Beranda Gaya Hidup Perilaku Organisasi Sangat Penting Bagi Kalian Semua

Perilaku Organisasi Sangat Penting Bagi Kalian Semua

122
0
BERBAGI

Perilaku Organisasi – Selamat datang di artikel Kinay semuanya. Selamat datang juga buat kalian yang tersungkur lesuh akibat bebatuan pengkhianatan oleh dirinya. Makanya gaes, kalau jalan itu jangan lihat ke atas, kan jadinya gak keliatan tuh  batu, wkwk. Oke, di artikel Kinay sebelumnya sudah banyak membahas terkait kehidupan mahasiswa/i. Nah, untuk kali ini Kinay akan membahas yang berhubungan dengan organisasi yaitu perilaku dalam organisasi.

Seperti yang kalian ketahui bahwa dalam sebuah organisasi itu terdiri dari banyak individu. Setiap individu memiliki perilaku yang berbeda-beda. Oleh karena itu peran dari sebuah pemimpin dari suatu organisasi itu sangat besar, karena ia harus dituntut harus mampu menyatukan semua individu yang ada agar tujuan dari organisasi tercapai. Nah, disini Kinay akan menjelaskan sedikit lebih banyak kepada kalian bagaimana memahami perilaku organisasi. Yuk, langsung kita mulai aja gaes!!!!.

PENGERTIAN PERILAKU & ORGANISASI

Perilaku adalah sikap, tindakan, atau tingkah laku seseorang kepada orang lain atau pada suatu tempat ia berada atau pada waktu tertentu. Sedangkan untuk organisasi sendiri adalah suatu wadah yang berisikan sekelompok orang yang memiliki suatu pola aktivitas yang terencana serta memiliki tujuan yang jelas dan sama. Dari pengertian tadi, dapat diperoleh sebuah kesimpulan seperti yang dikemukakan Sopiah (2008) , yang menyatakan bahwa sekumpulan orang dapat disebut sebagai sebuah organisasi ketika memenuhi 4 syarat, yaitu:

1. Organisasi adalah Sebuah Sistem

Sistem adalah sekumpulan elemen-elemen yang bergabung menjadi satu kesatuan serta bekerja sama untuk mencapai sebuah tujuan. Di dalam sebuah sistem terdapat tiga unsur utama yang sangat penting yaitu input (masukan), proses, dan output (keluaran). Contoh gamblangnya saat kamu membeli pulsa kepada teman kamu, inputnya kamu memberikan no hp dan uang. Kemudian di proses oleh teman kamu, dan outputnya adalah pulsa kamu masuk ke kartu yang diisi. Sistem disini dibagi menjadi dua jenis, yaitu sistem terbuka dimana sistem bisa mengendalikan operasinya sendiri, dan sistem tertutup tidak bisa mengendalikan sendiri.

Organisasi merupakan sistem dengan jenis terbuka. Karena organisasi tersebut diharuskan berinteraksi dengan lingkungannya. Lingkungan merupakan faktor yang memberikan pengaruh besar terhadap sebuah kemajuan atau kegagalan suatu organisasi. Lingkungan sendiri terdiri dari keadaan ekonomi, politik, hukum, sosial, budaya, alam, teknologi, dan lain-lain.

2. Adanya Suatu Pola Aktivitas

Aktivitas yang ada dalam organisasi harus dilakukan secara sistematis dan membentuk suatu pola tindakan tertentu. Artinya aktivitas-aktivitas yang akan dilakukan oleh organisasi sudah direncanakan dan disepakati bersama saat jauh-jauh hari. Misalkan adanya acara X yang akan dilaksanakan pada tanggal X, untuk acara Y akan dilaksanakan pada tanggal Y, dan begitu seterusnya. Jadi aktivitas atau kegiatan organisasi yang akan dilaksanakan memiliki urutan yang sistematis dan pola tertentu. Lain halnya dengan kegiatan ngopi bersama rekan kerja atau makan bareng itu tidak termasuk dalam aktivitas organisasi karena sifatnya dilakukan secara insidental.

3. Adanya Sekolompok Orang

Satu orang saja tidak bisa dikatakan organisasi, Perlu dua orang atau lebih untuk dapat dikatakan organisasi. Pasalnya, seperti yang kalian ketahui manusia itu adalah makhluk sosial, yang tidak bisa hidup sendiri. Seperti halnya organisasi, dimana merupakan sebuah wadah bagi orang-orang yang memiliki tujuan sama sehingga mereka harus bekerjama sama untuk mencapai tujuan tersebut. Satu orang atau individu yang bergabung ke dalam organisasi, ia sadar bahwa kapasitas dirinya terbatas. Oleh karena itu butuh orang lain atau individu lain untuk menambahkan kapasitas untuk mencapai sebuah tujuan.

4. Adanya Tujuan

Sebuah organisasi harus memiliki tujuan yang jelas. Ketika tujuan jelas akan membuat orang-orang yang memiliki tujuan yang sama akan memilih bergabung ke dalam organisasi. Seperti yang kalian pikirkan tujuan yang sama merupakan dasar atau alasan utama individu-individu saling bekerja sama satu sama lain. Terpenting ketika organisasi memiliki sebuah tujuan yang jelas, maka kesitulah arah organisasi akan dituju.

JADI, PENGERTIAN PERILAKU ORGANISASI

Pengertian dari perilaku organisasi sudah banyak dikemukan oleh beberapa para ahli. Bahkan, kalian sendiri pun mungkin bisa mengartikan sendiri apa itu perilaku organisasi. Menurut Kinay sendiri, perilaku organisasi adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari mengenai tindakan atau tingkah laku seseorang individu atau kelompok yang berada dalam satu organisasi yang sama.

