengan nama video.

Nama kolom audio akan berisikan dialog atau suara dalam setiap frame atau scene nanti, sedangkan video akan berisikan gambar yang ditampilkan seperti apa. pada kolom video sebenarnya lebih enak menggunakan sketsa, kalau gak bisa, gak papa. cukup narasi saja/

dari sini anda harus mulai berfikir dan membayangkan setiap scene mulai dari awal video (intro). setelah terbayangkan, maka tulislah dalam setiap baris kolom tersebut.

Sebagai contoh pada cell pertama dalam kolom audio anda isikan dengan suara latar (intro) sedangkan pada cell visual atau video diisikan dengan Video Intro pembukaan (5 detik).

Dalam kolom visual atau video selain berisikan petunjuk, anda bisa menambahkan arahan berupa bagaimana posisi presenter nanti, pengambilan gambarnya seperti apa beserta durasi.

Cek Lokasi dan Peralatan

Setelah membuat narasi, ada baiknya bila anda mengecek lokasi yang akan dijadikan lokasi syuting beserta peralatan yang ingin digunakan. oh iya, agar anda tidak bingung peralatan apa saja yang perlu dipersiapkan, anda juga bisa menambahkan kolom peralatan di narasi yang anda buat.

Pastikan lokasi tersebut memiliki pencahayaan yang bagus, bila tidak segera persiapkan lighting untuk masalah itu.

1 KOMENTAR

Comments are closed.