Perilaku Organisasi Sangat Penting Bagi Kalian Semua (1)
Perilaku Organisasi Sangat Penting Bagi Kalian Semua (1)

TINGKATAN ANALISIS DALAM PERILAKU ORGANISASI

Perilaku organisasi dapat kita bagi menjadi tiga tingkatan analisis, yakni analisis dalam tingkatan individu, analisis dalam tingkatan kelompok, dan analisis dalam tingkatan organisasi. Yuk mari kita bahas aja, satu per satu tiap tingkatannya!!!.

Perilaku Organisasi – Analisis PO dalam Tingkatan Individu

Analisis tingkat pertama yaitu tingkat individu, dimana merupakan tingkatan paling dasar bagi perilaku organisasi. Seperti yang Kinay sudah jelaskan diatas bahwa organisasi ini adalah kumpulan dari beberapa individu yang memiliki tujuan yang sama. Nah, disetiap individunya memiliki keyakinan, nilai, sikap, pola pikir, persepsi, kepribadian yang berbeda-beda. Karena banyak perbedaan, seringkali menimbulkan ketidaksepahaman satu dengan yang lainnya. Hal ini akan berlanjut pada timbulnya sebuah konflik dan apabila tidak segera diatasi maka akan berpengaruh terhadap kinerja sebuah organisasi. Oleh karena itu sudah menjadi tugas utama dari seorang pemimpin untuk menyelaraskan perbedaan yang ada kemudian jadikan itu sebagai kekuatan organisasi.

Perilaku Organisasi – Analisis PO dalam Tingkatan Kelompok

Lanjut ke analisis tingkat kedua yaitu tingkat kelompok. Seperti halnya dalam tingkat individu, tingkat kelompok pun bisa timbul konflik yang mengakibatkan kinerja organisasi buruk. Bagaimana bisa? Karena di dalam organisasi tidak hanya terdiri satu kelompok saja, melainkan banyak kelompok. Setiap kelompok memiliki aturan mainnya sendiri. Kelompok yang ada memiliki norma, budaya, sikap, keyakinan, etika dan lainnya yang tentunya berbeda dengan kelompok lainnya. Jadi, hal ini lah yang akan menimbulkan sebuah konflik dalam organisasi. Pada akhirnya seorang pemimpin lah yang harus mengatasi masalah ini.

Perilaku Organisasi – Analisis PO dalam Tingkatan Organisasi

Yang terakhir analisis tingkat ketiga yaitu tingkat organisasi. Hal yang harus kalian tahu perilaku organisasi bukan merupakan penjumlahan atas perilaku individu dengan individu atau kelompok dengan kelompok. Setiap organisasi tentunya memiliki struktur, posisi, budaya, visi dan misi yang berbeda dengan organisasi lainnya. Struktur dan posisi ini merupakan hal yang menjadi dasar bagaimana komunikasi itu terbangun dalam sebuah organisasi. Misalkan organisasi yang arus komunikasi top-down berarti karyawan tidak diikutsertakan dalam pembuatan sebuah keputusan oleh pemimpin.

TUJUAN MEMAHAMI PERILAKU ORGANISASI

Setiap ilmu yang dipelajari, setiap tindakan yang dilakukan pasti memiliki sebuah tujuan didalamnya. Seperti halnya dalam memahami perilaku organisasi ini, pastinya terdapat tujuan-tujuan. Menurut Nimran (1996) terdapat tiga tujuan saat memahami perilaku organisasi ini:

Perilaku Organisasi Sangat Penting Bagi Kalian Semua (2)
Perilaku Organisasi Sangat Penting Bagi Kalian Semua (2)

Perilaku Organisasi – Prediksi

Prediksi berarti tujuan memahami perilaku organisasi ini adalah bisa memprediksi perilaku orang lain. Tentunya ini merupakan sebuah keuntungan yang besar bagi kita agar kita dapat berkomunikasi dengan dengan baik dan lancar. Ketika komunikasi yang terjalin baik dan lancar, maka kemuningkinan terjadinya miss-communication rendah.

Perilaku Organisasi – Eksplanasi

Eksplanasi berarti memahami perilaku organisasi agar bisa atau mampu menjelaskan segala peristiwa yang terjadi dalam organisasi. Artinya kita akan selalu dihadapkan pada pertanyaan yang awalannya “kenapa”, kenapa harga saham bisa turun, kenapa karyawan malas, dll. Oleh sebab itu kita mampu menjelaskan atas pertanyaan-pertanyaan seperti itu.

Perilaku Organisasi – Pengendalian

Tujuan yang terakhir adalah Pengendalian. Seperti yang kalian ketahui di dalam organisasi itu terdapat individu atau kelompok yang memiliki banyak perbedaan. Namun dengan memahami perilaku organisasi, semuanya bisa diprediksi dan dijelaskan. Oleh karena itu hal ini akan memudahkan seorang pemimpin organisasi untuk melakukan fungsi pengendalian. Fungsi pengendalian ini dilakukan agar individu dan kelompok yang berbeda tadi dapat bersatu dan fokus terhadap usaha dalam mencapai tujuan organisasi.

JADI…

Sebuah perkumpulan dikatakan sebuah organisasi jika memiliki sebuah sistem, adanya sekelompok orang, terdapat suatu pola aktivitas, dan memiliki tujuan yang jelas dan sama. Sedangkan perilaku organisasi sendiri merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari mengani tindakan, tingkah laku, sikap, perilaku individu dengan individu lainnya atau kelompok dengan kelompok lainnya yang berada di dalam organisasi yang sama.

Oke, mungkin itu saja penjelasan dari Kinay tentang perilaku organisasi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Sedikit kata-kata mutiara dari saya.

“Tugas berat dari seorang pemimpin adalah menyatukan kepala anggotanya – Kinay, 2019”

Komentar dengan facebook